Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pertama Kali

4 min read

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pertama Kali 1
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pertama Kali – Menggunakan layanan BPJS Kesehatan merupakan pilihan terbaik untuk masyarakat Indonesia. Melalui program tersebut, pemerintah akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal kesehatan dan lainnya.

Salah satu program pemerintah adalah BPJS Kesehatan yang berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada pesertanya. Dengan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara gratis.

Besaran iuran atau tanggungan bulanan setiap peserta BPJS Kesehatan ini tergantung atau sesuai dengan kelas yang dipilih sewaktu pendaftaran. Bahkan, ada juga yang tidak membayarkan iuran, karena sudah dibayarkan oleh pihak pemerintah.

Advertisements

Ketika kalian sudah bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka kalian tentu harus patuh terhadap perintah ataupun peraturan yang diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan. Kemudian, untuk kalian yang masih bingung ingin melakukan pembayaran iuran wajib itu dappat dilakukan dimana saja, maka kalian bisa simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pertama Kali

Ketika kalian sudah bergabung dan sudah diklaim menjadi peserta BPJS Kesehatan, pastinya kalian sudah diwajibkan untuk melakukan pembayaran iuran wajib BPJS Kesehatan setiap bulannya. Lalu, dimana saja kalian dapat membayarnya?

Pembayaran Iuran Pertama Peserta BPJS Kesehatan

Bayar BPJS Kesehatan Pertama Kali

Apalagi untuk kalian yang baru bergabung menjadi peserta dan tidak tahu cara bayar BPJS Kesehatan pertama kali akan bayar kemana? Pastinya masih merasa bingung. Namun kalian tidak usah khawatir, karena di bawah ini akan ada informasi mengenai kanal pembayaran yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

Pembayaran Melalui ATM BNI, BRI, ataupun Mandiri. Kalian juga bisa menggunakan jasa layanan pihak ketiga seperti Indomart, Alfamart, dan lainnya yang sudah bergabung dengan pihak BPJS.

Pembayaran BPJS Kesehatan via ATM BNI

Bayar Lewat ATM BNI 1

Jika kalian memiliki rekening Bank BNI dan kalian masih memiliki kartu debiit aktif, maka kalian bisa melakukan pembayaran dengan menggunkan kartu ATM BNI.

  1. Pembayaran kartu ATM BNI, lalu masukan ke dalam slot mesin ATM BNI.
  2. Ketiklah PIN ATM kalian.
  3. Pilih “Pembayaran“.
  4. Pilihlah “JKN atau BPJS Kesehatan“.
  5. Kalian lanjut untuk mengetik kode 88888 ditambah nomor VA BPJS Kesehatan kalian yang berjumlah 11 digit angka. Jika sudah, kalian klik “Benar“.
  6. Masukan jumlah bulan yang akan kalian bayar.
  7. Nantinya akan muncul rincian pembayaran di layar mesin ATM.
  8. Jika ada potongan untuk melakukan pembayaran, kalian bisa pilih “Tabungan“.
  9. Tunggu struk pembayaran keluar, simpanlah menjadi tanda bukti pembayaran telah berhasil.
  10. Pembayaran BPJS Kesehatan telah selesai.

Itulah beberapa langkah pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang dapat kalian lakukan melalui ATM BNI. Selanjutnya, ada cara pembayaran BPJS Kesehatan melalui ATM BRI. Jika kalian memiliki ATM tersebut, maka kalian dapat mengikuti langkah-langkah pembayarannya.

Pembayaran BPJS Kesehatan via ATM BRI

Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI
Advertisements

Cara bayar BPJS Keseatan selanjutnya ini dapat dilakukan melalui ATM BRI. Simak langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Carilah mesin ATM BRI terdekat.
  2. Masukan kartu ATM kedalam slot mesin ATM BRI.
  3. Pilih bahasa “Indonesia“.
  4. Masukan PIN ATM kalian, jangan sampai salah.
  5. Pilih menu “Transaksi tunai” atau “Paket tunai“.
  6. Pilih “Transaksi lainnya“.
  7. Pilihlah “Pembayaran“.
  8. Pilih “BPJS“.
  9. Kemudian pilih “BPJS Kesehatan“.
  10. Masukan nomor kode BRI yaitu 8888 ditambah dengan nomor virtual account yang ada pada kartu BPJS Kesehatan kalian.
  11. Kalian bisa cek nama atau data lainnya, dan pastikan sudah sesuai.
  12. masukan jumlah nominal pembayaran dan jumlah bulan atau tagihan sesuai kelas kalian.
  13. Jika sudah maka akan keluar struk dari mesin ATM BRI.
  14. Proses transaksi pembayaran BPJS Kesehatan sudah selesai.

Di atas ini adalah langkah-langkah pembayaran BPJS Kesehatan melalui ATM BRI. Semoga dapat membantu kalian dalam melakukan bayar iuran wajib BPJS Kesehatan.

Pembayaran BPJS Kesehatan via ATM Mandiri

ATM Mandiri

Jika kalian memiliki kartu debit atau ATM Mandiri, maka kalian dapat melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan kartu ATM Mandiri kalian.
  2. Masukan kartu ATM ke slot mesin ATM.
  3. Pilih bahasa “Indonesia“.
  4. Lalu pilih “Bayar/Beli
  5. Kemudian, pilih “Lainnya“.
  6. Lanjutkan untuk memilih menu “BPJS“.
  7. Pilih “BPJS Kesehatan“.
  8. Pilih “Individu“.
  9. Setelah itu, kalian bisa memasukan kode 89888 ditambahkan dengan 11 digit nomor virtual account yang ada pada kartu BPJS Kesehatan kalian.
  10. Pastikan kembali nomor yang kalian masukan sudah benar.
  11. Masukan pula jumlah tagihan bulanan yang akan kalian bayar.
  12. Jika sudah, tekan “Benar“.
  13. Nantinya akan muncul konfirmasi pembayaran pada layar mesin ATM, silahkan ketik angka 1 terlebih dahulu, sebelum kalian pilih “Ya“.
  14. Pembayaran BPJS Kesehatan telah berhasil.

Itulah langkah-langkah pembayaran BPJS Kesehatan melalui ATM Mandiri. Selanjutnya, kami akan bahas jika peserta memiliki kartu ATM BCA, lengkao beserta cara pembayaran dengan baik dan benar.

Pembayaran BPJS Kesehatan via ATM BCA

ATM BCA

Sangat mudah sekali untuk melakukan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan melalui ATM BCA. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  1. Masukan kartu ATM kalian ke slot pada mesin ATM BCA.
  2. Masukan PIN ATM kalian.
  3. Pilihlah “Transaksi lainnya“.
  4. Pilih menu “Pembayaran“.
  5. Lalu, pilih “Layar berikut“.
  6. Pilihlah “BPJS“.
  7. Klik “BPJS Kesehatan“.
  8. Masukan nomor bayar BPJS Kesehatan kalian.
  9. Silahkan konfirmasi data dan pembayaran.
  10. Transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan telah selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Alfamart dan Indomart

Alfamart dan Indomart

Adapun cara pembayaran yang dapat dilakukan melalui pihak ketiga yaitu lewat Kantor Pos, Indomart, Alfamart, dan masih banyak lainnya. Diantara sekian banyaknya pihak ketiga yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, maka diharapkan peserta tidak ada lagi yang memiliki tunggakan iuran wajib setiap bulannya.

Bayar iuran BPJS Kesehatan Lewat Alfamart

Bayar BPJS Kesehatan lewat Alfamart ini terbilang sangat mudah dan praktis, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Datanglah ke gerai Alfamart terdekat, jangan lupa untuk membawa kartu BPJS Kesehatan dan catatan nomor virtual account kalian.
  2. Kemudian, jelaskan kepada petugas atau kasir bahwa kalian ingin membayarkan BPJS Kesehatan.
  3. Nantinya petugas atau kasir Alfamart akan menanyakan jumlah pembayaran yang akan kalian bayar dan juga nomor ponsel kalian.
  4. Setelah itu, pembayaran BPJS Kesehatan sesuai kelas kepesertaan kalian ditambah dengan biaya admin sebesar Rp 2.500 per-transaksi.
  5. Jika sudah, petugas akan memproses transaksi pembayaran.
  6. Kalian akan diberi struk pembayaran BPJS Kesehatan untuk dijadikan bukti pembayaran kalian.
  7. Terima struk dan simpanlah ditempat yang aman.

Itulah langkah-langkah pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat Alfamart. Selanjutnya, kalian juga dapat melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat Indomart.

Bayar BPJS Kesehatan Lewat Indomart

Masih sama dengan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui Alfamart, pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat Indomart juga sangat mudah dan praktis. Silahkan ikuti langkah-langkah pembayaran sepereti di bawah ini.

  1. Datanglah ke gerai Indomart terdekat, jangan lupa untuk membawa kartu BPJS Kesehatan dan catatan nomor virtual account kalian.
  2. Kemudian, jelaskan kepada petugas atau kasir bahwa kalian ingin membayarkan BPJS Kesehatan.
  3. Nantinya petugas atau kasir Alfamart akan menanyakan jumlah pembayaran yang akan kalian bayar dan juga nomor ponsel kalian.
  4. Setelah itu, pembayaran BPJS Kesehatan sesuai kelas kepesertaan kalian ditambah dengan biaya admin sebesar Rp 2.500 per-transaksi.
  5. Jika sudah, petugas akan memproses transaksi pembayaran.
  6. Kalian akan diberi struk pembayaran BPJS Kesehatan.
  7. Terima struk dan simpanlah sebagai bukti pembayaran BPJS Kesehatan.

Diatas ini adalah beberapa kanal pembayaran untuk melakukan transaksi bayar iuran wajib BPJS Kesehatan. Dengan adanya beberapa cara di atas, diharapkan dapat memudahkan peserta untuk melakukan pembayaran dengan tepat waktu. Sehingga, tidak terjadi penunggakan bayar iuran wajib BPJS Kesehatan.

FAQ

Pembayaran BPJS Kesehatan Pertama Kali Dimana?

Pembayaran iuran pertama kali bisa dilakukan melalui ATM BNI, BRI ataupun Mandiri. Atau menggunakan layanan pihak ke 3 seperti Alfamart, Indomart dan lain-lain yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan

Apakah di Indomart Bisa Bayar BPJS?

Untuk mencegah terjadinya keterlambatan bayar iuran BPJS Kesehatan, kini pemerintahan sudah bekerjasama dengan berbagai pihak salah satunya di Indomart. Sehingga peserta dapat membayarkan iuran BPJS Kesehatan melalui Indomart.

Berapa Tarif BPJS Kelas III Saat Ini?

Iuran BPJS Kesehatan saat ini, khususnya kelas III tetap Rp 25.500. Karena, pemerintah sudah membayarkan sebesar Rp 16.500 per orang.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan pertama kali yang dapat dilakukan dengan banyak cara. Diantaranya yaitu melalui ATM BNI, BRI, Mandiri, dan juga bisa lewat pihak ketiga seperti Alfamart, Indomart, dan Kantor Pos. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *