Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BJB

3 min read

ATM BJB
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BJB – BPJS merupakan sebuah program yang wajib diikuti oleh setiap warga negara Indonesia. Karena, setiap warga negara Indonesia pastinya menginginkan pelayanan kesehatan yang terbaik.

Pelayanan kesehatan yang akan diberikan BPJS Kesehatan pastinya akan sangat baik dan sesuai protokol pemerintahan. Karena, pemerintah indonesia sangat menginginkan seluruh rakyatnya memiliki perlindungan kesehatan, serta pelayanan kesehatan yang berkompeten.

Setiap peserta BPJS Kesehatan pastinya akan dikenakan biaya iuran setiap bulannya. Yaitu akan dilakukan pada setiap tanggal 10, dan tidak boleh melebihi batas waktu yang sudah di tentukan oleh pemerintah.

Advertisements

Jika peserta melakukan pembayaran pada saat atau melebihi batas waktu tersebut, maka akan peserta akan mendapatkan sanksi ataupun denda. Sanksi yang diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan ini berupa potongan biaya pelayanan kesehatan sebesar 2 persen.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BJB

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka pemerintah terus mengembangkan pelayanan untuk memudahkan peserta melakukan pembayaran tagihan atau iuran bulanan BPJS Kesehatan. Dengan cara melakukan kerjasama dengan beberapa perbankan. Sehingga, peserta kini dapat melakukan pembayaran iuran dengan menggunakan kartu ATM dan dapat dilakukan pada mesin ATM terdekat.

Kegunaan ATM atau Automatic Teller Machine

Kegunaan ATM BJB

Salah satu media ataupun teknologi yang sangat bermanfaat dan kini telah menjadi bagian dari kehidupan manusia di seluruh alam semesta. Kegunaan ATM ini adalah untuk memudahkan transaksi pembayaran ataupun penerimaan uang dalam bentuk non tunai.

Uang yang ada di dalam rekening ini masih berbentuk saldo, dan jika kalian ingin menggunakannya maka hanya dengan melakukan beberapa sentuhan ke mesin ATM tersebut. Seperti halnya kalian ingin membayarkan iuran BPJS Kesehatan, pastinya akan terasa lebih mudah, aman, nyaman, dan juga sangat praktis di sela kesibukan kalian.

Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat ATM

Pembayaran BPJS Kesehatan Melalui ATM BJB

Peserta BPJS Kesehatan yang setiap bulannya diwajibkan untuk membayarkan iuran wajib, kini sudah dapat melakukan pembayaran lewat ATM, salah satunya adalah dengan menggunakan ATM BNI. Terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan pada saat kalian akan membayarkan iuran BPJS Kesehatan, diantaranya adalah seperti di bawah ini.

Perhatikan Waktu Pembayaran Iuran

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa pembayaran BPJS Kesehatan ini harus dilakukan secara teratur dan tepat waktu. Pembayaran iuran atau tagihan BPJS Kesehatan ini paling lambat dilakukan pada tanggal 10 disetiap bulannya.

Jika kalian telat dalam melakukan pembayaran maka kalian akan mendapatkan sanksi seperi yang sudah ditentukan pihak BPJS Kesehatan sebelumnya. Sanksi yang akan dikenakan adalah berupa potongan sebesar 2 persen. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk kalian membayarkan iuran BPJS Kesehatan sesuai waktu yang sudah ditentukan dan jangan sampai melewati batas waktu tersebut.

Perhatikan Nominal Pembayaran

Perlu diperhatikan pula mengenai seberapa besar jumlah nominal pembayaran yang akan kalian bayarkan untuk iuran BPJS Kesehatan. Karena, disini kebanyakan peserta mengalami kegagalan dalam melakukan transaksi.

Biasanya hal tersebut terjadi karena jumlah saldo untuk melakukan pembayaran itu tidak cukup. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan atau mengecek terlebih dahulu jumlah saldo yang ada di rekening kalian.

Setiap kelas kepesertaan BPJS Kesehatan pastinya memiliki tanggungan yang berbeda-beda. Diantaranya adalah pembayaran yang akan ditanggung peserta kelas I ini mencapai Rp 59.500 perbulannya. Jika kalian mendaftar dan memilih kelas II, maka yang akan dibayarkan yaitu sebesar Rp 42.500. Sedangkan untuk peserta yang memilih kelas I, maka tanggungan yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 25.000 saja.

Langkah-Langkah Bayar BPJS Kesehatan via ATM BJB

Langkah Langkah Bayar BPJS Kesehatan via ATM BJB
Advertisements

Pembayaran iuran wajib peserta BPJS Kesehatan yang akan dilakukan melalui ATM BJB ini memerlukan kode Virtual Accout. Kalian bisa menanyakan terlebih dahulu perihal kode tersebut kepada Call Center BPJS Kesehatan. Karena BJB merupakan salah satu Bank daerah dan tidak memiliki kode Virtual Accout yang dapat digunakan secara menyeluruh oleh pengguna yang akan mengakses ATM BJB.

  1. Pertama-tama kalian bisa cari ATM BJB terdekat.
  2. Jika sudah menemukan, maka kalian bisa masuk dan mulai melakukan pelayanan.
  3. Masukan kartu ATM kalian ke mesin ATM BJB.
  4. Masukan PIN ATM kalian dengan benar.
  5. Selanjutnya pilih “Bayar atau Beli”.
  6. Silahkan pilih menu “Lainnya”.
  7. Lanjutkan dengan memilih menu “BPJS”
  8. Pilihlah “BPJS Kesehatan”.
  9. Selanjutnya, kalian bisa memasukan kode (tanyakan pada call center BPJS Kesehatan atau Bank BJB). Ditambahkan dengan 11 digit angka dari nomor Virtual Account kalian yang ada pada kartu BPJS Kesehatan, lalu tekan “Benar”.
  10. Msukan berapa bulan tagihan BPJS Kesehatan yang akan kalian bayar. Pastikan terlebih dahulu nomor yang kalian pilih.
  11. Setelah muncul pemberitahuan pada layar ATM BJB yang menyetakan bahwa transaksi telah berhasil.

Itulah beberapa cara atau langkah-langkah untuk melakukan pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan melalui ATM BJB. Mungkin kalian perlu menanyakan terlebih dahulu kepada call center BPJS Kesehatan atau Bank BJB perihal nomor kode yang akan kalian butuhkan pada saat melakukan pembayaran melalui ATM BJB tersebut.

FAQ

Apakah BPJS Bisa Dibayar Lewat ATM BJB?

Tentu saja bisa. Cara pelayanan ATM BJB masih sama dengan cara pelayanan dengan jenis ATM Perbankan lainnya. Hanya saja, kode yang harus kalian masukan perlu ditanyakan ke call center BPJS Kesehatan atau Bank BJB terlebih dahulu. Karena BJB merupakan salah satu Bank Daerah.

Apakah Bisa Bayar BPJS Di Alfamart?

Kalian bisa mendatangi Alfamart terdekat. Jangan lupa untuk membawa kartu BPJS kalian. Lalu, kalian bisa membeeritahukan kalau kalian ingin membayarkan iuran BPJS Kesehatan. Setelah itu, silahkan bayar iuran BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas yang kalian pilih, akan ada biaya admin sebesar Rp 2.500 untuk sekali transaksi.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BJB. Lengkap dengan waktu pembayaran dan nominal pembayaran, agar dapat memudahkan peserta untuk mengakses pelayanan bayar iuran BPJS Kesehatan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *