Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Reset Akun BPJSTKU

2 min read

CARA RESET BPJSTKU
Advertisements

Cara Reset Akun BPJSTKU – Memiliki akun BPJSTKU pastinya sangat membantu setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan, terutama untuk peserta berstatus aktif. Seperti halnya ingin menggunakan aplikasi tersebut untuk cek saldo, layanan kartu digital, mencari lokasi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, dan masih banyak lagi lainya.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan pastinya sangat berharap jika keberadaan aplikasi tersebut dapat memudahkan akses layanan masyarakat kepada layanan program tersebut. Karena, sebagian besar masyarakat awam tidak memiliki waktu untuk melakukan transaksi ataupun mendapatkan informasi terbaru dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, ada saja masyarakat atau peserta yang sering mengalami lupa akun email dan password BPJSTKU. Sehingga, mereka tidak dapat menjalankan aplikasi tersebut yang memiliki banyak sekali kegunaan seperti yang sudah kami singgung pada kalimat diatas.

Advertisements

Jika kalian salah satu pengguna aplikasi teresebut dan mengalami kejadian serupa, pastinya sangat menjengkelkan bukan? Nah, jika kalian ingin mencari tahu cara untuk mengatasi kendala tersebut, maka silahkan kalian kalian bisa simak selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Cara Reset Akun BPJSTKU

Kemudian, untuk menangani masalah atau kendala lupa akun BPJSKU, kami sudah menyiapkan beberapa cara yang dapat kalian lakukan. Diantaranya adalah dengan reset akun BPJSTKU lewat layanan call center, media sosial, nomor telepon, dan mengunjungi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Reset Akun Dengan Menghubungi Call Center

Reset Akun BPJSTKU Lewat Call Center

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk reset akun BPJSTKU yang mengalami lupa email dan juga password untuk Login, kalian bisa menghubungi layanan call center pihak BPJS Ketenaga kerjaan di nomor 175 atau 1500910.

Layanan tersebut dapat dihubungi kapan saja. Karena, layanan masyarakat call center tersebut tersedia selama 24 jam, hal tersebut bertujuan agar dapat memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik kepada setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Jika kalian akan menghubungi layanan call center tersebut, maka persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen ataupun data diri kalian. Karena, petugas call center nantinya akan menanyakan beberapa berkas untuk melakukan reset akun BPJSTKU tersebut.

  1. Siapkan Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) atau nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Nama lengkap sesuai KTP.
  3. Alamat tempat tinggal, tanggal, bulan, beserta tahun kelahiran.
  4. Nama ibu kandung.
  5. Siapkan pula NIK atau (Nomor Induk Kependudukan).

Apabila data diri di atas sudah terlengkapi, maka proses reset akun BPJSTKU akan dibantu oleh petugas call center tersebut. Jadi, silahkan kalian menunggu hingga proses selesai. Biasanya dalam mereset akun dapat memakan waktu kurang lebih selama 5 hari setelah pelaporan diterima petugas BPJS Ketenagakerjaan.

Lewat Facebok BPJS Ketenagakerjaan

Facebook BPJS Ketenagaerjaan

Selain menggunakan cara dengan menghubungi call center, proses reset akun BPJSTKU juga dapat dilakukan melalui media sosial resmi fanspage BPJSTKUinfo. Kalian bisa langsung mencari di kolom pencarian Facebook dan masuk untuk membuka halaman fanspage resmi BPJSTKU.

Langsung saja kalian bisa mengirimkan pesan untuk meminta bantuan untuk reset akun BPJSTKU. Nantinya petugas yang dikhususkan melayani peserta lewat media sosial akan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti data diri diatas untuk melakukan pengecekan data peserta.

  1. Persiapkan nomor kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kalian.
  2. Nama lengkap sesuai pada KTP kalian.
  3. Tempat dan tanggal lahir sesuai pada KTP kalian.
  4. Nama lengkap ibu kandung.
  5. Siapkan NIK KTP (Nomor Induk Kependudukan pada Kartu Tanda Penduduk).

Itulah beberapa peryaratan agar pengajuan ataupun permintaan kalian dapat terpenuhi. Namun, kalian harus extra sabar dalam menggunakan cara ini. Karena, hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki akun media sosial yang memungkinkan mengalami kejadian serupa. Sehingga kalian harus mengantri sampoi permintaan di acc oleh pihak media sosial fanspage BPJS Ketenagakerjaan.

Kunjungi Kantor BPJS Ketegakerjaan Terdekat

Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Advertisements

Cara yang paling mudah untuk dapat menyelesaikan proses reset akun BPJSTKU adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Nah, dengan mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, kalian bisa mendapatkan penyelesaian masalah dengan waktu yang cukup singkat. Karena, kalian akan berhadapan langsung dengan petugas yang akan membantu.

Perlu diingat, sebelum kalian mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan permintaan bantuan reset akun BPJSTKU, terdapat beberapa persyaratan yang akan diminta oleh petugas disana. Berkas dan syarat yang diperlukan diantaranya adalah :

  1. Siapkan KTP dan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Data diri lainnya.

Silahkan kalian datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan silahkan tunjukan identitas diri kalian sebagai peserta aktif. Kalian menjelaskan apa yang sudah terjadi pada layanan aplikasi BPJSTKU. Kemudian, kalian bisa mengajukan langsung permntaan pada petugas untuk melakukan reset akun BPJSTKU tersebut. Sehingga, kalian dapat menggunakan layanan untuk memdapatkan informasi terbaru serta layanan lainnya yang terdapat pada fitur aplikasi tersebut.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai cara reset akun BPJSTKU. Mulai dari menggunakan layanan call center, sosial media, dan mengunjungi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *