Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat

2 min read

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat
Advertisements

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat – KIS atau Kartu Indonesia Sehat sudah dikenal lama menggantikan JAMKESMAS ataupun JAMKESDA. Secara langsung Kartu Indonesia Sehat adalah sebagai pengenal khusus untuk peserta BPJS Kesehatan.

Sampai saat ini Kartu Indonesia Sehat tak diperuntukkan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran atau PBI dimana setiap bulannya dibayarkan pemerintah. Seperti CARA CETAK KARTU BPJS KESEHATAN, kartu KIS dapat diakses secara online maupun offline menggunakan beberapa fasilitas.

Kamu bisa melakukan cara cek kartu KIS dapat bantuan atau tidak setiap bulannya. Selain itu sampai saat ini memang daftar nama penerima Kartu Indonesia Sehat semakin bertambah karena kebutuhan untuk berobat diberbagai fasilitas kesehatan.

Advertisements

Cara mengecek KIS PBI aktif atau tidak akan memastikan apakah iuran kalian sudah dibayarkan tagihannya. Memang mayoritas pemegang Kartu Indonesia Sehat PBI berqasal dari golongan kurang mampu dimana sudah terdata pada dinas sosial, untuk cara ceknya simak tutorial dari Pakaibpjs.com berikut.

Manfaat Kartu Indonesia Sehat

Fungsi Kartu Indonesia Sehat

Khusus untuk peserta PBI secara otomatis pemerintah akan melakukan pembaharuan data 6 bulan sekali sehingga wajib kamu cek apakah masih terdaftar. Pada dasarnya pemegang kartu KIS dapat memperoleh beberapa manfaat mencakup pengobatan maupun fasilitas kesehatan sebagai berikut.

  • Khusus pemegang kartu KIS PBI gratis biaya bulanan.
  • Akan memperoleh layanan kesehatan dari lokasi manapun.
  • Memperoleh pelayanan kesehatan dari puskesmas, rumah sakit maupun klinik yang bekerja sama dengan JKN.
  • Tidak membutuhkan surat rujukan khusus untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama.
  • Dapat digunakan untuk berobat secara gratis.
  • Tidak ada biaya pendaftaran.

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat

cara mengecek kis pbi aktif atau tidak

Untuk memastikan keanggotaan Kartu Indonesia Sehat tetap aktif maka kalian wajib melakukan cek secara berkala. Jangan sampai keanggotaan sudah tidak aktif ketika dibutuhkan untuk berobat, dibawah ini ada beberapa cara yang dapat kalian coba langsung.

Memakai SMS Gateway

Supaya status Kartu Indonesia Sehat kalian jelas maka bisa memanfaatkan SMS Gateway milik BPJS Kesehatan. Kalian cukup menyiapkan nomor NIP, KTP ataupun kartu BPJS untuk memeriksanya, kemudian silahkan kirimkan melalui SMS dengan format berikut.

Kartu BPJS Kesehatan

  • Format = NOKA(spasi)nomor kartu BPJS Kesehatan
  • Contohnya = NOKA 000123456789
  • Kirimkan ke nomor : 087775500400

Nomor Induk Pegawai

  • Format = NIP(spasi)nomor induk pegawai
  • Contohnya = NIP 000123456789
  • Kirimkan ke nomor : 087775500400

Kartu Tanda Penduduk

  • Format = NIP(spasi)nomor KTP
  • Contohnya = NIP 000123456789
  • Kirimkan ke nomor : 087775500400

Cek Lewat Mobile JKN

Cara berikutnya adalah menggunakan Mobile JKN, pastikan kamu sudah menginstallnya kemudian login. Berikutnya tinggal masuk ke data peserta maka akan muncul informasi Kartu Indonesia Sehat dan semua jenis layanan yang kalian dapat gunakan.

Cara Cek Melalui BPJS Online

Kemudian kamu dapat mengakses website resmi BPJS untuk dapat melihat kepesertaan dan juga penerimaan bantuan PBI. Secara langsung tinggal buka laman bpjs-kesehatan.go.id kemudian masukkan nomor kartu serta tanggal lahir. Berikutnya akan tampil status keanggotaan dan juga semua jenis layanan yang tersedia.

Hubungi Care Center BPJS

Cara selanjutnya adalah dengan menghubungi care center BPJS di nomor 1500400. Pastikan memiliki pulsa yang cukup agar panggilan dapat dilakukan secara tuntas. Apabila ingin melihat status kepesertaan maka tinggal menyebutkan nomor kartu dan juga nama lengkap kalian.

Gunakan Website lapor.go.id

Lalu kalian juga bisa mencoba mengakses situs lapor.go.id untuk langsung membuat laporan dengan menyertakan informasi dan data diri. Silahkan mengajukan laporan mengenai Kartu Indonesia Sehat kemudian pastikan memberikan kontak supaya mendapatkan jawaban lebih cepat.

Minta Data Dari Fasilitas Kesehatan

Jika dalam keadaan mendesak kamu bisa langung menanyakan status kepesertaan ke fasilitas kesehatan meliputi klinik, rumah sakit maupun puskesmas. Berikan nomor Kartu Indonesia Sehat dan juga nama lengkap maka petugas akan mengecek keanggotaan kalian.

Mengunjungi Kantor BPJS

Cara terakhir adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk meminta informasi mengenai keanggotaan kalian. Silahkan mengantri, setelah mendapat giliran kemudian petugas akan menanyakan nomor kartu dan juga informasi data diri untuk verifikasi.

Akhir Kata

Karena Kartu Indonesia Sehat dikhususkan untuk golongan tidak mampu maka banyak orang yang belum melek teknologi agak susah untuk mengetahui status sebagai peserta. Dengan cara diatas semoga akan membantu kalian mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan tepat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Masa Berlaku Kartu KIS

Hendri
1 min read

Apa Itu KIS Digital

Hendri
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *