Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Contoh Surat Paklaring

2 min read

Contoh Surat Parkling. JpgG
Advertisements

Contoh Surat Paklaring – Bagi kalian yang sudah lama bekerja di satu perusahaan dan memutuskan ingin bekerja di perusahaan lain, atau memilih profesi baru? Jika pernah, pastinya kalian sudah mengetahui mengenai apa itu surat Paklaring.

Sebab, surat tersebut biasanya akan diberikan pada saat seorang pekerja memutuskan untuk keluar atau resign dari sebuah perusahaan. Selain itu, surat Palkaring sendiri juga sering digunakan para pencari kerja agar pada saat di interview oleh pihak perusahaan akan lebih meyakinkan.

Namun, apakah kalian tahu mengenai apa saja fungsi surat Paklaring? Fungsi surat tersebut tidak bisa dianggap remeh, selain berguna untuk melancarkan proses mencari kerja, surat tersebut juga dapat dipakai untuk mengusrus BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisements

Surat Perkling tersebut juga biasanya diterbitkan langsung oleh pihak perusahaan atau tempat kalian bekerja dengan beragai syarat dan ketentuan. Oleh sebab itu, sebelum kalian memutuskan untuk berhenti kerja, sebaiknya kalian meminta untuk dibuatkan surat tersebut terlebih dahulu kepada pihak perusahaan.

Contoh Surat Paklaring

Jika kalian merupakan seseorang yang belum mengetahui dengan pasti apa itu surat Paklaring, maka penjelasan selengkapnya akan kalian dapatkan pada sebuah ulasan di bawah ini. Adapun beberapa kegunaan dan contoh surat Paklaring yang dapat kalian simak baik-baik pada artikel kali ini.

Pengertian Surat Paklaring

Pengertian

Surat Paklaring adalah sebuah berkas atau dokumen yang berguna untuk menunjukan pengalaman seseorang perihal pekerjaanya pada sebuah badan perusahaan di posisi tertentu. Didalamnya juga terdapat jenjang karir sejak awal bekerja hingga akhir masa kerjanya.

Secara umum, Surat Paklaring sendiri juga digunakan sebagai syarat lampiran berkas atau pun dokumen ketika kalian mendaftarkan diri di perusahaan baru. Bahkan, sebagian syarat di beberapa perusahaan menujukan surat tersebut menjadi start up dalam calon pekerja mendaftarkan diri.

Melalui surat Paklaring pula perusahaan baru dapat menilai kualitas calon karyawannya. Kualitas yang dimaksud disini adalah terkait prestasi dan juga kontribusi yang bernah diraih pada saat seseorang pendaftar madih berkerja di perusahaan lamanya.

Kegunaan Surat Paklaring

Kegunaan Surat Paklaring

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa surat Paklaring sendiri memiliki beberapa kegunaan sebagai alat untuk melancarkan proses mendapatkan pekerjaan baru. Disisi lain, surat tersebut juga memiliki kegunaan lainnya seperti :

1. Melamar Pekerjaan Berikutnya

Paklaring Melamar Pekerjaan
Advertisements

Dalam tahapan dimana pendaftaran atau interview di beberapa perusahaan, kepemilikan surat Paklaring sudah diwajibkan. Tujuannya yaitu untuk dijadikan bukti bahwa calon pekerja tersebut sudah memiliki pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya.

Meski tidak semua jenjang profesi membutuhkan dokumen tersebut, untuk jabatan suvervisor ke atas sebagian besar pasti sudah mewajibkan untuk menyertakan surat tersebut menjadi syarat utamanya.

2. Membuat BPJS Ketenagakerjaan

Surat Paklaring Untuk Buat BPJS Ketenagakerjaan

Kegunaan yang pertama adalah untuk membuat BPJS Ketenagakerjaan. Seperti yang sudah banyak diketahui, BPJS Ketenagakerjaan diwajibkan untuk dimiliki oleh setiap pekerja atau karyawan untuk dapat mencairkan klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

Dokumen tersebut perlu dimiliki setiap pekerja, untuk bisa mendapatkan seluruh bagian dari jaminan tersebut. Jadi, dapat disimpulkan, untuk mencairkan dana JHT, kalian harus menggunakan surat Paklaring yang telah dilegalisir oleh HRD di perusahaan tempat dulu bekerja.

3. Mengajukan Pinjaman Bank

Mengajukan Paklaring Pinjaman Bank

Surat Paklaring juga dapat digunakan sebagai syarat untuk melakukan pinjaman kepada pihak Bank. Alasannya tidak lain adalah untuk dijadikan bukti calon nasabah yang memiliki penghasilan tetap dengan nominal tertentu. Sehingga, akan terlihat apakah pinjaman yang dilakukan dapat dibayarkan atau tidak.

4. Mendapatkan Beasiswa Melalui Jalur Profesional

Paklaring Mendapatkan Beasiswa

Seseorang yang sudah bekerja, tentunya masih bisa bersekolah ataupun kuliah. Nah, dengan menggunakan surat Paklaring tersebut juga dapat dijadikan sebagai bukti untuk melancarkan pendaftaran dalam bidang pendidikan tersebut.

Kemudian, jika kalian memiliki surat parkling, maka kalian akan memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa melalui jalur profesional. Biasanya beasiswa jalur tersebut dapat digunakan oleh kalian yang ingin melanjutkan studi S2.

Bahkan studi doktoral yang akan diberikan oleh pihak pemerintah atau swasta. Terdapat beberapa dokumen penting yang biasanya akan diminta oleh pemberi beasiswa pendidikan, diantaranya adalah surat Paklaring tersebut.

Itulah beberapa manfaat atau kegunaan dari surat Paklaring yang pastinya akan memudahan kalian dalam melakukan sesutu seperti di atas. Sehingga, dapat diartikan jika kalian ingin keluar dari sebuah perusahaan dan kalian merupakan orang penting dalam perusahaan tersebut, agar tidak lupa meminta surat Paklaring. Karena, surat tersebut dapat dijadikan jalan untuk melangkah ke depannya.

Contoh Surat Paklaring

Nah, jika kalian penasaran dengan yang namanya surat Paklaring, dibawah ini adalah salah satu contohnya. Didalamnya berisi mengenai data diri seseorang lengkap dengan jabatan pada saat ia masih bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh Surat Paklaring

Diatas ini adalah salah satu contoh dari surat Paklaringyang dapat memberikan kemudahan untguk para karyawan yang sudah memutuskan untuk resign dalam mencari dan mendapatkan profesi barunya. Dengan memiliki dokumen teresebut, maka akan dapat membantu karyawan dalam mendapakan haknya, seperti halnya mencairkan dana Jaminan Hari Tua atau JHT.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai Contoh surat Paklaring. Lengkap dengan menjelaskan pengertian dan kegunaan dari surat Paklaringtersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *