Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BCA

2 min read

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BCA
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BCA – BPJS Kesehatan adalah salah satu program yang menjamin pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan catatan, rakyat tersebut sudah bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Jika kalian belum bergabung menjadi peserta, maka silahkan kalian daftarkan diri ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Pelayanan kesehatan yang akan diberikan oleh BPJS Kesehatan pastinya akan sangat membantu, apalagi untuk rakyat kecil.

Pada saat kalian akan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan, patinya akan memilih kelas kepesertaan. Kelas yang dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu kelas I, kelas II, dan juga kelas III.

Advertisements

Pembayaran iuran akan dilakukan setiap peserta rutin setiap bulannya, tepatnya pada tanggal 10. Jumlah nominal tagihan BPJS Kesehatan ini sudah ditentukan sesuai dengan kelas kepesertaan yang sudah dipilih, pada saat kalian melakukan pendafaran mejadi peserta BPJS Kesehatan.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BCA

Seiring berjalannya waktu, pemerintah kini mengembangkan pelayanan masyarakat dengan melakukan kerjasama dengan perbankan di Indonesia. Sehingga dapat memudahkan peserta untuk membayarkan iuran wajib BPJS Kesehatan.

Pembayaran iuran kini dapat dilakukan melalui ATM BCA. Sebelum kalian mengetahui cara melakukan proses pembayaran, perhatikan terlebih dahulu kapan waktu pembayaran dan jumlah nominal pembayaran yang harus kalian lunasi ke pihak BPJS Kesehatan seperti ulasan di bawah ini.

Perhatikan Jatuh Tempo dan Nominal Pembayaran BPJS Kesehatan

Perhatikan Jatuh Tempo dan Jumlah Nominal Pembayaran

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, pastinya kalian harus tahu kapan dan berapa jumlah tagihan bulanan yang akan dikenakan pada setiap kelas kepesertaannya. Besaran tagihan atau iuran wajib BPJS Kesehatan dapat dibagi menjadi 3 kelompok besar.

Kelas kepesertaan BPJS Kesehatan diantaranya yaitu kelompok kelas I, kelas II, dan kelas III. Secara umum, kelas yang dipilih peserta pada saat melakukan pendaftaran itu akan mempengaruhi jumlah tagihan dan juga pelayanan kesehatan yang akan didapatkan peserta BPJS Kesehatan.

Anggota BPJS Kesehatan yang memilih kelas I ini akan dikenakan biaya iuran setiap bulanya sekitar Rp 80.000 per orangnya. Jika peserta memilih kelas II, maka iuran yang harus dibayarkan yaitu sebesar Rp 51.000 perorang setiap bulannya.

Sedangkan peserta yang memilih kelas III, maka akan dikenakan biaya iuran wajib setiab bulannya sebesar Rp 25.500 saja untuk per-orangnya. Nantinya jika kalian ingin membayarkan 2 atau 3 anggota keluarga, yaitu hanya dengan kalian mengalikan jumlah tagihan dengan berapa banyak anggota yang akan dibayarkan.

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini dapat kalian lakukan pada saat sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Jika kalian membayarkan lebih dari tanggal 10, maka akan dikenakan sanksi atau denda yaitu potongan pelayanan faskes sebesar 2 persen.

Agar peserta tidak mengalami penunggakan bayar iuran BPJS Kesehatan, pemerintah kini mengeluarkan berbagai cara pembayaran. Yaitu dapat dilakukan di Alfamart, Indomart, ATM sejumlah perbankan, salah satunya adalah ATM Mandiri.

Jika kalian termasuk peserta yang menggunakan kartu debit ATM Mandiri, maka kalian bisa ikuti langkah pembayaran BPJS Kesehatan seperti berikut ini.

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat ATM BCA

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat ATM BCA

Pembayaran iuran wajib BPJS Kesehatan ini dapat dilakukan lewat ATM Mandiri. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Langkah-Langkah

  1. Silahkan kalian bisa datangi gerai ATM BCA terdekat dengan membawa kartu ATM BCA. Lengkap dengan membawa kartu BPJS Kesehatan kalian.
  2. Setelah sampai, kalian bisa memasukan kartu ATM ke dalam slot kartu, pastikan kembali kalian memasukan ATM dengan posisi yang benar.
  3. Pilih bahasa “Indonesia” untuk mempermudah pelayanan mesin ATM.
  4. Silahkan masukan PIN ATM kalian yang terdiri dari 6 digit angka.
  5. Pastikan kalian memasukan PIN dengan benar, dan jangan sampai salah sebanyak 3 kali percobaan. Karena, hal tersebut dapat membuat kartu ATM BCA kalian menjadi terblokir oleh sistem.
  6. Pilih menu “Transaksi Lainnya“.
  7. Silahkan pilih menu “Pembayaran
  8. Jika sudah muncul, maka pilih “Layar berikutnya“.
  9. Nantinya kalian akan diminta untuk memilih perusahaan pembayaran BPJS, lalu pilih “Kesehatan“.
  10. Silahkan masukan nomor seperti 88888 ditambah dengan nomor virtual accout BPJS Kesehatan yang berjumlah 11 digit. Lalu pilih “Benar“.
  11. Nantinya akan ada konfirmasi di layar mesin ATM bahwa transaksi telah berhasil.
  12. Setelah transaksi selesai, silahkan simpan struk ATM BCA sebagai bukti pembayaran.

FAQ

Apakah Pembayaran BPJS Kesehatan Bisa Lewat ATM BCA?

Tentu saja bisa, karena BPJS Kesehatan sudah bekerjasama dengan banyak pihak perbankan, salah satunya adalah BCA.

Apakah Bayar BPJS Kesehatan di ATM BCA Itu Gratis?

Tidak, karena kalian harus membayar biaya admin.

Berapa Biaya Admin Bayar BPJS Kesehatan di ATM BCA?

Setiap melakukan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan, kalian akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2500.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan terkait cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BCA. Lengkap dengan catatan untuk memperhatikan jatuh tempo dan jumlah nominal pembayaran BPJS Kesehatan setiap kelas kepesertaanya. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *