Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan

2 min read

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan
Advertisements

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan – Beban iuran BPJS Kesehatan memang terus naik sehingga membuat banyak orang tidak kuat menanggungnya. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan turun kelas untuk mengurangi pengeluaran bulananan yang bertambah.

Peserta bisa memilih cara turun kelas BPJS Kesehatan mandiri online supaya mendapatkan keringanan. Seperti yang kita tahu BPJS kelas 3 digratiskan oleh pemerintah karena termasuk kedalam Penerima Bantuan Iuran atau sering disebut PBI.

Perbedaan paling besar adalah dari segi faskes, meskipun kelas 3 namun peserta tetap bisa melakukan CARA SKRINNING RIWAYAT KESEHATAN BPJS sama seperti kelas lainnya. Tak heran karena memenuhi syarat pindah kelas BPJS mandiri keanggotaan jadi berubah sehingga peserta harus membayar.

Advertisements

Oleh karena itu cara turun kelas BPJS menjadi gratis harus dilakukan jika memang berasal dari golongan kurang mampu. Cara turun kelas BPJS dari kelas 1 ke kelas 3 membutuhkan waktu yang bervariasi tergantung kepada antrian tiap daerah.

Syarat Turun Kelas BPJS

Syarat Turun Kelas BPJS

Sebelumnya kamu perlu mengetahui syarat pindah kelas BPJS Kesehatan karena mempengaruhi berhasil atau tidaknya proses pemindahan kelas. Pastikan kalian memenuhi semua persyaratan yang ada mulai dari dokumen, pembayaran maupun surat suratnya.

  • Melakukan pengisian formulir perubahan data peserta BPJS dimana dapat diperoleh dari kantor terdekat.
  • Kartu Keluarga atau KK.
  • Kartu BPJS Kesehatan dengan kepesertaan aktif.
  • Kartu Tanda Penduduk.
  • Tidak ada tunggakan iuran BPJS.
  • Sudah menjadi peserta BPJS minimal 1 tahun.
  • Perubahan akan diterapkan untuk semua anggota keluarga terdaftar.
  • Bagi yang belum mengaktifkan autodebet BPJS wajib memberikan salinan buku rekening dan formulir bermaterai 6 ribu.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan

cara turun kelas bpjs dari kelas 1 ke kelas 3

Setelah memenuhi semua syarat turun kelas BPJS kalian dapat mengurusnya melalui beberapa fasilitas baik online maupun offline. Cara turun kelas BPJS bisa dilakukan dengan mudah namun jangka waktunya akan berbeda beda, lebih lengkapnya simak tutorial dari Pakaibpjs.com berikut.

Cara Turun Kelas Lewat Kantor BPJS Kesehatan

Cara pertama adalah mendatangi kantor BPJS Kesehatan dengan membawa semua dokumen mulai dari kartu BPJS, KK, dan juga KTP. Ambil antrian kemudian minta untuk mengisi formulir yang disediakan untuk perubahan data, setelah dipanggil serahkan semua persyaratannya dan turun kelas akan diproses.

Turun Kelas via Mobile JKN

  • Unduh Mobile JKN.
  • Buka aplikasinya dan tekan Daftar
  • Pilih Aktivasi Akun
  • Ketikkan nomor kartu BPJS, NIK, email, nomor HP serta password.
  • Tekan Register
  • Kamu akan dikirimkan kode lewat email.
  • Cek email kemudian masukkan kodenya ke Mobile JKN.
  • Silahkan login memakai nomor BPJS, email dan password.
  • Masuk ke menu Ubah Data Peserta
  • Lanjutkan dengan memilih Kelas
  • Kemudian pilihlah kelas yang kamu inginkan.

Cara Turun Kelas via Care Center BPJS

Kamu bisa langsung menghubungi nomor 1500400 kemudian minta untuk turun kelas. Kamu wajib menyiapkan pulsa secukupnya supaya tidak terputus saat menelpon. Dalam prosesnya pastikan menyebutkan nomor NIK, kartu BPJS dan juga KK untuk verifikasi datanya.

Turun Kelas Lewat Mobil Layanan Keliling BPJS

Bawa semua persyaratannya ke mobil layanan keliling dimana operasional untuk tiap daerah akan berbeda. Kalian cukup mengisi formulir dan memberikan persyaratan kemudian proses turun kelas akan dilakukan oleh petugas mobil keliling.

Manfaat Turun Kelas

Manfaat Turun Kelas
Advertisements

Manfaat utama adalah biaya iuran BPJS Kesehatan akan lebih murah atau bahkan gratis apabila ada di kelas 3. Selain itu kita tetap mendapatkan layanan medis dan faskes meskipun akan berbeda dengan kelas diatasnya seperti ruangan yang harus berbagi kapasitas lebih banyak orang.

Tidak perlu memikirkan tagihan bulanan apabila memilih turun ke kelas III karena semuanya ditanggung pemerintah. Dapat mengakses fasilitas kesehatan mulai dari tingkat pertama sampai dengan lanjut sesuai dengan diagnosa dan juga jenis penyakit.

Berapa Lama Proses Pindah Kelas BPJS ?

Proses pindah kelas memang akan berbeda beda untuk tiap pesertanya, kadang ada yang cepat ataupun lambat. Yang pasti proses turun atau naik kelas BPJS akan dipengaruhi dari antrian harian. Jadi sebaiknya kalian urus langsung secara offline untuk mengetahui prosesnya secara detail.

Akhir Kata

Kalian juga bisa mencoba CARA CEK SERTIFIKAT VAKSIN secara online apapun kepesertaan BPJSnya. Jika memilih turun kelas kelemahan utamanya adalah fasilitas kesehatan yang didapatkan akan berkurang terutama dari sisi layanan rawat inap atau kamar maupun penanganannya.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *