Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Kode Captcha Mobile JKN Tidak Muncul (Penyebab & Solusi)

Kode Captcha Mobile JKN Tidak Muncul

Kode Captcha Mobile JKN Tidak Muncul – Setiap peserta BPJS Kesehatan saat ini akan lebih mudah untuk mengakses semua layanan BPJS Kesehatan melalui aplikasi yang bernama JKN Mobile. Bagi kalian yang mungkin belum memiliki aplikasi ini, kalian bisa mengunduhnya secara gratis melalui Play Store bagi pengguna Android atau App Store bagi pengguna iOS. Ada banyak sekali fitur yang tersedia di dalamnya yang bisa diakses dengan mudah.

Adapun fitur-fitur tersebut diantaranya adalah pengubahan data informasi peserta, cek jumlah tagihan sampai menambahkan anggota keluarga baru. Disamping itu, sama halnya dengan aplikasi untuk mengakses sebuah layanan resmi, para pengguna JKN Mobile juga wajib untuk memasukkan kode Captcha ketika login untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kode Captcha juga terdiri dari beberapa digit kode unik yang berfungsi sebagai verifikasi.

Terkait soal kode Captcha, terkadang ada beberapa pengguna yang ingin login ke aplikasi JKN Mobile tersebut, namun Captcha tersebut tidak muncul. Apabila hal ini terjadi tentunya akan menghambat aktivitas di layanan JKN Mobile tersebut bukan? Maka dari itu disini kami akan memberikan informasi lengkap terkait apa yang menjadi penyebab mengapa kode Captcha JKN Mobile tidak muncul dan seperti apa cara mengatasi agar kode tersebut muncul kembali.

Penting diketahui disini bahwa setiap masalah tentu memiliki faktor penyebab. Dengan mengetahui penyebab mengapa kode Captcha Mobile JKN tidak muncul, nantinya kita juga akan lebih mudah untuk menemukan solusi atas permasalahan ini. Ada beberapa penyebab yang nanti akan kami sampaikan kepada kalian. Baiklah, daripada penasaran mengenai pembahasan kali ini, lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi kode Captcha Mobile JKN tidak muncul berikut ini.

Kode Captcha Mobile JKN Tidak Muncul

Penyebab Kode Captcha Mobile JKN Tidak Muncul

Captcha ini akan muncul di halaman login, dimana biasanya pengguna wajib untuk memasukkan kode tersebut agar bisa login ke aplikasi. Nah bagaimana jika kode tersebut tidak muncul? Seperti sudah kami singgung diatas bahwa ada beberapa penyebab yang bisa membuat kode Captcha tersebut tidak muncul, diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca  Apa Itu BSU BPJS Ketenagakerjaan : Syarat, Fungsi & Dapatkan

1. Aplikasi Mobile JKN Belum di Update

Penyebab pertama yang bisa terjadi mengapa kode tersebut tidak muncul adalah karena aplikasi Mobile JKN belum di update ke versi terbaru. Biasanya update versi terbaru akan menghadirkan beberapa fitur serta pemecahan masalah bug yang sering terjadi, salah satunya kode Captcha tidak muncul.

2. Cache Aplikasi Menumpuk

Lalu bisa juga karena cache aplikasi Mobile JKN yang menumpuk. Cache menumpuk memang kerap kali menjadi pemicu adanya masalah pada aplikasi tersebut. Bisa saja ini menjadi masalah kode tidak muncul yang akan menghambat aktivitas pengguna di aplikasi tersebut.

3. Akses JKN Mobile Menggunakan VPN

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini ketika ia tidak menggunakan VPN. Nah jika aplikasi digunakan menggunakan koneksi VPN, dapat dipastikan kode Captcha tidak muncul atau bahkan aplikasi JKN Mobile tidak bisa dibuka sama sekali.

4. Server Gangguan

Setiap aplikasi tidak terkecuali JKN Mobile juga pasti pernah mengalami gangguan pada server tersebut. Nah jika hal ini terjadi, rata-rata aplikasi akan sementara waktu tidak bisa digunakan atau pada halaman login khusus bagian input kode Captcha tidak akan muncul.

Cara Mengatasi Kode Captcha Mobile JKN Tidak Muncul

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai penyebab mengapa kode Captcha Mobile JKN tidak terlihat, berikutnya kita akan membahas mengenai cara mengatasinya. Ada beberapa cara atau tips yang dapat kalian coba jika menemui masalah ini. Lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

1. Hapus Cache Aplikasi Mobile JKN

Solusi pertama yang dapat kalian coba adalah dengan menghapus cache aplikasi Mobile JKN. Untuk hapus cache ini juga bisa dilakukan dengan sangat mudah, di bawah ini langkah-langkahnya.

  • Buka menu Setelan / Pengaturan
  • Pilih menu Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi JKN Mobile
  • Ketuk menu Hapus Data di pojok kanan bawah
  • Lalu pada pop-up yang muncul silahkan pilih Bersihkan Cache
Baca  Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan 2022 : Cara Daftar & Jam Buka

2. Update Aplikasi Mobile JKN Versi Baru

Untuk cara kedua coba untuk mengupdate atau memperbaharui aplikasi Mobile JKN ke versi paling baru. Jika proses update telah selesai, coba lakukan login dan biasanya kode Captcha akan kembali terlihat sehingga kalian bisa melakukan login ke aplikasi JKN Mobile tersebut.

3. Tunggu Server Normal

Apabila masalah terjadi karena adanya gangguan pada server Mobile JKN, disini kalian hanya perlu menunggu sampai perbaikan server selesai. Biasanya perbaikan server akan memakan waktu tidak sampai 24 jam, mungkin hanya beberapa jam saja. Coba untuk masuk ke aplikasi tersebut secara berkala untuk mengetahui apakah perbaikan sudah selesai atau belum.

4. Matikan Koneksi VPN

Lalu yang terakhir matikan koneksi VPN terlebih dan kemudian login kembali ke aplikasi JKN Mobile. Biasanya login akan berhasil karena Kode Captcha sudah kembali muncul.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, disini dapat kami simpulkan bahwa kode Captcha tidak muncul di aplikasi JKN Mobile ini bisa dikarenakan beberapa penyebab. Salah satu penyebab yang cukup umum adalah karena adanya gangguan pada server Mobile JKN. Namun selain itu ada juga potensi penyebab lain yang bisa saja terjadi seperti kami sebutkan diatas. Untuk cara mengatasinya, kalian bisa lakukan tips diatas.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi kode Captcha Mobile JKN tidak muncul. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat pakabpjs.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.