Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Minta Paklaring ke Perusahaan lewat Email

2 min read

Cara Minta Paklaring Perusahaan Lewat Email
Advertisements

Cara Minta Paklaring ke Perusahaan lewat Email – Sudah diwajibkan pihak perusahaan memberikan surat paklaring kepada setiap karyawan yang sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. Karena, surat tersebut dapat berguna sekali untuk melancarkan mantan pekerjanya untuk mencari profesi lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut, apakah kalian sudah mengetahui apa itu surat paklaring? Surat paklaring merupakan salah satu dokumen penting yang didalamnya berisi data seseorang yang pernah bekerja di dalam sebuah perusahaan dan sejumlah informasi mengenai tanggal dimana seseorang itu bekerja hingga masa atau hari terakhir bekerja.

Selain itu, didalam surat paklaring juga terdapat data yang dimana mencantumkan profesi ataupun jabatan tertentu, ketika seseorang tersebut masih bekerja dalam sebuah perusahaan. Dengan begitu, jika seseorang tersebut ingin mendaftarkan diri pada perusahaan lain akan sangat mudah sekali, hanya dengan menunjukan dokumen tersebut saat interview.

Advertisements

Interview adalah posisi seseorang calon pelamar kerja sedang di wawancarai oleh petugas ataupun direktur di dalam sebuah perusahaan. Selain itu, dokumen tersebut juga memiliki manfaat lain seperti pada saat seseorang mantan pekerja ingin meminta dana JHT pada sebuah perusahaan sebelumnya.

Cara Minta Paklaring ke Perusahaan lewat Email

Manfaat dari surat paklarin tersebut ternyata sangat banyak sekali, seperti untuk mengklaim JHT, memudahkan dalam mencari kerja, membuat BPJS Ketenagakerjaan, bahkan untuk mendapatkan beasisawa di tingkat profesional. Sehingga, dapat dibilang surat paklaring memanglah sangat penting dan tidak boleh dianggap sebagai hal sepele.

Sebab, jika pihak perusahaan tidak memberikan surat pengalaman kerja tersebut kepada mantan pekerja yang sudah resign akan dikenakan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku. Semuanya sudah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, bahwa salah satu hak pekerja atau buruh yang di PHK atau berakhir hubungan kerjanya yaitu memiliki hak atas Jaminan Hari Tua atau “JHT” (dana Jamsostek).

Oleh karena itu, jika tidak ada SURAT PAKLARING, maka dana Jamsostek akan sulit untuk dicairkan. Apalagi untuk sebuah perusahaan yang sudah mengalami bangkrut atau tutup karena kontrak sudah selesai, pastinya akan sangat membutuhkan surat tersebut untuk mencairkan dana JHT tersebut.

Tahapan Pengajuan Surat Paklaring Perusahaan via Email

Tahapan Pengajuan Surat Paklaring Perusahaan via Email

Nah, jika kalian termasuk mantan pekerja yang tidak pernah diberi surat paklaring sejak hari dimana kalian mengakhiri hubungan kerja, maka kalian dapat mengajukan permintaan pembuatan surat paklaring dari perusahaan melalui email. Untuk melakukannya silahkan kalian bisa simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan membuka aplikasi E-mail yang ada di perangkat kalian.
  2. Selanjutnya, kalian dapat menuliskan pengajuan untuk meminta surat paklaring kepada pihak perusahaan, lebih tepatnya pada HRD atau kepala perusahaan tersebut.
  3. Kalian dapat memberikan data-data terkait pekerjaan yang kalian lakukan di sebuah perusahaan tersebut.
  4. Nantinya petugas HRD akan mencocokan data, jika valid maka akan segera memproses pengaduan yang kalian lakukan.
  5. Serta, kalian dapat memberikan data track record selama kalian bekerja di sebuah perusahaan tersebut.
  6. Jika data yang kalian berikan kepada HRD melalui email tersebut dinyatakan valid, maka pengajuan kalian akan segera di proses.
  7. Mungkin akan memakan waktu hingga kurang lebih 1 bulanan.
  8. Proses pengajuan permintaan surat paklaring via email telah selesai.

Itulah beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk meminta surat paklaring, sebuah dokumen penting untuk memperlancar segala urusan mantan pekerja. Namun, permintaan di atas tidaklah menjadi sebuah titik akhir, sebab tidak pasti pihak perusahaan membaca email yang kalian kirimkan, serta data yang kalian masukkan valid atau tidak.

Yang pasti dokumen tersebut sangat berguna untuk memudahkan seseorang untuk mencairkan dana Jamsostek atau Jaminan Hari Tua “JHT”. Dengan memiliki dokumen tersebut, maka urusan dalam mengurus klaim JHT akan lebih cepat dan mudah.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai cara meminta surat paklaring perusahaan lewat email. Dengan cara tersebut, maka akan dapat dilakukan dengan mudah dan praktis melalui perangkat kalian dirumah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *