Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Membuat Rujukan PCare BPJS

1 min read

Cara Membuat Rujukan PCare BPJS
Advertisements

Cara Membuat Rujukan PCare BPJS – Peserta BPJS pastinya ingin mendapatkan pelayanan terbaik dengan waktu cepat karena adanya kenaikan tarif. Oleh karena itu muncul berbagai layanan online untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan salah satunya adalah PCare.

Secara langsung kamu bisa memanfaatkan PCare BPJS secara gratis untuk memperoleh informasi data peserta dan juga riwayat pengobatannya. Bahkan informasi KODE DIAGNOSA BPJS juga tampil sehingga memudahkan dalam proses merujuk kerumah sakit atau faskes.

Untuk menghemat waktu kamu bisa mencoba cara membuat rujukan BPJS online cukup menggunakan fasilitas dari PCare. Dalam keadaan darurat pastinya kita tidak ingin apabila penanganan pasien terlambat, oleh karena itu jika ada saran rujukan harus secepatnya diurus.

Advertisements

Cara membuat rujukan PCare BPJS online dapat diakses lewat website resminya kemudian mengajukan peningkatan faskes langsung. Hal ini lebih simple dibandingkan kalian harus datang ke kantor BPJS dan harus mengantri dalam waktu lama.

Apa itu PCare BPJS ?

PCare atau Primary Care adalah fasilitas yang bisa diakses peserta BPJS Kesehatan untuk kebutuhan ke FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama). Sesuai dengan kelas peserta BPJS kamu bisa memanfaatkan PCare untuk membuat surat rujukan ke Puskesmas, dokter, klinik maupun labolatorium.

Secara langsung peserta BPJS dapat melakukan pengajuan pengobatan maupun mendaftar pasien pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Kalian disarankan untuk melakukan pendaftaran online untuk bisa menggunakan fitur PCare.

Ketika pendaftaran sudah dilakukan maka kamu akan mendapatkan username serta password dimana dipakai untuk login online di website PCare. Fitur unggulan dari PCare adalah menampilkan informasi iuran, pendaftaran peserta, pencarian faskes maupun membuat rujukan online.

Kelebihan PCare BPJS

Secara langsung PCare mampu membantu mengoptimalkan layanan kesehatan dan juga informasi yang didapatkan oleh peserta BPJS. Berikut ini ada beberapa kelebihan PCare BPJS yang sudah dirangkum oleh Pakaibpjs.com dibawah ini.

  • Mampu mendaftarkan pasien secara cepat hanya dengan mengakses PCare secara online.
  • Dapat diakses darimanapun dan kapanpun sehingga membantu ketika kondisi darurat.
  • Data peserta BPJS sudah terintegrasi penuh dengan sistem PCaare sehingga mempermudah penanganan medis.
  • Proses diagnosis jadi lebih cepat karena data akurat pasien yang didapatkan dari PCare.
  • Bisa membuat surat rujukan melalui PCare secara cepat dan juga muedah.

Cara Membuat Rujukan PCare BPJS

Kemudian cara membuat rujukan PCare BPJS dapat ditujukan bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut apabila sudah disarankan oleh Puskesmas. Proses membuat rujukan PCare BPJS tergolong cepat karena hanya melakukan perubahan data secara online.

1. Cara pertama silahkan buka halaman pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim/Login. Lanjutkan memasukkan username, password dan captcha kemudian tekan Login.

2. Pada bagian menu atas silahkan klik Entri Data kemudian masuk ke Pendaftaran Pasien.

Advertisements

3. Tampil informasi data peserta BPJS secara lengkap. Input data maupun keterangan peserta BPJS yang akan dibuatkan rujukan, tekan Simpan.

4. Kemudian tekan lagi Entri Data kemudian Pelayanan Pasien.

5. Ketikkan keterangan tambahan yang diperlukan, kemudian dibagian status pilihlah Rujuk Lanjut dan tekan Simpan.

6. Pilihlah bagian Spesialis kemudian tekan Cari Faskes Rujukan. Akan tampil faskes kesehatan, pilih salah satu sesuai faskes tujuan kalian.

7. Setelah itu tekan Pilih maka rujukan sudah selesai dibuat.

Akhir Kata

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut kamu bisa menghubungi PANDAWA BPJS untuk mendapatkan keterangan lengkap. Secara langsung membuat rujukan PCare BPJS memang sangatlah mudah, pastinya penanganan akan lebih cepat dan pasien mendapatkan pengobatan yang lebih baik dari pihak rumah sakit.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *