Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

JMO Tidak Bisa Verifikasi Biometrik ? Penyebab & Solusi

Advertisements

JMO Tidak Bisa Verifikasi Biometrik – JMO atau Jamsostek Mobile adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan informasi terkait layanan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian, segala sesuatu seperti halnya cek saldo, proses pencairan dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui aplikasi JMO di smartphone kalian.

Buat kalian para peserta BPJS Ketenagakerjaan dari suatu perusahaan tentunya sangat wajib memiliki aplikasi Jamsostek Mobile satu ini. Tentunya juga bukan tanpa alasan, dengan melihat apa saja fungsi daripada aplikasi tersebut, para pengguna juga wajib untuk melakukan pengkinian data. Proses pengkinian data wajib dilakukan agar semua fitur yang ada di aplikasi JMO ini dapat digunakan dengan maksimal.

Membahas mengenai pengkinian data, ada beberapa peserta BPJS Ketenagakerjaan yang gagal ketika melakukan pengkinian data. Kegagalan tersebut adalah karena peserta tidak bisa verifikasi Biometrik. Buat kalian yang belum mengetahui, bahwa setiap peserta yang akan melakukan pengkinian data wajib melalui tahap verifikasi Biometrik terlebih dahulu.

Advertisements

Nah mengenai permasalahan mengapa JMO tidak bisa verifikasi Biometrik, disini kami akan memberikan informasi penyebab dan juga seperti apa solusinya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita masuk ke topik pembahasan utama mengenai penyebab dan solusi pemecahan masalah JMO tidak bisa verifikasi Biometrik yang telah pakaibpjs.com siapkan berikut ini.

JMO Tidak Bisa Verifikasi Biometrik

Apa Itu Verifikasi Biometrik?

Pertama kami akan membahas lebih dulu mengenai apa yang dimaksud dengan verifikasi Biometrik pada layanan aplikasi JMO ini. Verifikasi Biometrik adalah proses dimana pengguna akan melakukan pemindaian wajah dengan gerakan, suara atau lain sebagainya. Nah untuk verifikasi wajah itu sendiri digunakan untuk memastikan data diri melalui rekam biologis apakah sesuai dengan data diri yang telah tercantum atau tidak. Teknologi seperti ini memang sudah banyak diterapkan oleh aplikasi-aplikasi, baik Mobile Banking, aplikasi pinjaman online dan lain sebagainya.

Baca  10 Cara Merubah No Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan 2022

Penyebab JMO Tidak Bisa Verifikasi Biometrik

Kemudian kita berlanjut ke pembahasan berikutnya, yakni mengenai penyebab JMO tidak bisa verifikasi Biometrik. Namun sebelum itu, perlu kalian ketahui bahwa ketika verifikasi Biometrik tidak bisa dilakukan atau gagal, maka peserta bisa dipastikan tidak bisa melakukan pengkinian data. Dengan demikian, peserta juga tidak bisa menikmati berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi JMO tersebut seperti klaim saldo JHT, JKK, JP, tidak bisa menambahkan nomor di KPJ JMO maupun mengganti nomor HP di JMO.

Untuk kalian yang mungkin mengalami masalah JMO tidak bisa verifikasi Biometrik, kalian bisa simak beberapa poin penyebab yang mungkin bisa terjadi berikut ini.

1. E-KTP Rusak

Penyebab pertama adalah karena E-KTP sudah rusak. Jika E-KTP rusak, maka otomatis proses verifikasi Biometrik ini akan gagal, karena sistem tidak bisa melihat foto maupun tulisan yang tertera pada KTP tersebut. Biasanya juga hasil foto juga akan tidak jelas dan tidak terbaca, sehingga sistem sulit melakukan verifikasi maupun pemindaian data di E-KTP tersebut.

2. Hasil Foto Buram

Kemudian bisa juga dikarenakan hasil foto buram. Hasil foto buram juga menjadi masalah pada sistem karena tidak bisa membaca hasil foto yang telah dilakukan. Biasanya hasil foto buram dikarenakan pengguna bergerak atau tangan goyang ketika melakukan foto selfie.

3. Foto Tidak Sesuai Instruksi

Dan penyebab ketiga adalah karena peserta tidak melakukan foto sesuai dengan instruksi yang diarahkan oleh sistem. Pada tahap ini, layar smartphone akan memunculkan lingkaran dan dimana peserta harus mengikuti lingkaran tersebut untuk pengambilan foto selfie. Jika hasil foto tidak sesuai instruksi sistem, maka bisa verifikasi Biometrik akan gagal.

Baca  12 Cara Daftar Bayi Dalam Kandungan BPJS Perusahaan 2022

4. Sistem Error

Lalu penyebab JMO tidak bisa verifikasi yang terakhir adalah karena adanya perbaikan sistem atau sistem error di aplikasi JMO. Jika masalah ini terjadi, tentunya kalian hanya perlu menunggu sampai perbaikan sistem telah selesai diperbaiki.

Cara Mengatasi JMO Tidak Bisa Verifikasi Biometrik

Setelah mengenai penyebab JMO tidak bisa verifikasi Biometrik diatas, berikutnya kita akan lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi JMO tidak bisa verifikasi Biometrik berikut ini.

1. Pastikan Kondisi E-KTP Tidak Rusak

Pertama kalian bisa pastikan lebih dulu bahwa E-KTP milik kalian tidak rusak. Perhatikan juga setiap tulisan dan foto KTP terlihat jelas agar sistem mudah membaca sehingga proses verifikasi bisa berhasil tanpa kendala.

2. Foto Sesuai Instruksi

Kemudian lakukan foto selfie dengan mengikuti arahan sistem. Kalian bisa mengikuti arahan sistem ketika melakukan foto selfie bersama dengan KTP. Pada lingkaran di layar smartphone akan memunculkan instruksi yang harus dilakukan ketika berfoto. Ikuti semua arahan agar proses verifikasi Biometrik bisa berhasil.

3. Tunggu Perbaikan Sistem di Aplikasi JMO Selesai

Ketika masalah gagal verifikasi Biometrik JMO dikarenakan adanya perbaikan sistem, disini kalian hanya perlu menunggu sampai perbaikan sistem telah benar-benar selesai. Untuk mengetahuinya, kalian bisa cek secara berkala dengan mencoba masuk ke aplikasi JMO tersebut.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan daripada pembahasan diatas mengenai JMO tidak bisa verifikasi Biometrik. Bisa kalian ketahui bahwa ada beberapa penyebab yang menjadikan para peserta gagal verifikasi Biometrik. Untuk solusinya, kalian bisa mencoba beberapa tips yang telah kami sampaikan diatas.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai penyebab dan solusi mengatasi masalah JMO tidak bisa verifikasi Biometrik. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat pakaibpjs.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang mengalami masalah tersebut.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.