Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tidak Bisa Cek Saldo BPJSTKU : Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Tidak Bisa Cek Saldo BPJSTKU – Melalui layanan aplikasi BPJSTKU para peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu dapat dengan mudah mengetahui beragam informasi di dalamnya, seperti iuran, cek saldo dan lain sebagainya. Namun terkait penggunaan layanan BPJSTKU, ada beberapa pengguna yang mengalami masalah dimana mereka tidak bisa cek saldo BPJSTKU. Lalu apa yang menjadi pengguna tidak bisa cek saldo BPJSTKU? Dan bagaimana cara mengatasi permasalahan seperti ini.

Permasalahan tidak bisa cek saldo BPJSTKU tentu bukan salah satu masalah yang kerap dialami beberapa peserta, ada juga mereka yang mengalami masalah BPJSTKU tidak bisa login. Namun untuk solusi dan juga penyebabnya tentu saja berbeda dengan ketika tidak bisa cek saldo. Untuk itu, di pertemuan kali ini pakaibpjs.com akan menjelaskan lebih detail terkait penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebenarnya untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui beberapa metode, namun cek saldo lewat aplikasi BPJSTKU ini dinilai cukup mudah dan praktis sehingga metode ini banyak dipilih. Bagi kalian yang mungkin mengalami masalah tidak bisa mengecek saldo BPJSTKU, ketahui lebih dulu apa saja penyebab yang menjadikan aktivitas ini tidak bisa dilakukan. Ketika sudah mengetahui apa saja penyebabnya, kemungkinan solusinya akan bisa didapat dengan mudah.

Advertisements

Mengecek saldo BPJSTKU gagal kemungkinan besar dikarenakan adanya perbaikan sistem pada aplikasi tersebut. Perbaikan sistem memang terkadang dilakukan tanpa adanya pemberitahuan lebih dulu kepada penggunanya. Jadi, ketika cek saldo gagal, kita tentu akan kebingungan dan bertanya-tanya. Baiklah untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa cek saldo BPJSTKU yang telah pakaibpjs.com siapkan berikut ini.

Penyebab Tidak Bisa Cek Saldo BPJSTKU

Pertama kita akan menjelaskan lebih dulu mengenai penyebabnya. Seperti sudah kami singgung diatas bahwa ada beberapa penyebab yang menjadikan para peserta tidak dapat melakukan cek saldo di aplikasi BPJST KU. Untuk penyebab paling sering adalah karena adanya perbaikan sistem pada aplikasi tersebut. Nah selain itu ada juga beberapa penyebab lain yang wajib kalian ketahui. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Baca  √ Apa Itu Paklaring 2022 : Pengertian, Syarat Ketentuan, & Manfaatnya

1. Perbaikan Sistem

Penyebab pertama adalah karena adanya perbaikan sistem atau gangguan pada sistem aplikasi BPJSTKU. Gangguan pada sistem aplikasi memang sudah sangat sering terjadi, dan biasanya tidak ada pemberitahuan lebih dulu terkait akan hal ini. Bukan hanya tidak bisa digunakan untuk cek saldo, bahkan untuk login ke aplikasi tersebut juga tidak bisa.

2. Aplikasi Belum di Update

Lalu untuk penyebab kedua dikarenakan aplikasi BPJSTKU masih menggunakan versi lama dan harus di update ke versi terbaru. Pembaruan aplikasi memang seharusnya dilakukan secara berkala atau jika ada pemberitahuan untuk update ke versi terbaru. Pembaruan aplikasi juga akan memunculkan beberapa menu baru maupun perbaikan masalah yang kerap terjadi di aplikasi tersebut. Jadi ketika kalian masih menggunakan versi lama, bisa jadi ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan, termasuk cek saldo.

3. Banyak Cache Menumpuk

Dan penyebab terakhir karena banyaknya file cache yang menumpuk atau file sampah dari aplikasi tersebut. Faktor ini bisa berdampak pada hadirnya bug seperti tidak bisa cek saldo, tidak bisa tambah KPJ sampai tidak bisa login ke aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Saldo BPJSTKU

Apabila kalian sudah mengetahui beberapa penyebab diatas, selanjutnya kita akan membahas mengenai cara mengatasi agar aplikasi BPJST KU bisa cek saldo. Ada beberapa poin di bawah ini yang bisa kalian lakukan ketika masalah ini terjadi, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tunggu Perbaikan Sistem Selesai

Solusi pertama yang bisa dilakukan apabila masalah terjadi karena adanya perbaikan sistem adalah dengan menunggu perbaikan sistem tersebut selesai. Kalian bisa coba untuk cek secara berkala dengan login ke aplikasi tersebut.

Baca  Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan 2022 : Cara Daftar & Jam Buka

2. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Lalu lakukan update aplikasi ke versi terbaru. Kalian bisa update aplikasi melalui Play Store atau pun App Store. Dengan cara ini semoga layanan yang ada di aplikasi BPJSTKU bisa berfungsi kembali tak terkecuali cek saldo.

3. Bersihkan Cache

Bisa juga dengan membersihkan cache yang menumpuk pada aplikasi tersebut. Untuk membersihkannya, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka menu Setelan di smartphone
  • Pilih menu Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Ketik BPJSTKU di kolom pencarian
  • Tap Hapus Data – Bersihkan Cache dan selesai

4. Gunakan Cara Lain

Jika dari beberapa tips diatas kalian masih tetap bisa melakukan cek saldo, maka coba gunakan cara lain. Seperti disampaikan diatas bahwa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini bisa dilakukan dengan banyak metode, seperti lewat SMS, Email dan lainnya.

Kesimpulan

Melihat pembahasan diatas terkait penyebab dan cara mengatasi tidak bisa cek saldo BPJSTKU, disini bisa disimpulkan bahwa masalah ini terjadi dikarenakan adanya perbaikan sistem pada aplikasi tersebut. Walaupun ada juga beberapa penyebab lain, namun adanya gangguan sistem kami rasa yang paling sering terjadi. Untuk mengatasinya, kami lebih menyarankan untuk mencoba menggunakan metode lain.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa cek saldo BPJSTKU. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat pakaibpjs.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.