Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

VClaim BPJS

2 min read

VClaim BPJS
Advertisements

VClaim BPJS – BPJS merupakan lembaga jaminan kesehatan yang memiliki berbagai layanan yang menjangkau mayoritas masyarakat Indonesia. BPJS terus berubah seiring berjalannya waktu dan selalu memberikan pelayanan maupun fitur terbaru untuk pesertanya. Salah satu layanan yang sangat berguna adalah VClaim atau klaim virtual untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan semua orang.

Seperti halnya CARA ANTRIAN ONLINE MOBILE JKN, pengguna VClaim dapat mengakses semua rujukan secara online darimanapun. Pastinya hal ini sangat memudahkan semua orang mendapatkan rujukan Surat Eligibilitas Peserta atau SEP secara online tanpa perlu mendatangi kantor BPJS. Disamping itu pengguna VClaim bisa memilih fasilitas kesehatan berdasarkan keanggotaan BPJS terdaftar.

Dengan hadirnya VClaim BPJS maka kini semua orang dapat berobat meskipun berada pada luar kota domisili. Keuntungan utamanya pasti BPJS akan lebih bisa diandalkan dan digunakan kapan saja ketika dibutuhkan pada berbagai wilayah di Indonesia. Dengan proses verifikasi secara online maka pengguna BPJS bisa klaim fasilitas kesehatan tingkat lanjut kapanpun.

Advertisements

Selain itu manfaat bagi rumah sakit adalah mendapat kepastian kapan waktunya pembayaran klaim dengan cepat serta akurat tanpa perlu menunggu lama. Berbeda dengan klaim dengan cara manual dimana membutuhkan waktu dan proses cukup panjang. Secara langsung VClaim juga terhubung ke database nasional sehingga mampu memaksimalkan input data anggota BPJS.

Apa itu VClaim BPJS ?

Apa itu VClaim BPJS

VClaim adalah fasilitas dari BPJS berbasis website yang memudahkan pembuatan SEP atau Surat Eligibilitas Peserta dan penagihan klaim pengguna layanan rumah sakit. Pastinya berbeda dengan sistem manual, dimana VClaim menjamin proses berjalan mudah dan juga cepat untuk mendapatkan fasilitas kesehatan tingkat lanjut. VClaim memang sudah cukup lama hadir namuun sebagian orang tidak mengetahui bagaiman cara menggunakannya.

Manfaat VClaim BPJS

Apabila kalian adalah pengguna baru pastinya akan dimudahkan dengan berbagai fitur digital yang dapat diakses kapan saja. Terlebih untuk yang sudah terdaftar sebelumnya maka wajib mengetahui apa saja manfaat menggunakan VClaim BPJS seperti berikut ini.

  • Kemudahan mendapatkan Surat Eligibilitas Peserta Rawat jalan dan rawat inap pada Faskes Tingkat I dan Tingkat II.
  • Klaim dapat dilakukan pada rumah sakit ataupun klinik mitra BPJS.
  • Rumah sakit akan menerima tagihan secara otomatis.
  • Dapat diakses online tanpa perlu datang ke rumah sakit ataupun kantor BPJS.
  • Membantu input data dari anggota JKN atau KIS.

Cara Menggunakan VClaim BPJS

Cara menggunakan VClaim BPJS sangatlah mudah, kalian cukup tinggal mengunjungi website vclaim.bpjs-kesehatan.go.id kemudian login dan mengisi formulir sesuai Surat Eligibilitas Peserta yang dibutuhkan. Terdapat beberapa SEP yang dapat dibuat meliputi untuk faskes tingat I dan juga II.

VClaim diakses lewat jaringan internet ataupun VPN dimana sangat memudahkan memenuhi kebutuhan peserta dan juga rumah sakit yang bermitra dengan BPJS. Selain itu lewat websitenya kamu juga bisa menjumpai berbagai data secara detail sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhkan, lebih jelasnya simak informasi dari Pakaibpjs.com berikut.

Rujukan Online Faskes Tingkat I

Rujukan Online Faskes Tingkat I

Yang pertama VCLAIM BPJS dapat dimanfaatkan untuk membuat SEP Rujukan Online Faskes Tingkat I yaitu penerbitan Surat Eligibilitas Peserta berdasarkan pada nomor rujukan lewat aplikasi Primary Care yang dipakai Klinik pratama, dokter praktek perorangan dan Puskesmas. Kamu bisa mengaksesnya secara online dimana rujukannya berlaku selama 90 hari.

  1. Login pada website VClaim BPJS
  2. Masuk ke bagian SEP dan tekan Pembuatan SEP
  3. Dibagian Option pilih Rujukan
  4. Masukkan tanggal SEP
  5. Tekan Combo Box kemudian pilihlah Asal Rujukan Faskes Tingkat I
  6. Masukkan nomor rujukan
  7. Tekan Cari kemudian akan muncul informasi rujukannya.
  8. Masukkan semua data yang dibutuhkan.
  9. Tekan Simpan

Rujukan Online Faskes Tingkat II Rawat Jalan

Rujukan Online Faskes Tingkat II Rawat Jalan
Advertisements

Kemudian VClaim BPJS juga dapat digunakan untuk membuat SEP Rujukan Online Faskes Tingkat II rawat jalan berdasarkan nomor rujukan dimana digunakan untuk rumah sakit dan juga klinik utama (setara rumah sakit). Waktu berlaku untuk rujukan rawat jalan adalah 90 hari setelah pembuatan.

  1. Masuk pada website VClaim BPJS
  2. Masuk ke bagian SEP dan tekan Pembuatan SEP
  3. Dibagian Option pilih Rujukan
  4. Masukkan tanggal SEP
  5. Dibagian Combo Box pilihlah Asal Rujukan Faskes Tingkat II
  6. Masukkan nomor rujukannya.
  7. Tekan CARI kemudian pilih.
  8. Silahkan masukkan data pasien secara lengkap.
  9. Dibagian SEP Kunjungan pilih Menggunakan nomor rujukan yang sama.
  10. Masukkan nomor surat kontrol rawat lanjut.
  11. Masukkan DPJP dokter.
  12. Masukkan informasi atau data lainnya untuk melengkapi formulirnya.
  13. Tekan Simpan

Rujukan Online Faskes Tingkat II Rawat Inap

Rujukan Online Faskes Tingkat II Rawat Inap

Berikutnya adalah menggunakan VClaim BPJS untuk membuat SEP Rujukan Online Faskes Tingkat II rawat inap dimana khusus dipakai pada rumah sakit dan juga klinik utama (setara rumah sakit). Waktu berlakunya 90 hari dan dapat dibuat secara online menggunakan koneksi internet.

  1. Kunjungi website VClaim BPJS
  2. Klik bagian SEP dan masuk Pembuatan SEP
  3. Bagian Option pilih Rujukan
  4. Masukkan tanggal SEP
  5. Di Combo Box pilihlah Asal Rujukan Faskes Tingkat II
  6. Masukkan nomor rujukan.
  7. Tekan CARI maka muncul datanya.
  8. Lengkapi semua informasi pasien.
  9. Tekan Simpan

Akhir Kata

Secara langsung VClaim BPJS memang memudahkan peserta untuk melakukan klaim fasilitas kesehatan secara online. Kamu juga bisa melakukan CARA CEK SALDO BPJS KESEHATAN untuk memastikan apakah sudah menerima bantuan dari pemerintah. Secara langsung VClaim BPJS juga dimanfaatkan sebagai input data dari kepesertaan JKN maupun KIS untuk pasien yang mendapat pelayanan pada rumah sakit.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *