Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

5 Contoh Surat Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan 2022

Contoh Surat Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan

Contoh Surat Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan – Saat ini kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan program jaminan kesehatan yang bernama Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Program ini juga memiliki 2 produk, yakni BPJS Kesehatan dan juga BPJS Ketenagakerjaan. Dimana poin penting untuk keduanya adalah memberikan jaminan kesehatan bagi setiap warga masyarakat Indonesia. Nah disini kami akan membahas mengenai salah satunya, yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau disingkat BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu program BPJS milik Pemerintah yang diperuntukkan bagi para pekerja di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa hampir setiap perusahaan di Indonesia sudah mendaftarkan semua karyawannya untuk mendapatkan program jaminan kesehatan ini. Membahas mengenai hal ini, setiap karyawan biasanya memiliki kontrak kerja di setiap perusahaan terkait.

Apabila karyawan tersebut sudah habis masa kontrak atau memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut, maka mau tidak mau perusahaan atau orang terkait harus membuat surat penonaktifan layanan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini harus dilakukan agar nantinya perusahaan tersebut tidak terbebani dengan premi. Proses penonaktifan juga bisa dilakukan oleh orang tersebut atau bisa juga dibantu oleh perusahaan tempat bekerja sebelumnya.

Nah terkait contoh surat penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan, mungkin banyak diantara kalian yang belum mengetahuinya. Maka dari itu disini kami akan memberikan beberapa referensi contoh surat penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan. Baiklah daripada berlama-lama, lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai contoh surat penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan yang telah kami siapkan berikut ini.

Contoh Surat Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan

Alasan Mengapa Peserta Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Pertama kami akan membahas mengenai alasan mengapa peserta BPJS Ketenagakerjaan memilih untuk menonaktifkannya. Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sudah tidak lagi bekerja di perusahaan bersangkutan.
  • Pindah tempat kerja.
  • Keluar dan berhenti bekerja.
Baca  12 Cara Ganti Nomor HP JMO Mobile 2022 : Syarat & Ketentuan

Bisa disimpulkan karena sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut dan tidak melakukan penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan, maka nantinya perusahaan bersangkutan bisa terkena premi yang tentu akan membuat perusahaan tersebut rugi. Maka dari itu, biasanya pihak perusahaan atau orang terkait akan mengirimkan surat penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan .

Contoh Surat Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan

Nah di bawah ini ada beberapa contoh surat penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kalian jadikan referensi ketika ingin mengajukan penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

2. Contoh Surat Pernyataan Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Contoh Surat Pernyataan Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan

4. Surat Penonaktifan Karyawan

Surat Penonaktifan Karyawan

5. Contoh Surat Pengantar Penonaktifan Peserta BPJS

Contoh Surat Pengantar Penonaktifan Peserta BPJS

Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Terkait pembahasan ini, kami rasa cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Nantinya para peserta yang sudah tidak lagi bekerja di perusahaan bisa melakukan penonaktifan dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan atau bisa juga dengan menemui pihak HRD Perusahaan dan sampaikan keinginan untuk menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan.

Jika proses penonaktifan dilakukan melalui perusahaan, maka nantinya perusahaan yang akan memprosesnya dengan cara mengirimkan surat penonaktifan kemudian memberikannya kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan. Untuk informasi lengkap terkait prosedur penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan ini juga bisa kalian simak di artikel sebelumnya yang sudah kami bahas.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini dapat kami simpulkan bahwa setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang hendak menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan mereka tentu harus membuat surat penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan. Jika proses penonaktifan dilakukan melalui perusahaan tempat bekerja sebelumnya, maka nantinya surat tersebut akan dibuatkan langsung oleh pihak perusahaan terkait. Kami rasa dengan mengetahui contoh surat penonaktifan BPJSTK diatas cukuplah penting.

Baca  11 Cara Klaim JHT di Jamsostek Mobile 2022 : Prosedur & Syarat

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai contoh surat penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat pakaibpjs.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.