Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

1 min read

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan
Advertisements

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan – Pernahkah kamu mengalami kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan? Pasti hal ini membuat repot karena harus mengurus dan cetak ulang kartu kembali dimana dianggap memakan banyak waktu serta tenaga.

Namun dengan kemajuan jaman kini kamu bisa mencoba cara mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terdaftar baik online serta offline. Hampir sama seperti CARA CETAK KARTU BPJS KESEHATAN, peserta akan bisa mengakses kartunya melalui website ataupun aplikasi.

Kamu bisa mencoba cara membuat kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri dimana datanya didapatkan dari fasilitas online. Dengan cetak kartu mandiri maka peserta tidak perlu lagi datang dan mengantri ke kantor BPJS sehingga jauh menghemat waktu.

Advertisements

Ketika terjadi kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang kamu dapat segera mencetak yang baru menggunakan format dan kertas yang sudah ditentukan. Dibanding harus menggunakan jasa cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan akan lebih hemat jika mencetaknya sendiri.

Ukuran Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan & Jenis Kertas

Ukuran Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Kertas untuk cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan adalah kertas HVS atau bisa juga kertas foto dimana wajib memakai tinta berwarna. Kemudian untuk soal ukuran kartunya kalian wajib mengikuti ketentuan dari BPJS, supaya lebih jelas simak sebagai berikut.

  • Ukuran kartu dalam milimeter = 85mm x 52,2mm
  • Ukuran kartu dalam centimeter = 8,5cm x 5,22cm
  • Ukuran kartu dalam inch = 3,34646inch x 2,055118 inch

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Terdapat beberapa opsi untuk dapat mencetak kartu BPJSTKU, paling mudah pastinya dengan mengakses kartu versi digitalnya. Peserta BPJSTKU sudah dibekali dengan beberapa fasilitas mencakup aplikasi dan website agar bisa mengakses kartu kapan saja dibutuhkan, agar lebih jelas simak tutorial dari Pakaibpjs.com berikut ini.

Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

kertas untuk cetak kartu bpjs ketenagakerjaan

Layanan aplikasi BPJSTKU sudah cukup lama hadir untuk memudahkan memenuhi kebutuhan perserta. Salah satunya adalah melalui kartu digital dimana kamu bisa memilih untuk mencetaknya secara langsung, untuk bisa mencetak kartunya maka diperlukan untuk mengakses beberapa menu.

  1. Bukalah aplikasi BPJSTKU di smartphone kalian.
  2. Lanjutkan dengan login memakai username dan password kamu.
  3. Apabila berhasil masuk maka kamu pergi ke menu Kartu Digital
  4. Selanjutnya akan tampil kartu digital BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Dipojik kanan bawah tekan Simpan Kartu ke Galeri atau bisa juga Kirim Kartu ke Email
  6. Setelah kartunya tersimpan kalian dapat langsung cetak memakai printer.

Lewat Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

cara membuat kartu bpjs ketenagakerjaan
Advertisements

Tak hanya lewat aplikasi, cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan juga mudah diakses melalui website. Kamu tinggal mengakses menu kartu digital kemudian menyimpan gambarnya, namun ingat selalu perhatikan jenis kertas maupun ukuran kartunya saat mencetak.

  1. Masuk ke situs bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Lanjutkan dengan pergi ke Layanan Peserta
  3. Lalu pilihlah Tenaga Kerja dan klik Masuk
  4. Pilih opsi BPJSTKU kemudian masukkan email serta password kamu.
  5. Sesudah bisa masuk kamu tinggal mengakses menu Kartu Digital
  6. Akan muncul kartu kalian, lanjutkan dengan klik kanan kemudian tekan Save Image As
  7. Simpan pada driver atau folder penyimpanan kalian.
  8. Filenya bisa langsung dicetak sesuai ukuran yang ditentukan.

Cetak di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cetak di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara cetak kartu yang terakhir adalah dengan mendatangi alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Silahkan minta ke petugas untuk mencetak ulang kartu karena alasan hilang ataupun rusak. Sebelumnya kamu harus mengisi formulir terlebih dahulu, setelahnya kartu akan dicetak dalam waktu minimal 15 menit.

Akhir Kata

Kita dapat memilih untuk mencetak kartu sendiri sehingga akan menghemat tenaga maupun bugdet. Sama halnya seperti CARA CEK KARTU INDONESIA SEHAT, kita juga akan menjumpai informasi nomor kartu, nama lengkap, alamat bahkan sampai iuran bulanan.

Perbedaannya jika memilih cetak kartu di di kantor BPJS Ketenagakerjaan adalah kualitas cetakannya. Apabila cetak sendiri hanya menggunakan kertas foto atau HVS, sedangkan jika dari kantor memakai bahan PVC sehingga lebih awet.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *