Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Apa Itu KIS Digital

1 min read

Apa Itu KIS Digital
Advertisements

Apa Itu KIS Digital – BPJS Kesehatan telah menghadirkan sebuah inovasi terbaru melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat dengan mudah dipasang di ponsel android setiap peserta. Telah hadir pula luncuran fitur-fitur yang sangat berguna dan membuantu masyarakat dalam mengakses layanan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS.

Peserta akan mendapatkan pelayanan kesehatan hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi, dari sistem atau fitur KIS Digital. Terobosan ini sangatlah bermanfaat, apalagi untuk kalian yang pelupa.

Bisa diartikan dengan adanya KIS Digital ini, program BPJS Kesehatan berharap agar masyarakat untuk tidak lagi merasa repot dengan membawa kartu fisik. Karena, kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini sangat bergantung dengan yang namanya teknologi.

Advertisements

Terlebih lagi hampir semua orang memiliki ponsel android yang cukup canggih. Sehingga dengan adanya inovasi pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi digital pasti akan sangat membantu.

Apa Itu KIS Digital

Saat ini masyarakat juga telah terbiasa dengan berbagai terobosan teknologi modern berbasis ponsel. Seperti dalam urusan belanja, transportasi, bahkan soal jaminan kesehatan seperti Kartu Indonesia Sehatn berbentuk Digital tersebut.

Jika diantara kalian masih ada yang belum tahu mengenai fitur KIS Digital, maka kalian bisa simak baik-baik ulasan berikut ini.

Pengertian KIS Digital

KIS Digital

Seiring berjalannya waktu, semakin bagus pula canggihnya teknologi di Indonesia. Salah satu teknologi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan ini adalah melalui fitur Digital, yang masih satu garis besar dengan Aplikasi Mobile JKN.

Peluncuran fitur canggih tersebut bertujuan agar peserta atau anggota program JKN-KIS tidak perlu lagi direpotkan untuk membawa kartu fisik. Jadi, bisa diartikan bahwa hanya dengan menunjukan aplikasi tersebut dan sudah terdaftar, maka kalian akan mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan setempat.

Tujuan dan Manfaat

Kemudaian, tujuan dari diluncurkannya aplikasi ataupun fitur KIS Digital ini agar membuat masyarakat lebih nyaman dan merasa dimudahkan dalam layanan kesehatan. Jika ada seseorang yang sedang sakit dan akan melakukan pengobatan di faskes, lalu orang tersebut lupa membawa kartu KIS asli, pastinya harus mengambil terlebih dahulu dirumah.

Tentunya akan merasa repot dan waktu serta tenaganya menjadi terkuras, sehingga dengan adanya KIS Digital ini orang sakit tidak perlu lagi khawatir jika kartu KIS-nya tertinggal dirumah.

Hanya dengan menggunakan HP dan kalian sudah terdaftar maka pelayanan kesehatan akan segera dilakukan oleh pihak terkait.

Prosedur Pendaftaran

Prosedur Pendaftaran

Untuk bisa menikmati layanan tersebut, kalian harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Nah, jika kalian belum DAFTAR KIS Digital dan ingin mengurusnya, simaklah cara pendaftaranya di bawah ini. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah melalui HP Android atau smartphone kalian.

  1. Silahkan kalian unduh terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN di Play Store atau App Store.
  2. Jika sudah, silahkan kalian buka aplikasi tersebut.
  3. Masukan nomor Kartu BPJS atau JKN-KIS kalian.
  4. Masukkan pula nomor KTP atau NIK.
  5. Masukkan tanggal lahir.
  6. Tulislah nama ibu kandung.
  7. Masukkan password yang akan kalian gunakan untuk mengakses Mobile JKN, “tanyakan kepada petugas di kantor BPJS Kesehatan terdekat”.
  8. Masukkan nomor ponsel yang aktif kalian gunakan.
  9. Masukkan pula e-mail kalian.
  10. Tunggu sampai ada notifikasi bahwa pendaftaran telah berhasil melalui sms ataupun e-mail.

Setelah kalian berhasil terdaftar, maka kalian sudah dapat menggunakan KIS Digital untuk berobat di fasilitas kesehatan yang akan kalian tuju. Sehingga, kalian tidak perlu lagi khawatir saat lupa membawa kartu KIS saat melakukan pengobatan secara mendadak.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai KIS Digital. Merupakan teknologi terbaru dan masih termasuk di dalam aplikasi Mobile JKN. Lengkap beserta manfaat penggunaan dan cara pendaftaran KIS Digital selengkapnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *