Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

√ Verifikasi Biometrik JMO Gagal 3 Kali, Begini Cara Mengatasinya!

Verifikasi Biometrik JMO Gagal 3 Kali

Verifikasi Biometrik JMO Gagal 3 Kali – Mengalami masalah pada aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile mungkin pernah dialami sebagian besar pengguna. Tidak bisa kita pungkiri, dengan tingginya minat penggunaan aplikasi satu ini, terutama bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak sedikit dari mereka mengeluhkan berbagai macam masalah timbul saat menggunakan JMO. Termasuk salah satunya adalah JMO tidak bisa verifikasi Biometrik, tidak bisa login atau bahkan mengalami kendala verifikasi biometrik JMO gagal 3 kali.

Secara umum masalah tersebut setidaknya akan dapat membuat pengalaman menggunakan aplikasi JMO sedikit terganggu. Apalagi ketika kalian ingin melakukan klaim dana Jaminan Hari Tua atau JHT. Yang dimana salah satu syarat utamanya adalah verifikasi biometrik.

Kesalahan melakukan update data biometrik bisa saja terjadi karena swafoto yang diverifikasi salah dalam memasukkan nomor peserta kartu BPJS. Lantas apa yang terjadi ketika verifikasi biometrik gagal 3 kali dan bagaimana cara mengatasinya?.

Verifikasi Biometrik JMO

Verifikasi Biometrik JMO merupakan salah satu metode untuk memvalidasi data peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dimana metode ini dilakukan dengan cara melakukan proses pemindaian wajah, gerakan, suara maupun lainnya.

Dimana dalam verifikasi biometrik sendiri, setiap pengguna akan diminta untuk memverifikasi wajah dengan melakukan swafoto. Tujuannya untuk mendapatkan rekam biologis peserta sesuai dengan data tercantum.

Apa yang Terjadi Ketika Verifikasi Biometrik JMO Gagal 3 Kali?

Mungkin bagi pengguna baru masih belum paham apa yang akan terjadi ketika verifikasi biometrik gagal dilakukan sebanyak 3 kali. Sebagai gambaran kita ibaratkan saja dengan PIN ATM.

Dimana ketika kita salah memasukkan 3 kali PIN secara beruntun, maka efek yang terjadi adalah kartu ATM terblokir. Begitu juga dengan masalah verifikasi biometrik JMO gagal 3 kali.

Baca  5 Cara Membuat Paklaring di Disnaker 2022 : Syarat & Tahapan

Satu-satunya hal sudah pasti akan terjadi ketika kalian mengalami masalah tersebut adalah aplikasi / akun JMO akan terblokir. Dengan begitu kalian sama sekali tidak akan bisa memanfaatkannya.

Solusi Verifikasi Biometrik JMO Gagal 3 Kali

Dengan kondisi JMO terblokir, jelas kalian sama sekali tidak akan bisa melakukan apa-apa baik itu cek saldo, pencairan dana JHT atau lain sebagainya. Lantas bagaimana solusi atau cara mengatasi masalah verifikasi biometrik JMO gagal 3 kali?.

Hubungi Telepon Pusat BPJS Ketenagakerjaan

Nah bicara tentang bagaimana cara mengatasinya, maka solusi awal yang paling mudah dan juga mungkin paling cepat membantu menyelesaikan kendala gagal verifikasi biometrik JMO 3 kali yakni dengan menelepon CS BPJS Ketenagakerjaan.

Dimana cara ini mengharuskan kalian memiliki pulsa lebih dari cukup serta menyiapkan beberapa data diminta. Termasuk nomor keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.

Jika ingin menggunakan metode ini, maka silahkan kalian langsung lakukan panggilan ke nomor telepon pusat BPJS Ketenagakerjaan berikut ini (021)175. Jika sudah tersambung katakan bahwa akun JMO terblokir karena kesalahan verifikasi sampai 3x.

Manfaatkan Layanan Tanpa Kontak Fisik

Melakukan verifikasi biometrik JMO untuk klaim dana Jaminan Hari Tua (JHT) memang hamir setiap saat dilakukan para pengguna aplikasi JMO. Mengingat aplikasi ini punya fitur bisa dibilang cukup lengkap.

Hanya saja ketika melakukan pengkinian data gagal dan mengakibatkan kalian sama sekali tidak bisa melakukan proses klaim JHT tersebut. Namun tenang saja, disaat kalian gagal sampai 3 kali dalam tahap verifikasi biometrik.

Setidaknya ada cara lain dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan memanfaatkan layanan tanpa kontak fisik atau LAPAK ASIK. Dimana untuk metode ini kalian dapat langsung mengunjungi link di bawah ini.

Hanya sebagai informasi saja, LAPAK ASIK dapat kalian akses melalui HP / Smartphone maupun melalui halaman website langsung di PC atau Laptop dengan menggunakan koneksi internet.

Baca  Pinjaman Renovasi Rumah BPJS 2022 : Syarat & Tabel Angsuran

Datangi Kantor BPSJ Ketenagakerjaan

Apabila dari semu metode atau cara yang sudah pakaibpjs.com sampaikan di atas dirasa kurang tepat untuk kalian gunakan dalam mengatasi masalah verifikasi biometrik JMO gagal 3x. Maka cara selanjutnya dapat digunakan yaitu dengan mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Namun ketika kalian ingin mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk membuat laporan masalah gagal verifikasi sampai 3 kali. Setidaknya ada beberapa data yang perlu di siapkan:

  • Kartu identitas diri (KTP/SIM).
  • Kemudian nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Alamat email terdaftar di JMO.
  • Nomor HP terdaftar di JMO.

Setelah kalian siapkan data-data tersebut atau data lain yang diminta dan dibutuhkan. Setidaknya nantinya para petugas akan membantu dalam menyelesaikan masalah JMO terblokir karena gagal verifikasi biometrik sampai 3x.

Kirim Pesan Pengaduan ke Akun BPJS Ketenagakerjaan

Cara terakhir yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah verifikasi biometrik gagal 3 kali dan mengakibatkan akun terblokir yakni dengan memanfaatkan fasilitas sosial media / akun lainnya. Termasuk salah satunya ke akun email resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Dimana sama seperti cara ketiga di atas, ketika ingin meminta bantuan kepada petugas JMO melalui email resmi. Setidaknya kalian perlu melengkapi berbagai macam data dibutuhkan, termasuk salah satunya adalah alamat email terdaftar, serta foto KTP terdaftar.

Kesimpulan

Dengan menyimak lengkap penjelasan tentang verifikasi biometrik JMO gagal 3 kali serta akibat dan cara mengatasinya. Setidaknya untuk kalian para pengguna layanan JMO terutama para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan melakukan klaim JHT.

Kalian benar-benar harus melakukan pengkinian data JMO secara baik serta sesuai. Agar kesalahan verifikasi biometrik tidak terjadi yang menyebabkan akun terblokir. Nah kiranya cukup sekian pembahasan kita kali ini semoga bisa membantu.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.