Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan

1 min read

Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan
Advertisements

Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan – Jaminan Kematian dan Kecelakaan Kerja menjadi salah satu layanan yang banyak dimiliki masyarakat Indonesia. Melalui progam jaminan tersebut para pekerja bisa mendapatkan berbagai manfaat termasuk beasiswa BPJS.

Manfaat BPJS memang cukup banyak, tak hanya beasiswa kini juga ada program khusus bantuan perumahan sesuai yang tercantum di TABEL PINJAMAN BPJS KETENAGAKERJAAN. Sebagai pesert ataupun ahli waris dapat mengajukan klaim ketika memenuhi persyaratan.

Apabila bicara masalah santunan beasiswa BPJS Ketenagakerjaan memang kini semakin dipermudah layanan klaimnya. Ahli waris dapat mengajukan klaim karena sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 sesuai penyelenggaraan program JKK dan JKM.

Advertisements

Beasiswa BPJS untuk SD, TK, SMP, SMA sampai perguruan tinggi bisa didapatkan oleh anak peserta. Tak tanggung tanggung total nominal beasiswa BPJS bisa mencapai 174 juta rupiah sehingga mampu membantu meringankan beban pendidikan.

Syarat Pengajuan Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan

Syarat Pengajuan Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan

Beasiswa diberikan untuk anak peserta ketika terjadi kecelakaan kerja dimana mengakibatkan kematian ataupun mengalami cacat total. Kemudian untuk syarat pengajuan beasiswa BPJS Ketenagakerjaan silahkan simak berikut ini.

  • Beasiswa maksimal hanya bisa diberikan untuk 2 anak peserta BPJS.
  • Pengajuan beasiswa dapat dilakukan tiap tahun.
  • Download formulir beasiswa BPJS Ketenagakerjaan dan melengkapi datanya.
  • Menyiapkan surat keterangan dari Universitas ataupun Sekolah untuk menandakan bahwa anak masih belajar dalam lembaga pendidikan.
  • KTP ataupun kartu pelajar dari ahli waris.
  • Akta kelahiran.
  • Beasiswa hanya diberikan sampai anak mencapai umur 23 tahun, menikah ataupun bekerja.
  • Fotocopy KK.
  • Ketika ahli waris belum masuk ke usia sekolah maka akan diberikan mulai dari tingkat SD dan seterusnya.
Baca  Tidak Bisa Login BPJSTKU

Berapa Jumlah Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan ?

Berapa Jumlah Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan

Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan memang khusus diberikan bagi peserta JKM dan JKK dimana memiliki sistem pencairan berkala. Jadi ahli waris hanya akan menerima santunan beasiswa satu tahun sekali dengan jangka waktu sesuai jenjang pendidikan sebagai berikut.

Jenjang Pendidikan Beasiswa/orang/tahunMaksimal Waktu Beasiswa
TKRp.1.500.000 2tahun
SD/sederajatRp.1.500.000 6tahun
SMP/sederajat Rp.2.000.000 3tahun
SMA/sederajat Rp.3.000.0003tahun
Pendidikan tinggi maksimum Strata 1 (S1) ataupun pelatihan Rp.12.000.0005tahun
Advertisements

Cara Klaim Santunan Beasiswa

Cara Klaim Santunan Beasiswa

Berikutnya adalah cara untuk klaim beasiswa dimana akan ada perbedaan untuk peserta JKK dan juga JKM. Namun untuk persyaratannya kurang lebih sama, kemudian untuk mengurusnya bisa langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Beasiswa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Sebelum klaim beasiswa keluarga peserta yang meninggal wajib melakukan klaim di kantor cabang dengan memberikan semua persyaratan. Kemudian untuk tahapan selanjutnya akan dilayani oleh petugas kantor cabang dengan prosedur seperti dibawah ini.

  • Tahap I = Laporan kecelakaan kerja dengan batas waktru maksimal 2 x 24 jam dengan syarat fotocopy kartu identitas peserta, kartu BPJS Ketenagakerjaan, keterangan kronologis kejadian serta bukti presensi dari karyawan.
  • Tahap II= Laporan dengan mengisi informasi ke Formulir Tahap II serta KK3* apabila pekerja dinyatakan sudah dinyatakan sembuh oleh dokter.

Beasiswa Jaminan Kematian (JKM)

Kemudian jika peserta meninggal dunia maka wajib mengajukan jaminan kematian dimana diurus langsung pada kantor cabang terdekat. Selain itu pastikan untuk mengikuti semua prosedur supaya klaim berjalan lancar, untuk detailnya sebagai berikut.

  • Siapkan persyaratan mencakup kartu BPJSTK, fotocopy KTP peserta dan ahli waris, fotocopy KK, akta kematian, surat keterangan ahli waris (disahkan pejabat), buku nikah, formulir beasiswa, surat keterangan sekolah, akta kelahiran ahli waris serta dokumen lainnya.
  • Kunjungi kantor BPJS terdekat.
  • Datangi petugas kemudian kamu akan diberikan formulir beasiswa, silahklan isi dengan lengkap.
  • Proses klaim akan dilakukan dibantu petugas ditempat.
Baca  Cara Daftar JMO Jamsostek Mobile

Akhir Kata

Kalian juga bisa CEK KARTU BPJS KETENAGAKERJAAN DI JMO untuk memenuhi syarat klaim santuan beasiswa. Kamu perlu sabar jika beasiswa BPJS Ketenagakerjaan belum cair karena prosesnya akan bergantung antrian ataupun menunggu waktu pencairan sesuai aturan berlaku.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Pinjaman Renovasi Rumah BPJS

Hendri
1 min read

EPS BPJS Ketenagakerjaan

Hendri
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *