Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

9 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Alfamart 2022 : Syarat & Biaya

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Alfamart
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Alfamart – BPJS Kesehatan adalah salah satu program jaminan kesehatan resmi yang diselenggarakan oleh pemerintahan. Karena, pemerintah berharap dengan adanya program ini masyarakat Indonesia bakalan mendapatkan jaminan sosial seperti pelayanan kesehatan serta hal lainnya.

Pelayanan kesehatan ini nantinya diberikan oleh pemerintahan kepada masyarakat Indonesia ini diantaranya adalah untuk meringankan biaya pengobatan dan lainnya. Namun, pelayanan kesehatan tersebut akan disesuaikan dengan kelas kepesertaan yang dipilih pada saat pendaftaran peserta.

Bagi kalian menginginkan pelayanan kesehatan dengan maksimal, maka kalian bisa pilih kelas kepesertaan tingkat I yang mana paling terbaik diantara kelas sudah tersedia. Dimana pelayanan fasilitas tersebut sangat bagus dan berkualitas, tentunya akan berbeda jauh dengan kelas II dan kelas III, selain itu iuran yang dikenakan juga pasti berbeda.

Advertisements

Meskipun terdapat beberapa kelas namun setiap peserta dapat melakukan pembayaran sama saja seperti halnya dengan cara bayar BPJS Kesehatan lewat Alfamart, bahkan caranya tidak jauh berbeda seperti bayar BPJS lewat ATM. Bagi kalian yang penasaran dengan caranya seperti apa maka dapat simak ulasan dari Pakaibpjs.com mengenai cara bayar BPJS lewat Alfamart telah dipersiapkan sebagai berikut.

Syarat & Biaya Bayar BPJS Kesehatan Lewat Alfamart

Sebagaimana sudah dijelaskan bahwa setiap kali melakukan pembayaran terdapat syarat dan ketentuan berlaku, jadi silahkan lengkapi terlebih dahulu. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  • Kelas I : Peserta harus membayarkan iuran wajib setiap bulannya dengan jumlah nominal sebesar Rp. 80.000 saja.
  • Kelas II : Jika kalian memilih kelas kepesertaan tingkat II, maka kalian diwajibkan membayar iuran sebesar Rp. 51.000 per orang setiap bulannya.
  • Kelas III : Sedangkan untuk peserta kelas III ini akan dikenakan biaya iuran sebesar Rp. 25.000 saja per orang setiap bulannya.
  • Persiapkan nomor BPJS Kesehatan atau nomor VA (Virtual Account).
Baca  Berapa Gaji PTT BPJS Kesehatan ? Ini Besaran Per Bulan

Sedangkan untuk mengenai biaya admin yang dikenakan tidak jauh berbeda seperti bayar lewat Indomaret, setiap peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500. Hal tersebut sudah menjadi ketentuan berlaku antara kedua belah pihak.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Alfamart

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni cara bayar BPJS Kesehatan lewat Alfamart, disini kami anggap bahwa semua persyaratan sudah dilengkapi. Maka dari itu langsung saja simak ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  1. Pertama-tama kalian bisa mencari gerai Alfamart terdekat, dengan membawa kartu BPJS Kesehatan, ataupun membawa catatan kode Virtual Acount BPJS kesehatan kalian.
  2. Kemudian, kalian bisa sampaikan kepada petugas kasir untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.
  3. Nantinya kasir Alfamart akan meminta nomor VA dan nomor telepon kalian yang masih aktif digunakan.
  4. Petugas atau kasir Alfamart akan mengecek besaran iuran dan bulan yang akan dibayar oleh peserta.
  5. Setiap sekali transaksi pembayaran melalui gerai Alfamart ini akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 2500 saja.
  6. Jika kasir Alfamart menanyakan berapa jumlah bulan yang akan dibayar? Lalu kalian bisa menjawab dengan kelas ataupun jumlah bulan yang akan kalian bayarkan.
  7. Kasih akan memproses pembayaran iuran wajib BPJS Kesehatan.
  8. Lalu, kasir akan memberikan struk pembayaran iuran tersebut.
  9. Kalian bisa meminta struk pembayaran iuran BPJS Kesehatan, kalian bisa simpan struk pembayaran untuk dijadikan bukti bahwa kalian sudah melakukan transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui gerai Alfamart.

Akibat Telat Bayar BPJS Kesehatan

Setiap peserta yang menunggak akan secara otomatis di non-aktifkan sementara oleh pihak BPJS Kesehatan. Kemudian, ketika kalian sudah membayarkan jumlah iuran tertunggak, maka secara otomatis kartu BPJS Kesehatan kalian akan diaktifkan kembali.

Baca  5 Tipe Rumah Sakit BPJS 2022 : Klasifikasi & Daftar Fasilitas di Indonesia

Pastinya sangat rugi jika kalian telat membayarkan BPJS Kesehatan. Karena, kalian tidak bisa menggunakan kartu tersebut untuk berobat dan juga mendapatkan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh program tersebut.

Jadi sangat disarankan sekali agar kalian melakukan pembayaran secara rutin, jika status sampai di nonaktifkan maka kalian tidak bisa menikmati pelayanan kesehatan tersebut. Agar bisa menikmati segera aktifkan BPJS Kesehatan yang dinonaktifkan, adapun caranya sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa caranya sendiri memang mudah, hanya saja setiap peserta akan dikenakan biaya penanganan sebesar Rp 2.500. Agar pembayaran lancar sangat disarankan agar lengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkapi mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat Alfamart disertai dengan syarat dan biaya dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan seperti tersebut dapat membantu semua pengguna sedang membutuhkannya.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.