Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tidak Bisa Daftar BPJSTKU

2 min read

Tidak Bisa Daftar BPJSTKU
Advertisements

Tidak Bisa Daftar BPJSTKU – BPJSTKU merupakan sebuah aplikasi resmi yang diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan dan sudah ada sejak tahun 2018 lalu. Tujuan diluncurkannya aplikasi tersebut adalah untuk memperluas kepesertaan.

Di dalam aplikasi BPJSTKU terdapat banyak sekali fitur canggih seperti untuk melakukan pendaftaran bagi calon peserta baru. Selain itu, fitur BPJSTKU juga dapat digunakan untuk cek saldo bagi peserta Penerima Upah (PPU), Bukan Penerima Upah (BPU), dan juga Pekerja Migran asal Indonesia.

Aplikasi tersebut juga tersedia untuk perangkat Android dan iOS yang menawarkan fitur lainnya seperti simulasi perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT). Selain itu, kalian juga akan dimudahkan dalam mencari tahu informasi dari kantor cabang terdekat, layanan pelaporan atau pengaduan terpadu, pelaporan kecelakaan kerja, dan juga kartu digital.

Advertisements

Nah, jika kalian belum mendaftarkan diri ke aplikasi BPJSTKU tersebut, maka kalian bisa melakukannya dengan dua cara. Yaitu dengan registrasi peserta baru BPJS Ketenagakerjaan (PPU, PBPU, PMI) dan juga pendaftaran pengguna aplikasi BPJSTKU.

Tidak Bisa Daftar BPJSTKU

Pada Umumnya, jika kalian sebagai pengguna sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka hanya dengan mudah kalian melakukan registrasi untuk penggunaan aplikasi BPJSTKU. Akan tetapi, jika kalian belum terdaftar menjadi peserta program tersebut, maka kalian dapat langsuung mengakses aplikasi tersebut untuk melakukan pendaftaran.

Cara Pendaftaraan Pengguna BPJSTKU

Cara Daftar BPJSTKU

Nah, jika kalian ingin mendaftarkan diri menjadi pengguna BPJSTKU, maka silahkan kalian langsung saja simak baik-baik langkah sepertio dibawah ini.

  1. Silahkan kalian bisa download terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU dan instal di ponsel kalian. (tersedia untuk ponsel android dan iOS).
  2. Buka apikasi BPJSTKU, lalu klik menu “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU”.
  3. Masukkan alamat email kalian (yang aktif digunakan).
  4. Ikuti langkah pendaftaran pada aplikasi tersebut.
  5. Nantinya pendaftar akan menerima nomor PIN aktivasi melalui email.
  6. Lalu, masukkan nomor PIN tersebut di kolom yang sudah tersedia pada halaman aplikasi tersebut, atau tap “Verifikasi”.
  7. Berikutnya, kalian memilih kelas kepesertaan.
  8. Masukkan data diri seperti nama, nomor KTP, dan lain sebagainya.
  9. Masukkan nomor kepesertaan yang ada di kartu BPJS Ketegakerjaan kalian.
  10. Masukkan pula nomor HP yang aktif, untuk keperluan aktivasi melalui ponsel kalian.
  11. Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui lauyanan SMS.

Di atas ini adalah langkah-langkah dalam melakukan pendaftaran pengguna aplikasi BPJSTKU. Namun, ada pula yang merasa kesulitan dalam melakukan pendaftaran, seperti adanya notifikasi “Error” saat membuka aplikasi tersebut.

Penyebab Tidak Bisa Daftar BPJSTKU

Penyebab Tidak Bisa Akses Aplikasi BPJSTKU

Nah, untuk kalian para pengguna aplikasi BPJSTKU yang pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan aplikasi tersebut, ternyata terdapat cara untuk mengatasi penyebab aplikasi gagal diakses. Penyebab yang paling sering dialami oleh pengguna aplikasi BPJSTKU adalah koneksi internet yang cukup buruk, aplikasi sudah kedaluwarsa, penumpukan cache, dan lain sebagainya.

Lalu, langkah seperti apa yang dapat mengatasi kendala dalam mengakses aplikasi BPJSTKU? Jika kalian membutuhkan saran atau cara untuk mengatasinya, maka silahkan kalian bisa simak baik-baik pada ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi BPJSTKU Error

Cara Mengatasi Kendala Aplikasi BPJSTKU
Advertisements

Beberapa kendala yang terjadi pada saat pengguna menjalankan aplikasi BPJSTKU diantaranya adalah karena sinyal atau koneksi internet sedang buruk. Sehingga pada saat pengguna sudah menjalankan aplikasi tesebut lalu muncul notifikasi “Aplikasi Error”, lalu aplikasi akan keluar dengan sendirinya. Langsung saja, kalian simak langkah-langkah untuk mengatasi aplikasi BPJSTKU yang mengalami error dengan cara seperti berikut ini.

Dengan Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Update Aplikasi

Salah satu cara yang dapat pengguna aplikasi tersebut lakukan adalah dengan mengupdate aplikasi ke versi yang terbaru. Karena, ada kemungkinan fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut sudah kedaluwarsa.

  1. Unistal aplikasi BPJSTKU yang ada di HP kalian.
  2. Silahkan buka aplikasi Play Store atau App Store.
  3. Pilih kolom pencarian dan ketik “BPJSTKU”.
  4. Download aplikasi tersebut dan instal.
  5. Lalu, cobalah buka aplikas BPJSTKU dan klik “Login” dengan memasukan username dan kata sandi sebelumnya.
  6. Kemudian, aplikasi BPJSTKU sudah dapat digunakan kembali.

Jika dengan cara tersebut aplikasi BPJSTKU sudah bisa dijalankan, lalu beberapa hari kedepan terjadi kembali kendala serupa, maka silahkan kalian bisa menggunakan cara lainnya.

Membersihkan Data Chace di Aplikasi BPJSTKU

Clear Data dan Chace

Cara lain yang kami maksud adalah dengan menghapus data dan chace yang ada di aplikasi tersebut. Sehingga, ada kemungkinan besar aplikasi dapat digunakan kembali.

  1. Buka HP kalian.
  2. Pilih menu “Pengaturan atau Setting”.
  3. Lalu pilih “Management Aplikasi”.
  4. Cari dan pilih aplikasi “BPJSTKU”.
  5. Silahkan pilih “Penyimpanan”.
  6. Klik “Hapus Data dan Chace” pada aplikasi tersebut.
  7. Hapus data dan chace telah berhasil.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian sebagai pengguna aplikasi BPJSTKU untuk mengatasi kendala pada saat mengakses aplikasi tersebut. Dengan cara tersebut, maka kalian akan dapat menggunakan aplikasi tersebut seperti sediakala.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai pengguna yang tidak bisa daftar BPJSTKU. Lengkap dengan menjelaskan penyebab dan cara mengatasinya. Dengan adanya ulasan di atas, pastinya kalian lebih tenang dan lebih mudah dalam mengatasi kendala saat mengakses aplikasi BPJSTKU. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

One Reply to “Tidak Bisa Daftar BPJSTKU”

  1. Setelah beberapa kali dicoba dari tangga9-03-2021 sampai saat ini selalu muncul :
    Mohon maaf saat ini layanan sedang tidak bisa digunakan, cobalah beberapa saat lagi

    yang ini masalahnya apayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *