Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

√ Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP ? Ini Solusi Terjitu 2022

Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP – Perkembangan teknologi memang cukup berdampak pada layanan kesehatan. Salah satu yang paling berkesan adalah Mobile JKN (Jaminan Kesehatan).

Kendati layanan disediakan bagi masyarakat, tetap saja harus ada prosedur registrasi yang harus dipatuhi oleh peserta. Namun sayangnya, sering dijumpai kendala mobile JKN tidak bisa verifikasi nomor HP.

Tentu saja hal tersebut menimbulkan kepanikan serta kecemasan bagi siapapun yang memang ingin menggunakan layanannya. Maka dari itu perlu adanya pengkajian tentang mobile JKN tidak bisa verifikasi nomor HP.

Agar masalah di atas tidak terjadi berlarut-larut, maka pada kesempatan kali PakaiBPJS akan membahas tentang mobile JKN tidak bisa verifikasi nomor HP. Silahkan simak pembahasan ini sebagai bentuk antisipasi.

Alasan Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Dibalik segala kendala yang dialami oleh beberapa pengguna, pastinya terdapat alasan tidak bisa verifikasi nomor HP. Perlu adanya pengkajian ulang tentang registrasi Mobile JKN tersebut.

Berikut beberapa alasan yang mungkin menjadi biang keladi Mobile JKN tidak dapat melakukan verifikasi HP.

  • Kesalahan Pengetikan
  • Kendala Koneksi Internet
  • File Cache Menumpuk
  • Belum Melakukan Update Aplikasi
  • Kerusakan Perangkat HP
  • Masalah pada Server Mobile JKN

1. Kesalahan Pengetikan Sehingga Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Biasanya kode verifikasi tidak terkirim melalui SMS karena adanya kesalahan dalam pengetikan nomor HP. Hal ini tentunya membuat pihak Mobile JKN kesulitan dalam mengidentifikasi nomor HP pengguna.

2. Kendala Koneksi Internet

Kendala pada koneksi jaringan internet juga bisa menjadi akar masalah tidak dapat verifikasi. Kendati dikirimkan melalui SMS, bisa jadi saat proses identifikasi nomor HP oleh Mobile JKN bertepatan dengan kendala internet.

Baca  6 Cara Menambah Anggota BPJS di JKN Mobile : Syarat & Ketentuan

Apabila benar penyebabnya adalah masalah di atas, maka pengguna akan dianggap offline. Kemudian nomor tidak terbaca sehingga tidak sempat mengidentifikasi nomor HP.

3. File Cache pada Mobile JKN Menumpuk

File Cache terkadang menjadikan sebuah aplikasi tidak berjalan lancar. Bisa jadi Mobile JKN dioperasikan pada saat perangkat HP menyimpan banyak file cache sehingga nomor HP tidak dapat diverifikasi.

4. Belum Melakukan Update Aplikasi

Mobile JKN memang harus rutin di update agar aplikasi berjalan dengan sistem terbaru. Bisa jadi gagal verifikasi terjadi karena Mobile JKN masih menggunakan sistem lama dan belum mendapat pembaruan.

5. Kerusakan Perangkat HP

Apabila seluruh kinerja aplikasi terasa segar dan sudah berjalan pada versi baru, maka masalah tidak bisa verifikasi nomor HP bisa bersumber dari kerusakan perangkat yang digunakan.

6. Masalah Pada Server Mobile JKN

Perlu diingat bahwa pengguna Mobile JKN datang dari berbagai penjuru Nusantara. Hal tersebut akan berdampak pada penurunan kinerja server manakala banyak orang yang mengakses dalam waktu bersamaan.

Solusi Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Lantas apakah tidak ada penyelesaian atas masalah Mobile JKN tersebut? Jangan khawatir karena banyak sekali solusi apabila kode OTP tidak masuk pada saat proses registrasi dilakukan.

Berikut beberapa solusi apabila Mobile JKN tidak kunjung merima verifikasi nomor HP.

  • Mengunjungi Kantor Cabang
  • Memanfaatkan Fitur Live Chat
  • Melakukan Instalasi Ulang Mobile JKN
  • Menghubungi Call Center Mobile JKN

1. Mengunjungi Kantor Cabang

Masalah teknis memang terkadang berada di luar kendali pengguna. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda berkonsultasi secara langsung melalui kantor cabang BPJS Kesehatan.

2. Memanfaatkan Fitur Live Chat

Apabila kalian mengunjungi website resmi dari BPJS Kesehatan, maka di sana akan terlihat layanan live chat yang dapat dimanfaatkan. Silahkan tanyakan perihal Mobile JKN tidak bisa melakukan verifikasi nomor.

3. Melakukan Instalasi Ulang Mobile JKN

Apabila anda masih ingin berusaha memecahkan kendala tidak bisa verifikasi nomor HP tersebut secara mandiri, maka coba lakukan instalasi ulang. Cara ini terbukti mampu mengatasi beberapa masalah pada Mobile JKN.

4. Menghubungi Call Center Mobile JKN

Cara paling praktis dan tidak menghabiskan banyak tenaga adalah memanfaatkan beberapa layanan Call Center. Tentu kalian dapat berkonsultasi secara fleksibel dimanapun dan kapanpun.

Baca  3 Cara Menghitung Denda BPJS Kesehatan Mudah Dipahami 2022

Tips Verifikasi Nomor HP Mobile JKN

Setelah melihat beberapa alasan di atas, maka tidak ada salahnya kalian melakukan tindakan pencegahan. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna pada saat kalian melakukan proses registrasi dan verifikasi.

1. Hapus Semua File Cache pada Perangkat

Sebelum membuka Mobile JKN, ada baiknya kalian membuang semua file cache melalui manajer aplikasi. Pastinya upaya tersebut akan membuat kinerja Mobile JKN dan HP terasa lebih ringan.

2. Lakukan Pengujian Koneksi Internet

Pastikan kondisi Wifi maupun jaringan dari provider aman sebelum kalian melakukan verifikasi nomor HP. Pasalnya segala akses dari layanan aplikasi tersebut sangat bergantung pada jaringan internet.

3. Menggunakan Media Catatan saat Verifikasi Nomor HP Mobile JKN

Apabila nomor HP dirasa sulit untuk dihafalkan, maka sediakan catatan. Tulis nomor HP pada catatan tersebut kemudian lakukan koreksi ulang pada saat kalian mengetikan nomor.

4. Pastikan Versi Terbaru Aplikasi

Versi terbaru dari Mobile JKN biasanya akan muncul pada Playstore maupun Appstore tergantung dari jenis HP yang digunakan. Langsung saja lakukan update apabila sudah muncul versi terbaru.

5. Menyediakan Nomor Cadangan saat Verifikasi Nomor HP Mobile JKN

Apabila nomor yang akan digunakan sebagai akses penerima informasi tidak kunjung mendapatkan kode verifikasi, maka gunakan nomor lain. Sediakan nomor cadangan agar kasus di atas dapat dicegah.

Call Center Resmi Mobile JKN

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa permasalahan Mobile JKN akan lebih mudah teratasi saat menghubungi Call Center. Pastinya akan ada arahan pasti agar kasus tidak bisa verifikasi nomor HP terselesaikan.

Berikut beberapa layanan Call Center resmi dari JKN Mobile.

  • Call Center Resmi Mobile JKN: 1500 400
  • Telepon Resmi Mobile JKN: 021-4212938
  • Email Resmi Mobile JKN: wbs bpjs-kesehatan

Akhir Kata

Setelah menyimak segala ulasan tentang Mobile JKN tidak bisa verifikasi nomor HP tentunya pengguna bisa bernafas lega. Apabila kembali terjadi kendala dalam pengoperasian Mobile JKN, maka langsung hubungi CS.

Selain verifikasi nomor hp, masalah lupa password juga sering menjadi momok bagi para pengguna. Maka dari itu silahkan kunjungi pembahasan kami sebelumnya tentang Cara Mengatasi Lupa Password Mobile JKN.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.