Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BCA Mobile

2 min read

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BCA Mobile
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BCA Mobile – BPJS Kesehatan adalah salah satu program jaminan kesehatan yang akan bertanggung jawab dan melindungi masyarakat Indonesia. Setiap masyarakat Indonesia telah diwajibkan untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Pemerintah berharap agar semua masyarakat bisa mendapatkan jaminan kesehatan dan memperoleh kehidupan yang lebih baik. Namun, setiap peserta BPJS Kesehatan ini akan dikenakan tarif iuran bulanan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Pihak BPJS Kesehatan mengeluarkan tagihan iuran sesuai dengan kelas kepesertaan yang dipilih peserta saat pendaftaran. Jumlah tagihan tersebut tentunya sudah disesuaikan pula dengan hasil finansial bagi masing-masing peserta.

Advertisements

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini nantinya akan diberikan kepada peserta yang kurang mampu. Peserta yang tidak mampu untuk membiayai pengobatan di fasilitas kesehatan.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BCA Mobile

Kemudian, BPJS Kesehatan sudah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak perbankan. Sehingga, peserta BPJS Kesehatan ini dapat melakukan pembayarann iuran melalui fitur ataupun sistem yang sudah dikeluarkan oleh pihak perbankan.

Fitur canggih yang diluncurkan untuk mempermudah transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini berbentuk aplikasi dengan nama BCA Mobile. Namun, sebelum kalian membayarkan iuran, lebih baik kalian membaca terlebih dahulu ulasan dibawah ini mengenai tagihan iuran BPJS Kesehatan setiap kelas kepesertaan yang dipilih sewaktu pendaftaran.

Jumlah Iuran Sesuai Kelas Kepesertaan

Iuran BPJS Kesehatan

Setiap peserta BPJS Kesehatan diwajibkan untuk membayarkan iuran bulanan, tepatnya pada setiap tanggal 10. Jumlah tarif iuran disesuaikan dengan kelas kepesertaan yang dipilih. Adapun biaya iuran BPJS Kesehatan masing-masing kelas sebagai berikut.

Kelas I

Jumlah tagihan yang wajib dibayarkan peserta kelas I ini sebesar Rp 150.000 perorang setiap bulannya.

Kelas II

Lalu, jumlah tagihan BPJS Kesehatan yang harus dibayar peserta kelas II ini sebesar Rp. 100.000 perorang setiap bulannya.

Kelas III

Sendangkan untuk peserta yang memilih kelas III ini diwajibkan untuk membayar hanya sebanyak Rp 45.000 saja setiap bulannya.

Itulah jumlah iuran yang harus dibayarkan setiap peserta BPJS Kesehata setiap kelas kepesertaan. Nah, untuk memudahkan peserta dalam melakukan pembayaran, pemerintah telah mengeluarkan layanan yang dapat memudahkan peserta. Layanan yang diberikan berupa sebuah apikasi yang bernama BCA Mobile.

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan via BCA Mobile

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat BCA Mobile

Pembayaran iuran wajib BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui aplikasi BCA mobile. Langsung saja kalian bisa ikuti langkah-langkah pembayaran seperti berikut ini.

  1. Silahkan kalian bisa unduh terlebih dahulu aplikasi BCA Mobile di Playstore atau Appstore.
  2. Jika sudah, kalian buka aplikasi tersebut.
  3. Masuk dengan Username dan Password kalian. (Minta kepada petugas bank BCA terdekat).
  4. Pilih menu “m-Payment“.
  5. Lalu, pilih “BPJS“.
  6. Pilih “BPJS Kesehatan“.
  7. Kemudian klik “Input No. bayar“.
  8. Masukkan nomor pembayaran iuran JKN-KIS BPJS Kesehatan, lalu klik “Ok“.
  9. Pastikan tagihan yang muncul pada layar HP kalian sudah benar dan sesuai, lalu klik “Ok“.
  10. Masukkan PIN m-BCA kalian.
  11. Nantinya akan ada notifikasi yang menyatakan bahwa pembayaran iuran BPJS Kesehatan telah berhasil.
  12. Simpanlah sebagai bukti pembayaran.

Itulah beberapa langkah-langkah pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui BCA Mobile. Pastinya transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah serta tidak memakan waktu yang cukup lama, apalagi pada saat masa pandemi seperti ini, pastinya sangat menguntungkan sekali bagi kalian sebagai peserta yang mentaati protokol kesehatan.

Jadi, Kalian dapat melakukan pembayaran hanya dengan menggunakan ponsel pribadi, sehingga dapat dikatakan cara inilah yang paling efektiif digunakan. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat memudahkan kalian dalam menggunakan aplikasi BCA Mobile.

FAQ

Apa Jadinya Jika Telat Membayar Iuran BPJS Kesehatan?

Peserta akan mendapatkan denda atau sanksi yaitu sebesar 2 persen dari pelayanan kesehatan yang akan diberikan oleh fasilitas kesehatan.

Kenapa Bayar BPJS Menggunakan Aplikasi BCA Mobile?

Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, hanya dengan menggunakan ponsel pribadi dan tidak perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Iuran BPJS Kesehatan Untuk Apa?

Tagihan iuran wajib ini nantinya akan dimanfaatkan untuk membantu rakyat kecil yang tidak mampu untuk membiayai pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Karena, BPJS Kesehatan memiliki prinsip gotong-royong.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat BCA Mobile. Lengkap beserta jumlah tagihan iuran setiap masing-masing kelas kepesertaan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *