Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

10 Cara Mengaktifkan Kembali KIS PBI 2022 : Syarat & Ketentuan

Cara Mengaktifkan Kembali KIS PBI

Cara Mengaktifkan Kembali KIS PBI – Banyak peserta BPJS Kesehatan mengetahui bahwa KIS-PBI merupakan program terbaru dari pemerintah yang sebelumnya diketahui hanya berjalan beberapa waktu saja, meskipun berjalan secara bertahap kini mulai berjalan kembali. Jadi setiap peserta yang sebelumnya pernah mendapatkan bantuan tersebut, kini berkesempatan besar untuk mendapatkan bantuan kembali.

Untuk bisa mendapatkan KIS-PBI semua peserta wajib untuk mengaktifkan kembali sehingga bantuan dari pemerintah tersebut terdapat syarat dan ketentuan dimana setiap peserta memang wajib untuk melengkapi semuanya dengan tujuan agar status kembali aktif. Adapun caranya sendiri terdapat beberapa pilihan tersedia sehingga peserta lebih mudah untuk aktifkan status kepesertaan, secara pasti jika mengaktifkan kembali bantuan iuran atau PBI bisa didapatkan secara rutin.

Ketika status kepesertaan sudah aktif kembali kalian bisa melakukan pengecekan untuk memastikan apakah kalian mendapatkan atau tidak, karena sebelumnya kami sudah sampaikan seperti apa cara cek bantuan KIS-PBI jadi pada pertemuan kali ini kami rasa tidak perlu di jelaskan kembali. Karena pada kesempatan kali ini kami akan lebih fokus membahas bagaimana aktifkan kembali status kepesertaan KIS PBI, jadi sangat disarankan agar simak terus artikel ini sampai selesai karena akan ada banyak informasi menarik akan disampaikan.

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya oleh karena itu diwaktu sangat baik ini akan dijelaskan mulai dari syarat dan ketentuan berlaku, hal tersebut karena masih banyak peserta yang belum mengetahui semuanya. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua, silahkan simak langsung ulasan dari Pakaibpjs.com mengenai cara mengaktifkan kembali KIS PBI yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Apa Itu KIS PBI

Sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu informasikan kepada kalian semua mengenai apa itu KIS PBI kepada kalian semua, karena kami sangat yakin sekali mengenai program dari pemerintah tersebut.

Baca  √ Santunan Kematian KIS 2022 : Syarat dan Cara Mencairkan

Singkatnya KIS PBI adalah merupakan sebuah bantuan dari pemerintah berupa bantuan iuran BPJS Kesehatan yang ditujukan kepada setiap peserta yang tergolong masyarakat kurang mampu, jadi intinya setiap peserta akan mendapatkan bantuan iuran setiap bulannya.

Syarat Mengaktifkan Kembali KIS PBI

Seperti sudah diketahui oleh semua orang bahwa bantuan KIS PBI sebelumnya memang sudah diberikan kurang lebih 6 bulan lamanya dan sekarang ini program tersebut kembali dihadirkan, bagi kalian yang ingin aktifkan kembali maka lengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku. Jika penasaran dengan semuanya sebaiknya simak langsung ulasan yang sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

  • Setiap peserta yang sebelumnya pernah mendapatkan KIS PBI wajib melaporkan diri ke Dinas Sosial di daerah masing masing.
  • Kemudian lengkapi juga dokumen berupa Kartu Keluarga serta KTP asli, karena wajib menggunakan yang asli.
  • Lanjut yang terakhir adalah kartu JKN-KIS, sama seperti dokumen pendukung wajib yang asli.

Cara Mengaktifkan Kembali KIS PBI

Kemudian berlanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni cara mengaktifkan kembali KIS PBI, namun sebelum itu pastikan bahwa semua persyaratan sudah dilengkapi terlebih dahulu. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi sebaiknya simak langsung ulasan telah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

  1. Jadi langkah pertama harus dilakukan adalah melengkapi semua dokumen dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan yang sudah disebutkan seperti diatas.
  2. Langkah berikutnya tinggal hubungi care center di nomor 165 atau juga lewat CHIKA (Chat Assistant JKN), jika tidak bisa langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan di daerah kalin masing masing.
  3. Apabila sudah menghubungi pihak dari BPJS Kesehatan maka langkah berikutnya tinggal lanjut melaporkan ke Dinas Sosial setempat.
  4. Lalu langkah berikutnya tinggal meminta untuk menerbitkan surat keterangan kepada kepala cabang BPJS Kesehatan untuk permohonan re-aktivasi status kepesertaan BPJS Kesehatan.
  5. Kemudian tinggal tunggu saja kabar berikutnya terkait pengajuan aktivasi status kepesertaan yang sebelumnya sudah tidak aktif.
  6. Apabila status sudah aktif kembali, sekarang berkesempatan besar untuk mendapatkan bantuan tersebut.
Baca  √ Masa Berlaku Kartu KIS 2022 : Penyebab Tidak Aktif & Cara Cek

Cara Cek Bantuan KIS PBI

Sebagai informasi tambahan buat kalian semua, pada kesempatan kali ini kami akan informasikan bagaimana cara cek bantuan KIS PBI. Apabila penasaran dengan semuanya, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

1. Lewat Mobile JKN

  • Buka Aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu, namun sebelum itu pastikan terhubung dengan koneksi internet lancar.
  • Lalu langkah berikutnya tinggal lanjut login akun Mobile JKN, silahkan masukkan terlebih dahulu sesuai yang di daftarkan sebelumnya.
  • Kemudian tinggal klik menu Peserta, setelah itu sistem akan memunculkan informasi kepesertaan kalian.

2. Lewat Chika (Chat Assistant JKN)

Kemudian lanjut cara berikutnya lewat CHIKA (Chat Assistant JKN), dimana layanan tersebut bisa dilakukan di beberapa akun media sosial seperti Facebook Messenger yakni Facebook BPJSKesehatanRI atau aplikasi lain seperti Telegram maupun WhatsApp, silahkan pilih saja salah satunya. Bila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung sebagai berikut.

Kemudian dilanjutkan memasukkan nomor peserta atau nomor NIK lalu lanjut tanggal lahir, jika sudah di isi semu maka sistem akan informasikan terkait informasi yang kalian inginkan. Dengan begitu kalian bisa mengetahui itu semua dengan mudah.

Namun semua itu kembali lagi ke kalian ingin menggunakan beberapa cara yang sudah dipersiapkan seperti diatas. Adapun semua cara tersedia memang sangat mudah loh, jadi tinggal tentukan saja deh.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa cara mengaktifkan kembali KIS PBI memang terbilang sangat mudah dan menariknya lagi kalian bisa melakukan dengan beberapa cara sudah tersedia. Namun sangat disarankan sekali agar lengkapi terlebih dahulu syarat dan ketentuan berlaku, dengan begitu proses mengaktifkan dapat berjalan dengan lancar pastinya.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara aktifkan kembali KIS PBI disertai dengan syarat dan ketentuan berlaku dapat Pakaibpjs.com sampaikan kepada kalian semua. Semoga dengan adanya pembahasan tersebut bisa membantu semua peserta KIS PBI sedang membutuhkan informasi seperti diatas.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.