Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Skrining Riwayat Kesehatan BPJS

1 min read

Cara Skrining Riwayat Kesehatan BPJS
Advertisements

Cara Skrining Riwayat Kesehatan BPJS – Pelayanan kesehatan di Indonesia memang terus ditingkatkan terutama dari segi fasilitas maupun tenaga medis. Beberapa fasilitas seperti BPJS online akan semakin memudahkan pengguna mendapatkan layanan secara cepat.

Salah satu fasilitas banyak digunakan adalah AUTODEBET BPJS dan juga skrining riwayat kesehatan. Secara langsung fitur skrining riwayat kesehatan menawarkan pemeriksaan dini dengan cara mengisi formulir medis online sehingga dapat sebagai acuan indikasi medis.

Pengguna juga bisa cek riwayat kesehatan BPJS sebagai salah satu syarat mendapatkan penanganan di faskes terdekat. Secara online kalian bisa mengetahui berat atau ringannya penyakit yang diderita menggunakan kuesioner sehingga dapat dijadikan diagnosa awal.

Advertisements

Melalui web skrining BPJS kesehatan kalian cukup memasukkan nomor kartu dan mengisi formulir kemudian mendapatkan informasi mengenai penyakit maupun diagnosanya. Ketika terdapat resiko sedang ataupun tinggi nantinya skrining riwayat kesehatan BPJS dapat dicetak dan digunakan sebagai alat konsultasi ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Apa itu Skrining Riwayat Kesehatan?

skrining kesehatan adalah

Skrining kesehatan adalah proses pemeriksaan untuk menentukan apakah peserta BPJS memiliki resiko tinggi terhadap penyakit tertentu. Secara langsung cara skrining riwayat kesehatan BPJS akan membantu mengetahui kondisi maupun diagnosa awal sebuah penyakit.

Selain itu cara skrining riwayat kesehatan BPJS dapat dilakukan secara online oleh siapa saja melalui website maupun aplikasi Mobile JKN. Dengan menggunakan fasilitas skrining riwayat kesehatan BPJS kalian juga bisa membuat surat rujukan di faskes tingkat pertama.

Manfaat Skrining Kesehatan

Manfaat skrining kesehatan BPJS adalah untuk mengetahui resiko dari 4 jenis penyakit meliputi Jantung Koroner, Hipertensi, Ginjal Kronik dan juga Diabetes Melitus. Dengan pemeriksaan ini kita akan mengetahui apakah ada kemungkinan terkena penyakit serta deteksi untuk pencegahan dini.

Bagi peserta BPJS Kesehatan memang dihimbau melakukan skrinning dalam jangka waktu 1 tahun sekali. Dengan kesadaran pemeriksaan dini mampu menghindari terkena resiko penyakit kronis sejak dini.

Cara Skrining Riwayat Kesehatan BPJS

Cara skrinning dapat dilakukan dengan sangat mudah, kalian dapat mengakse situs BPJS kemudian membuka menunya. Cukup menyiapkan nomor kartu BPJS kemudian tanggal lahir dan hasil skrinning dapat diperoleh seperti berikut.

1. Buka halaman bpjs-kesehatan.go.id/bpjs kemudian tekan simbol < sampai muncul menu disamping. Lanjutkan dengan memilih Skrining kesehatan

contoh skrining kesehatan

2. Masukkan nomor kartu BPJS dan tanggal lahir kalian. Tekan Cari Peserta

cek riwayat kesehatan bpjs
Advertisements

3. Saat belum pernah melakukan skrinning muncul pemberitahuan, tekan Setuju

web skrining bpjs kesehatan go id

4. Silahkan masukkan informasi data diri mencakup berat badan, tinggi badan, pendidikan terakhir, nomor handphone, nama anggota keluarga, alamat rumah, nomor HP dan email.

formulir skrining bpjs kesehatan

5. Pastikan datanya sudah benar dan tekan Selanjutnya

skrining kesehatan

6. Silahkan isi formulir riwayat kesehatan dengan memilih salah satu jawaban. Usahakan untuk mengisi dengan sejujur jujurnya supaya hasilnya akurat.

Riwayat

7. Setelah pengisian selesai maka tekan Simpan

formulir online

8. Akan muncul hasil skrinning kalian, untuk mencetak tekan tombol Cetak Hasil

formulir

Akhir Kata

Seperti halnya CARA MENGGUNAKAN HFIS BPJS, skrinning dapat diakses online kapan saja dibutuhkan. Ketika peserta BPJS memiliki resiko rendah maka akan ada anjuran dan panduan untuk menjaga hidup sehat.

Tapi ketika hasilnya menampilkan resiko tinggi maupun sedang maka kalian akan dihimbau konsultasi ke faskes tingkat pertama untuk memperoleh keterangan lebih lanjut. Dengan mengetahui riwayat kesehatan maka kalian akan lebih tenang dan tidak bingung ketika terdiagnosa suatu penyakit.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *