Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Menggunakan HFIS BPJS

1 min read

Cara Menggunakan HFIS BPJS
Advertisements

Cara Menggunakan HFIS BPJS – Bagi pengguna BPJS Kesehatan dapat menggunakan layanan dari banyak fasilitas kesehatan sesuai dengan ketentuan. Kita pastinya pernah mendengar nama HFIS BPJS dan masih bingung apa itu arti dan juga fungsinya.

Padahal HFIS BPJS merupakan hal yang penting untuk mendapatkan informasi alamat fasilitas kesehatan, kapasitas kamar, jumlah dokter bahkan sampai dengan jam prakteknya. Oleh karena itu sebagai peserta BPJS wajib mengetahui bagaimana menggunakan fitur HFIS.

Kalian akan lebih mudah mengetahui TIPE RUMAH SAKIT BPJS sehingga tidak salah ketika membuat surat rujukan. Selain itu ketika menggunakan HFIS kamu akan lebih mudah mengakses data peserta untuk digunakan sebagai persyaratan rawat inap maupun jalan.

Advertisements

Saat ini HFIS kebanyakan digunakan oleh mitra fasilitas kesehatan sebagai alat pengolahan data terutama saat memberikan pelayanan kepada peserta BPJS. Namun sebagai peserta juga dapat menggunakan HFIS BPJS untuk beberapa keperluan seperti pembuatan rujukan maupun lainnya.

Apa itu HFIS BPJS ?

HFIS BPJS

HFIS adalah Health Facilities Information System dimana merupakan aplikasi berupa website untuk memanajemen data peserta BPJS. Secara langsung HFIS BPJS juga akan memudahkan untuk monitoring, pembuatan laporan maupun aktivitas profiling.

Fungsi HFIS BPJS

Dengan adanya HFIS BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan dapat lebih mudah melakukan koordinasi dengan pihak Fungsi utama dari HFIS BPJS adalah untuk memudahkan fasilitas kesehatan melakukan koordinasi dengan peserta, asuransi maupun faskes lainnya. Kemudian faskes dapat pula melakukan perpanjangan kontrak kerjasama maupun memberikan laporan kondisi terkini.

Cara menggunakan HFIS BPJS akan memudahkan rujukan ke FRTL (Faskes Rujukan Tingkat Lanjut) dari FRTP (Faskes Rujukan Tingkat Pertama). Pengguna HFIS BPJS dapat langsung mencari secara online rumah sakti dengan kapasitas kamar yang kosong sehingga memaksimalkan penanganan pasien.

Cara Menggunakan HFIS BPJS

pengajuan hfis

Cara menggunakan HFIS BPJS dapat dilakukan oleh mitra faskes maupun peserta. Khusus untuk faskes wajib terdaftar dalam program Fasilitas Mitra Kerjasama dan melakukan pendaftaran. Sedangkan untuk peserta bisa memakai situs Aplicares dan juga aplikasi P-Care untuk mengakses HFIS BPJS.

Cara Menggunakan HFIS Mitra Faskes BPJS

  1. Login ke situs hfis.bpjs-kesehatan.go.id/hfis/login
  2. Silahkan masukkan username serta password.
  3. Masukkan captcha kemudian tekan Sign in
  4. Akan muncul profil dan mitra dapat melakukan perubahan maupun pencarian data.

Cara Memakai HFIS Peserta BPJS via Aplicares

  1. Buka situs faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares.
  2. Setelah terbuka kalian silahkan pilih jenis faskes mencakup RUMAH SAKIT, PUSKESMAS, DOKTER PRAKTIK PERORANGAN, DOKTER GIGI, KLINIK UTAMA, KLINIK PRATAMA ataupun APOTEK.
  3. Kemudian lanjutkan memilih nama provinsi.
  4. Setelah itu tekan Cari Faskes
  5. Secara otomatis akan tampil informasi HFIS BPJS.

Cara Memakai HFIS Peserta BPJS Lewat Aplikasi P-Care

  1. Unduh P-Care dan lakukan pendaftaran akun.
  2. Setelah itu masuk menggunakan usernam serta password.
  3. Kemudian didalamnya terdapat semua informasi fasilitas kesehatan berdasarkan keanggotaan BPJS kalian.

Saat cara menggunakan HFIS BPJS dilakukan maka kamu bisa mendapatkan informasi lengkap berupa tersedianya kamar sesuai dengan kelas, kapasitas total, jenis kelamin serta jumlah total kamar tersedia. Jadi peserta juga bisa menemukan lokasi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan secara cepat.

Akhir Kata

HFIS BPJS memang sangat penting karena mampu memberikan banyak bantuan ketika sedang ingin mencari rumah sakit rujukan. Selain itu peserta juga dapat memperoleh informasi lokasi dan kontak secara lengkap sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghubungi faskes tujuan.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *