Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Call Center BPJS Kesehatan

3 min read

CALL CENTER BPJS Kesehatan
Advertisements

Call Center BPJS Kesehatan – BPJS Kesehatan adalah sebuah (BHP) atau Badan Hukum Publik yang bertanggungjawab langsung kepada Bapak. Presiden. Serta ditugaskan untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bergerak untuk menjalankan program jaminan sosial di bidang kesehatan dan merupakan salah satu dari lima program dalam satu Sistem Jaminan Sosial Nasional atau (SJSN). Sistem tersebut dikhususkan untuk Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiunan, dan Jaminan Kematian.

Semuanya sudah tercantum dengan jelas di dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Kemudian, BPJS Kesehatan dulunya bernama Jamkostek yang merupakan sebuah program pemerintah dalam kesatuan JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional.

Advertisements

JKN sendiri sudah diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Setelah itu, BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014. Karena, program tersebut juga sudah menjalankan fungsi pemerintahan di bidang pelayanan umum.

Call Center BPJS Kesehatan

Sebelum BPJS Kesehatan menjalankan fungsi tersebut, sebagian pelayanan yang diberikan sudah dijalankan oleh badan usaha milik negara dan juga lembaga pemerintahan saja. Namun, kini pelayanan BPJS Kesehatan sudah dapat diterima oleh masyarakat umum.

Nah, jika kalian masih kurang paham mengenai seluk beluk program BPJS Kesehatan, maka tidak ada salahnya kalian coba menanyakan kepada pihak BPJS Kesehatan melalui layanan call center. Layanan masyarakat ini telah dikeluarkan oleh pihak BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta dalam menggali informasi terkait program tersebut.

Nomor Call Center 24 Jam BPJS Kesehatan

Nomor Call Center BPJS Kesehatan

Tahukah kalian berapa nomor call center BPJS Kesehatan? Kalian dapat melakukan panggilan layanan masyarakat tanpa dikenakan tarif alias gratis dan tersedia selama 24 jam yaitu di nomor 1500 400.

Melalui layanan masyarakat call center BPJS Kesehatan berharap agar peserta mendapatkan kemudahan dalam berlayanan jaminan kesehatan dalam mendapatkan informasi terbaru, melakukan pendaftaran calon peserta dengan mudah, perubahan data peserta, cek kepesertaan dan lainnya terkait program BPJS Kesehatan.

Kegunaan dan Manfaat Call Center BPJS Kesehatan

Kegunaan dan Manfaat Call Center

Adapun manfaat calon ataupun peserta yaitu dapat memudahkan segala urusan terkait program pemerintah jaminan kesehatan BPJS Kesehatan. Jika diantara kalian belum mengetahui manfaat apa saja ketika kalian menggunakan layanan call center program terkait, maka silahkan kalian bisa simak baik-baik ulasan selengkapnya dibawah ini.

Memudahkan Pendaftaran Calon Peserta

Pendaftaran Calon Peserta BPJS Kesehatan
Advertisements

Ketika kalian akan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan dan kalian tidak memiliki waktu senggang untuk mengunjungi langsung kantor BPJS Kesehatan setempat, maka kalian bisa menggunakan layanan call center atau layanan masyarakat yang tersedia 24 jam.

Dengan adanya pelayanan tersebut, pemerintah berharap dapat memudahkan proses pendaftaran, menghemat waktu, dan tenaga. Mengingat setiap warga negara Indonesia ini diwajibkan untuk MENDAFTAR BPJS KESEHATAN.

Melalui layanan call center 1500 400, daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan ini jauh lebih simpel atau tidak ribet seperti yang kalian pikirkan. Terutama bagi peserta mandiri atau peserta PBPU Pekerja Bukan Penerima Upah.

Lewat sambungan telepon petugas BPJS Kesehatan akan meminta data diri kalian, sebaiknya kalian persiapkan terlebih dahulu syarat ataupun dokumen yang diperlukan, diantaranya adalah :

Syarat Pendaftaran :

  1. Nomor KK
  2. Nomor KTP
  3. Nomor telepon aktif digunakan
  4. Alamat e-mail
  5. Pilihan faskes

Setelah itu, kalian akan diberi kode atau nomor virtual acoount melalui sms ataupun e-mail. Nomor VA inilah yang menjadi identitas saat kalian akan membayarkan iuran wajib BPJS Kesehatan di bank.

Keterangan : Jangan lupa untuk membayarkan iuran BPJS Kesehatan sesuai kelas kepesertaan yang dipilih, dilakukan maksimal 30 hari setelah penerbitan nomor VA kalian.

Dapat Melakukan Perubahan Data Peserta

Perubahan Data Peserta

Selain mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan, kalian juga bisa melakukan perubahan data kepesertaan melalui layanan call center tersebut. Perubahan data ini meliputi identitas peserta, fasilitas kesehatan, dan juga kelas rawat dengan mudah dan praktis.

Keterangan :

  1. Pastikan terlebih dahulu kalian sudah terdaftar menjadi peserta selama kurang lebih 3 bulan di faskes 1 jika kalian ingin melakukan perubahan data.
  2. Perubahan kelas perawatan hanya berlaku untuk peserta mandiri atau Peserta Bukan Penerima Upah, dengan syarat telag terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan lebih dari 1 tahun dikels rawat yang sudah dipilih sebelumnya.

Peserta Dapat Melakukan Konsultasi Kesehatan

Konsultasi Kesehatan

Kemudian, dengan menggunakan layanan call center ini peserta dapat menjadi solusi paling tepat untuk melakukan konsultasi terkait kesehatan di layanan “Tanya Dokter“.

Keterangan : Pelayanan tersebut hanya tersedia untuk peserta yang masih aktif, ataupun masih terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Konsultasi kesehatan lewat call center tersebut yaitu meliputi penyakit yang dialami ataupun kendala kesehatan yang dialami setiap peserta.

Pelayanan konsultasi kesehatan “Tanya Dokter” ini dapat kalian lakukan pada hari senin sampai jum’at, mulai pukul 07.00 sampai dengan jam 8 malam WIB.

Pelayanan Informasi dan Pengaduan Terpadu

Pengaduan Terpadu

Care Center 1500 400 telah memberika akses layanan mengenai informasi bagi peserta, seperti status kepesertaan, langkah-langkah pembayaran iuran, hingga mengenai pelayanan fasilitas kesehatan.

Selain itu, peserta juga dapat melakukan pengaduan terkait layanan yang diberikan melalui telepon call center tersebut. Kalian bisa menghubungi langsung nomor tersebut dan menyampaikan kendala yang kalian alami selama berlangganan program jaminan kesehatan BPJS Kesehatan.

Kesimpulan

Dengan adanya call center 1500 400 tentunya sudah menjadi jalan pintas untuk mempermudah peserta untuk mendapatkan informasi terkini dari proram terkait. Melalui sambungan telepon yang tersedia 24 jam semua kebutuhan kalian terkait BPJS Kesehatan dapat segera terastasi.

FAQ

Keluhan BPJS Dimana?

Pengaduan peserta yang mengalami kendala dalam berlayanan BPJS Kesehatan ataupun Ketenagakerjaan kini dapat dilakukan dengan mudah melalui layanan masyarakat care center di nomor 1500 400. Pelayanan tersebut dapat kalian hubungi kapanpun dan dimanapun. Karena, pelayanan yang diberikan oleh pihak call center BPJS yaitu tersedia 24 jam.

Kenapa BPJS Saya Tidak Aktif?

Jika status kepesertaan kalian dinon-aktifkan, kalian bisa memeriksa data BPJS Kesehatan langsung. Ada kemungkinan, status kepesertaan kalian tidak aktif karena sudah tidak terdaftar di data Kementrian Sosial untuk menerima bantuan sosial dari pemerintahan. Pemerintah pastinya menganggap kalian mampu untuk membayarkan iuran sendiri, sehingga layanan dihentikan untuk sementara waktu.

Call Center BPJS Kesehatan Apakah Gratis?

Layanan call center BPJS Kesehatan ini tersedia 24 jam, untuk menjawab semua keluhan yang dialami oleh setiap peserta.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai layanan call center BPJS Kesehatan. Lengkap beserta kegunaan dan manfaat layanan call center bagi setiap peserta BPJS Kesehatan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *