Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

√ Lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan ? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Advertisements

Lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan – Berbicara mengenai perkembangan, mungkin dunia digital menjadi salah satu perkembangan yang bisa dikatakan sangat pesat di dunia. Dimana semua hal bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui smartphone. Kita tahu bahwa saat ini ada banyak aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Nah setiap aplikasi yang digunakan tentu harus terdaftar terlebih dahulu dengan informasi data diri penggunanya. Pendaftaran dilakukan dengan menggunakan Kartu Identitas seperti KTP, SIM maupun Paspor. Setiap kalian ingin menggunakan aplikasi maupun situs tersebut, pengguna diwajibkan untuk memasukkan alamat email dan juga PIN.

Nah membahas mengenai hal ini, bagi kalian para peserta BPJS Ketenagakerjaan juga tentu diwajibkan untuk memiliki akun aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Apabila kalian ingin login ke aplikasi tersebut namun lupa PIN, maka otomatis login akan gagal. Lalu bagaimana caranya agar bisa mengatasi masalah lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan tersebut? Jika kalian menemui masalah seperti ini, kalian tidak perlu khawatir karena pada pertemuan kali ini pakaibpjs.com akan memberikan beberapa informasi penting mulai dari syarat dan cara mengatasi lupa PIN BPJS Kesehatan. Untuk itu, kalian yang mungkin menemui masalah seperti ini bisa terus simak pembahasan kali ini sampai akhir agar menemukan solusinya.

Kita akan menyinggung sedikit mengenai penyebab lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan. Lupa memang tidak bisa kita hindari karena ini sangatlah manusiawi. Namun lupa bisa kita antisipasi dengan menyimpan setiap catatan penting di folder smartphone, buku maupun PC. Terkadang tidak semua orang berpikiran demikian, jadi mereka akan mengesampingkan hal-hal kecil namun penting tersebut. Nah untuk lupa PIN aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, otomatis disini kalian mau tidak mau harus melakukan ganti PIN. Dengan catatan kalian harus mengetahui alamat email yang sebelumnya digunakan ketika mendaftar akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi tersebut. Alamat email ini nantinya berfungsi sebagai penerima kode OTP ketika kalian melakukan ganti PIN BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisements
Baca  5 Cara Daftar JKP 2022 : Manfaat, Syarat & Ketentuan

Selain alamat email, kode OTP juga bisa dikirimkan lewat SMS ke nomor HP kalian yang juga terdaftar di akun BPJS Ketenagakerjaan. Kalian bisa memilih salah satu opsi tersebut untuk mendapatkan kode OTP (One Time Password). Selain beberapa syarat tersebut kami rasa tidak ada syarat lain lagi yang diperlukan, sehingga kalian bisa segera memproses ganti PIN akun BPJS Ketenagakerjaan. Baiklah tanpa berlama-lama lagi lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara mengatasi lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan yang telah pakaibpjs.com siapkan berikut ini.

Syarat Ganti PIN BPJS Ketenagakerjaan

Pada poin awal pembahasan inti disini, kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai syarat ganti PIN BPJS Ketenagakerjaan. Diatas sebenarnya sudah kami singgung mengenai syarat yang diperlukan untuk mengganti PIN aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Syarat utama disini adalah alamat email yang digunakan sebagai user login di aplikasi tersebut. Alamat email ini nantinya akan berguna sebagai penerima kode OTP ketika kalian mengalami lupa PIN dan ingin menggantinya dengan PIN yang baru. Lalu kalian juga bisa memilih opsi nomor HP untuk mendapatkan kode OTP tersebut. Jadi intinya, syarat utama untuk bisa mengatasi masalah lupa PIN adalah dengan memiliki nomor HP dan alamat email yang terdaftar ketika pembuatan akun di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mengatasi Lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan

Setelah mengetahui informasi diatas terkait syarat mengatasi masalah lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan, berikutnya kita akan membahas mengenai cara mengatasi atau cara mengatur PIN baru BPJS Ketenagakerjaan. Untuk caranya sebenarnya cukup mudah, namun ada beberapa langkah-langkah yang harus kalian perhatikan disini. Nah, lebih jelasnya langsung saja simak tutorialnya berikut.

1. Buka Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama kalian tentu harus buka aplikasi BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Nah di halaman utama atau halaman login, kalian pilih Lupa Akun di bagian bawah.

2. Masukkan Informasi Data Akun

Di halaman selanjutnya kalian bisa mengisi informasi data akun kalian terlebih dahulu. Data tersebut meliputi nama lengkap, nomor E-KTP dan juga tanggal lahir. Jika semua sudah terisi, langsung saja tap Selanjutnya.

Advertisements

3. Pilih Metode Dapatkan Kode OTP

Nah disini kalian akan diminta untuk memilih salah satu metode untuk mendapatkan kode OTP kalian. Kalian bisa memilih alamat email maupun nomor HP. Jika sudah, tap Kirim Kode.

4. Masukkan Kode OTP

Setelah kalian mendapatkan notifikasi SMS atau alamat email yang berisi Kode OTP, kalian bisa masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang disediakan dan kemudian tap Verifikasi. Nah jika tetap tidak mendapatkan kode OTP, coba tap Kirim Ulang.

5. Masukkan PIN Baru

Dan yang terakhir masukkan PIN Baru dan konfirmasi PIN Baru lalu tap Selanjutnya. Selesai, lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan telah berhasil diatasi.

Kesimpulan

Melihat pembahasan diatas mengenai cara mengatasi lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan, disini bisa disimpulkan bahwa ketika pengguna lupa PIN login akun BPJS Ketenagakerjaan, maka pengguna harus menggantinya dengan PIN baru. Untuk langkah-langkah diatas juga kami rasa sangatlah mudah untuk dipahami. Jadi ketika kalian mengalami masalah ini, kalian tidak perlu bingung karena kalian bisa melihat referensi solusi masalah lupa PIN diatas. Penting diketahui juga bahwa alamat email dan nomor HP terdaftar menjadi syarat penting dalam proses ini. Nah apabila kalian memiliki masalah lain seperti tidak bisa login ke BPJSTKU, kalian bisa baca tutorialnya di link tersebut.

Baca  Apa Itu Sipp BPJS Ketenagakerjaan : Fungsi, Fitur & Syarat

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai syarat dan cara mengatasi masalah lupa PIN BPJS Ketenagakerjaan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat pakaibpjs.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.