Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Daftar KIS Gratis Online

2 min read

Cara Daftar KIS Gratis Online
Advertisements

Cara Daftar KIS Gratis Online – Sampai saat ini ternyata masih banyak masyarakat yang belum memanhami betul apa itu KIS atau Kartu Indonesia Sehat. Bahkan, diantara mereka masih ada yang belum memiliki kartu tersebut.

Yang kita ketahui adalah kartu tersebut merupakan salah satu program yang diberikan oleh pemerintah untuk memudahkan akses fasilitas kesehatan. Serta, memberikan bantuan yaitu seperti pelayanan kesehatan dan lain sebagainnya.

Untuk mendapatkan kartu ini sebenarnya kalian tidak harus melakukan pendaftaran. karena kartu tersebut akan didistribusikan oleh pihak BPJS Kesehatan ke seluruh faskes atau puskesmas di seluruh desa atau kelurahan.

Advertisements

Sedangkan untuk penerima Kartu KIS ini adalah ditujukan untuk kalangan rakyat miskin berdasarkan Basis Data Terpadu, yang dibangung oleh sensus penduduk. Program ini digagas sejak tahun 2014 oleh Presiden Jokowi yang menjangkau 19 provinsi di Indonesia.

Cara Daftar KIS Gratis Online

Dalam perkembangannya, istilah KIS ini juga digunakan untuk merujuk pada BPJS Kesehatan. Karena, pada dasarnya Kartu Indonesia Sehat adalah sebuah asuransi kesehatan, yang diwajibkan semua rakyat Indonesia memilikinya.

Sehingga, masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan pengobatan ataupun pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan setempat. Jika diantara kalian ada yang belum memiliki kartu tersebut, maka kalian bisa membuat dengan menyiapkan beberapa persyaratan seperti berikut ini.

Syarat Daftar Kartu Indonesia Sehat

Syarat Daftar

Adapun beberapa syarat pendaftaran KIS bagi keluarga ataupun rakyat kurang mampu, diantaranya adalah :

  1. Keluarga bukan pekerja penerima upah atau (BPPU).
  2. Selurunh anggota keluarga diwajibkan untuk mendaftar sesuai data di KK atau Kartu Keluarga.
  3. Daftar di kantor BPJS terdekat.
  4. Dokumen yang dibutuhkan diantaranya adalah KTP, KK, Surat Keterangan Domisili, pas foto warna 3X4 masing-masing anggota 1 lembar.
  5. Menandatangani surat pernyataan.
  6. Anak angkat juga bisa didaftarkan BPJS, dengan menyertakan bukti yang sah dari pengadilan.
  7. Pendaftaran dapat diwakilkan, jika calon peserta BPJS tida bisa melakukan pendaftaran sendiri. Dengan alasan, perwakilan harus dibekali surat kuasa bermaterai 6000.

Setelah kalian mendapatkan KIS, maka kalian sudah bisa langsung menggunakannya dengan cara menunjukan saat datang ke puskesmas, klinik, maupun rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS, tanpa harus mendapatkan rujukan terlebih dahulu dari faskes pertama.

Kemudian, prosedur pendaftaran di rumah sakit ini ternyata sedikit berbeda dengan pengguna BPJS. Peserta BPJS harus mendapatkan surat rujukan asli terlebih dahulu, sebelum kalian mendapatkan pelayanan kesehatan di faskes lanjutan atau Rumah Sakit.

Cara Daftar KIS Online Gratis

Setelah kalian mengetahi apa saja persyaratan daftar KIS, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai cara daftar Kartu Indonesia Sehat. Beberapa prosedur ataupun berkas bisa kalian siapkan terlebih dahulu sebelum kalian mendaftarkan diri menjadi peserta KIS.

Daftar KIS melalui Mobile JKN

Melalui Moblie JKN

Khusus untuk kalian yang tidak mau repot untuk daftar langsung ke kantor BPJS Kesehatan, kalian sudah bisa mendaftarkan diri menjadi peserta KIS melalui aplikasi Mobile JKN. Kalian simak langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Kalian bisa download dan install aplikasi Mobile JKN, melalui App Store ataupun Play Store. Setelah berhasil di install, kalian buka aplikasi tersebut.
  2. Ketik menu “pendaftaran peserta baru” pada halam utama Mobile JKN, layar akan menampilkan halaman syarat dan ketekntuan. Kemudian ketuk “Ya, Setuju” di halaman tersebut.
  3. Kalian dapat memasukan nomor NIK KTP, salin kode captha dan ketuk “selanjutnya”.
  4. Masukan data diri kalian dengan benar yang sesuai dengan KTP, ketuk “selanjutnya”. Seletah itu, kalian bisa pilih faskes atau fasilitas kesehatan dan faskes gigi.
  5. Masukan alamat email kalian yang masih aktif, dan “simpan”. Maka sistem JKN akan mengirimkan nomor verifikasi melalui email.
  6. Kalian bisa buka pesan email tersebut dan salin nomor verifikasi tersebut ke Mobile JKN. Layar akan menampilkan data peserta yang berhasil mendaftarkan diri menjadi peserta.
  7. Kalian nantinya akan menerima nomor virtual account melalui pesan email.
  8. Kemudian, kalian bisa lakukan pembayaran iuran sesuai dengan nomor virtual account kalian. Proses pembayaran iuran bisa dilakukan di ATM atau bank terdekat.
  9. Setelah proses selesai, kalian sudah mulai bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Itulah beberapa cara pendaftaran peserta KIS melalui aplikasi Mobile JKN. Dengan menggunakan cara ini, maka kalian tidak perlu mengantri untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran.

Calon penerima KIS ini tidak diharuskan memiliki rekening bank. Karena, iuran akan dibayar sepenuhnya oleh pemerintah. Selain itu, pemilik KIS hanya berhak atas pelayanan kesehatan di ruang kelas III.

Kelebihan Kartu Indonesia Sehat

Kelebihan
Advertisements

KIS diharapkan untuk mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Terutama bagi rakyat kurang mampu, dan tidak memiliki jaminan kesehatan lainnya.

Dengan kalian memiliki kartu tersebut, maka dapat memudahkan kalian untuk melakukan pengobatan ataupun pemeriksaan kesehatan oleh pihak KIS. Serta, dapat meminimalisasi biaya yang dikeluarkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang baik dan benar.

FAQ

Apa Bedanya Kartu KIS dan BPJS?

KIS adalah program jaminan kesehatan yang ditujukan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS merupakan badan pengelolanya.

Apakah KIS Bisa Digunakan Untuk Persalinan?

Bisa, dan secara keseluruhan biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dan juga membantu meringankan pembiayaan persalinan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan, yaitu pembahasan mengenai syarat daftar KIS gratis online. Dengan begitu, kalian bisa menjadi lebih mudah dan tidak menemukan antrian panjang pada saat ingin mendaftarkan diri untuk menjadi peserta KIS. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *