Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Apa Itu Paklaring

1 min read

Apa Itu Paklaring
Advertisements

Apa Itu Paklaring – Paklaring atau yang sering juga disebut dengan surat refrensi, surat pengalam kerja merupakan sebuah dokumen yang diberikan langsung oleh perusahaan kepada mantan karyawannya. Didalamnya berisi mengenai keterangan yang menjelaskan bahwa orang tersebut pernag bekerja di perusahaan tersebut.

Mulai dari tanggal dimana orang itu mendaftarkan diri, sampai dengan hari dimana orang tersebut mengakhiri pekerjaannya di sebuah perusahaan. Lalu, didalamnya juga tercantum posisi jabatan tertentu guna untuk mengetahui seberapa besar potensi dan prestasi mantan karyawannya.

Prestasi dan juga pencapaian yang diperoleh mantan karyawan juga tercantum dengan jelas di dalam isi surat paklaring. Namun, setiap perusahaan bisa saja memiliki perbedaan penulisan format dalam sebuah dokumen penting tersebut.

Advertisements

Akan tetapi, pada intinya paklaring adalah surat yang diterbitkan dari perusahaan, yang berisikan tentang keterangan bahwa orang tersebut penah bekerja menjadi karyawan di perusahaan tersebut dalam masa tertentu. Surat tanda bukti pengalaman kerja tersebut bersifat wajib untuk dimiliki oleh setiap karyawan yang hendak keluar dari perusahaan tempatnya bekerja.

Apa Itu Paklaring

Karena, dokumen tersebut nantinya akan sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Jadi, ketika kalian akan resign atau keliar dari perusahaan, kalian berhak untuk meminta dibuatkan surat paklaring dan pihak perusahaan wajib untuk membuatkannya. Akan tetapi, tentu saja dengan menggunakan syarat-syarat tertentu.

Syarat dan Ketentuan Karyawan untuk Mendapatkan Surat Paklaring

Syarat dan Ketentuan

Seorang karyawan akan dibuatkan surat bukti pengalaman kerja oleh pihak perusahaan, apabila ia berhenti bekerja secara baik-baik. Masksudnya adalah karyawan yang meminta izin terlebih dahulu untuk mengundurkan diri dan memiliki tanggungjawab kepada perusahaan seperti hutang ataupu pekerjaan-pekerjaan yang belum diselesaikan.

Kemudian, karyawan yang mengundurkan diri bukan karena tindak kriminal dalam lingkup kantor perusahaan. Jika karyawan memenuhi beberapa persyaratan tersebut, maka pihak perusahaan pastinya akan dengan ringan tangan dalam mengabulkan permintaan pembuatan surat paklaring untuk setiap karyawannya.

Manfaat Surat Paklaring untuk Karyawan Berhenti Bekerja

Manfaat Surat Paklaring

Salah satu manfaat yang dapat kalian terima pada saat kalian memiliki dokumen tersebut diantaranya adalah mudah dalam mencairkan dana JHT Jamsostek atau BPJS KETENAGAKERJAAN. Kemudian, manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan kalian adalah dapat melakukan pelamaran kerja di perusahaan lainnya dengan mudah.

Karena, paklaring sendiri juga dapat dijadikan bukti pengalaman kerja di dalam berkas surat lamaran kerja yang akan kalian ajukan. Lalu, untuk karyawan pelamar kerja yang memiliki pengalaman kerja, akan lebih mudah untuk diterima dan memiliki peluang yang lebih besar.

Apalagi yang didalam surat paklaring tersebut berisi banyak prestasi pada saat bekerja di perusahaan sebelumnya, tentunya akan menjadi nilai tambahan pada saat kalian sedang diinterview.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan terkait penjelasan apa itu paklaring. Lengkap beserta syarat dan ketentuan karyawan yang layak mendapatkan dari manfaat dokumen penting tersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *