Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Masa Berlaku Kartu KIS

1 min read

Masa Berlaku Kartu KIS
Advertisements

Masa Berlaku Kartu KIS – Kartu Indonesia Sehat atau KIS adalah program dari pemerintah khusus untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI). Fungsi utamanya untuk memberi jaminan kesehatan dengan sasaran masyarakat tidak mampu dengan cara membayarkan iuran BPJS bulanan.

Pemilik kartu KIS dapat memperoleh fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun tingkat lanjut dengan biaya gratis. Selain itu dengan adanya bantuan sosial peserta bisa melakukan CARA MENCAIRKAN KARTU INDONESIA SEHAT sesuai dengan periode dari pemerintah.

Selama masa berlaku kartu KIS penggunanya bisa menerima banyak jenis manfaat terutama untuk pengobatan, rawat inap dan jalan. Memang untuk pemilik kartu KIS sudah terdaftar dan juga terdata pada Dinas Sosial daerah masing masing sehingga mempermudah klaim.

Advertisements

Pemilik KIS sudah termasuk dalam daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kemensos. Lebih lanjut mengenai masa berlaku kartu KIS silahkan simak ulasan dari Pakaibpjs.com berikut.

Masa Berlaku Kartu KIS

Masa Berlaku kis

Sesuai dengan aturan pemerintah, kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) akan terus diperbarui Kementerian Sosial dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Jika kalian masih terdaftar sebagai peserta PBI maka masa berlaku kartu KIS secara otomatis juga aktif.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa masa berlaku kartu KIS akan aktif jika pemiliknya masih terdaftar dan pemerintah belum menonaktifkannya. Ketika KIS dinonaktifkan maka pemerintah menganggap bahwa peserta sudah masih kedalam golongan warga sudah mampu.

Secara otomatis jika masa berlaku kartu habis maka kalian diberikan pilihan untuk mendaftar kepesertaan BPJS Mandiri dimana ditarik iuran bulanan. Oleh karena itu supaya mengetahui masa berlaku kartu KIS kalian wajib cek kepesertaannya secara rutin.

Cara Cek Kartu KIS

penyebab kartu kis tidak aktif

Memang kita tidak tahu kapan masa berlaku kartu Indonesia Sehat akan berakhir karena semuanya berasal dari kebijakan pemerintah. Jadi sebagai penerima manfaat hal yang wajib dilakukan adalah melakukan pengecekan online, paling mudah melalui handphone dengan mengirimkan SMS berformat seperti berikut.

NIK(spasi)nomor_KTP kirim ke 087775500400.

Kalian juga dapat melakukan pengecekan menggunakan nomor NIK ke website BPJS Online, hubungi Care Center BPJS di 1500400, kunjungi kantor BPJS ataupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Cek masa aktif kartu kis online maupun offline akan memperjelas keanggotaan kalian.

Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif

Penyebab kartu KIS tidak aktif paling utama adalah pihak pemerintah menganggap pemilik kartunya sudah mampu sehingga dinonaktifkan. Selain itu karena minim anggaran pada suatu daerah juga menyebabkan kepesertaan dinonaktifkan.

Faktor lain adalah adanya perubahan dari Dinas Sosial dimana menghapus kepesertaan KIS dari data penerima bantuan. Agar bisa mengaktifkan kembali kartu KIS kalian wajib melapor secara langsung ke Dinas Sosial menggunakan surat tembusan dari desa.

Akhir Kata

Dengan CARA CEK KARTU INDONESIA SEHAT kalian akan jauh lebih mudah mengetahui kepesertaan KIS apakah masih aktif ataupun tidak. Kesimpulannya karena masa berlaku yang mengikuti kebijakan dari pemerintah maka kita tidak dapat tahu pasti sampai kapan berakhirnya.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *