Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan

2 min read

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan
Advertisements

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan – Pada dasarnya BPJS Kesehatan memberikan jaminan perlindungan kepada pesertanya sama halnya seperti asuransi kesehatan. Ketika sudah mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan maka peserta akan mendapatkan kartu sebagai tanda anggota dan dapat digunakan sebagai pengenal.

Pengguna kartu BPJS bisa menunjukkan kartu sebelum memilih TIPE RUMAH SAKIT BPJS ataupun fasilitas kesehatan. Namun mengingat kartu berukuran cukup kecil maka ada kemungkinan sebagian orang mengalami kehilangan atau bahkan rusak.

Dengan perkembangan jaman yang semakin canggih kini kalian bisa cetak ulang secara mandiri kartu BPJS Kesehatan menggunakan beberapa fasilitas. Pilihan cetak kartu di kantor BPJS memang masih menjadi yang populer, namun tahukah kalian bahwa bisa mencetak secara online? Kamu tida perlu capek mengantri karena ada fasilitas mobile JKN, situs BPJS kesehatan dan juga E-Dabu.

Advertisements

Cara cetak kartu BPJS Kesehatan memang dibutuhkan sebagai bukti fisik kepersertaan. Selain itu kartu BPJS juga kebanyakan digunakan sebagai syarat dokumen, biasanya berupa fotocopy sehingga penting untuk dimiliki semua anggotanya.

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online & Offline

Rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan membutuhkan kartu BPJS Kesehatan sebagai dokumen dan persyaratan untuk mendapatkan layanannya. Ketika kartu kalian hilang ataupun rusak silahkan simak beberapa cara cetak kartu BPJS Kesehatan yang dirangkum Pakaibpjs.com berikut.

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan di Kantor BPJS

cara cetak kartu bpjs kesehatan di kantor bpjs

Cara pertama adalah mencetak kartu secara langsung di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Silahkan siapkan persyaratan berupa surat kehilangan, materai 6000, fotocopy KTP dan juga KK untuk mengurusnya. Setelah itu silahkan kunjungi kantor BPJS kemudian minta untuk mencetak ulang kartunya.

Biasanya proses pencetakan kartu membutuhkan waktu minimal 1 hari kerja, namun semuanya bergantung kepada antrian. Petugas akan memberikan informasi kapan kartu BPJS dikirim ke rumah atau diambil secara langsung di kantor cabang terdekat.

Cetak Kartu via Mobile JKN

Cetak Kartu via Mobile JKN

Cara berikutnya adalah menggunakan fitur dari aplikasi Mobile JKN yang diakses lewat smartphone Android maupun iOS. Pastikan kalian sudah mengunduh aplikasinya kemudian mengakses menu cetak kartu, lebih jelasnya ikuti langkah berikut.

  1. Jalankan Mobile JKN.
  2. Login memakai username serta password kalian.
  3. Masuk ke menu Peserta kemudian tap Ubah Data Peserta
  4. Pilih sesuai dengan nama peserta yang akan di cetak.
  5. Tap ikon bergambar email, muncul Apakah Anda ingin mengirim kartu ke email Anda? Lanjutkan dengan menekan OK
  6. Silahkan login ke email kalian, buka pesan dari BPJS kemudian unduh file kartu yang sudah terlampir.
  7. Setelah selesai download kamu bisa langsung print kartunya.

Cetak Kartu BPJS Kesehatan via E-Dabu

Cetak Kartu BPJS Kesehatan via E Dabu
Advertisements

Cara berikutnya adalah menggunakan E-Dabu dimana memiliki banyak informasi mengenai data kepesertaan dan wajib diakses secara online. Pastikan kamu juga sudah mendownload aplikasinya kemudian mengakses menu cetak kartu sebagai berikut.

  1. Masuk aplikasi E-Dabu lalu login.
  2. Pergi ke menu Cetak Kartu
  3. Lanjutkan dengan memilih Data dan Cari Data
  4. Ketikkan nomor NIK dan klik CARI
  5. Pilih salah satu hasil yang muncul kemudian tekan Cetak Kartu.
  6. Tekan Print kemudian cetak ke kertas.

Cetak Kartu Melalui Situs BPJS Kesehatan

Cetak Kartu Melalui Situs BPJS Kesehatan

Apabila ingin lebih sederhana dan tidak repost maka semua informasi kepesertaan BPJS dapat diakses melalui website resminya. Kamu cukup menyiapkan browser dan akun BPJS Kesehatan kemudian mencetak langsung kartunya sebagai berikut.

  1. Masuk ke laman bpjs-kesehatan.go.id.
  2. Tekan Login kemudian masukkan email dan juga passwordnya.
  3. Sesudah masuk pergi ke Cetak Kartu dan pilih Data
  4. Klik Cari Data kemudian memasukkan nomor NIK
  5. Tekan Cari, pilih hasil yang sesuai dan klik Cetak Kartu
  6. Secara otomatis akan diarahkan ke print dan cetak kartunya.

Akhir Kata

Perlu juga memperhatikan BATAS PEMBAYARAN BPJS KESEHATAN agar kartu dapat terus digunakan. Dengan berbagai cara diatas kalian akan jauh lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan apabila suatu saat kehilangan maupun terjadi kerusakan pada kartu.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *