Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Antrian Online Mobile JKN

2 min read

Cara Antrian Online Mobile JKN
Advertisements

Cara Antrian Online Mobile JKN – Pelayanan kesehatan online menjadi salah satu pilihan karena jauh lebih mudah diakses dan juga digunakan. Seperti halnya aplikasi Mobile JKN yang menawarkan kemudahan akses untuk pelayanan kesehatan secara maksimal untuk peserta BPJS. JKN adalah singkatan dari Jaminan Kesehatan Nasional dimana merupakan salah satu program dari BPJS Kesehatan.

Untuk peserta BPJS Kesehatan dapat langsung mengunduh secara gratis aplikasi Mobile JKN. Sebelumnya kami sudah membahas APA ITU BPJS PBI dimana bisa juga menggunakan fasilitas Mobile JKN. Kelebihan Mobile JKN adalah dapat digunakan untuk mengantri Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ataupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKTRL).

Pastinya antrian FKTRL BPJS ataupun FKTP akan lebih cepat dengan sistem pendaftaran online melalui smartphone kalian. Jika dulunya kita harus datang dulu dan mengantri berjam jam maka dengan Mobile JKN kalian dapat memperoleh waktu yang pasti untuk mendapatkan faskes atau fasilitas kesehatan.

Advertisements

Dengan sistem antrian online kalian dapat bebas menentukan waktu kapan berobat sehingga penanganannya akan jauh lebih cepat. Selain itu antrian online juga bisa menghindari terjadinya penumpukan pasien dan juga antrian panjang di fasilitas kesehatan.

Cara Antrian Online Mobile JKN

Jadi ketika sudah mendaftar antrian maka tinggal menunggu waktu datang ke fasilitas kesehatan kemudian bisa langsung mendapatkan pelayanan. Selain itu antrian Mobile JKN sangat mudah dilakukan cukup dengan beberapa langkah saja.

Pada aplikasi Mobile JKN juga terdapat fitur untuk memantau antrian sehingga apabila waktunya sudah dekat kalian dapat pergi ke faskes terdekat. Selain itu Mobile JKN juga memiliki cara mendaftar rujukan online BPJS apabila kalian butuhkan.

Syarat & Ketentuan

Syarat Ketentuan 1

Agar dapat menggunakan layanan antrian online pastinya kamu perlu memenuhi syarat dan ketentuan dari BPJS Kesehatan. Ketika menggunakan aplikasi pastikan juga mengetahui menu apa saja yang harus diakses, lebih jelasnya simak dibawah ini.

  • Wajib download Mobile JKN di Google Playstore ataupun Appstore kemudian melakukan registrasi menggunakan data diri.
  • Gunakan nomor pada kartu BPJS Kesehatan dan passwordnya untuk login Mobile JKN.
  • Pendaftaran wajib dilakukan maksimal 24 jam sebelum hari pemeriksaan.
  • Wajib memilih rumah sakit ataupun poliklinik kemudian poli sesuai penyakit kalian.
  • Isikan juga keluhan penyakit,
  • Ketika pendaftaran maka nomor antrian akan didapatkan dan bisa dibawa sebagai bukti di rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan tujuan.

Cara Ambil Nomor Antrian BPJS Kesehatan Online

Cara antrian online Mobile JKN sangatlah mudah, namun perlu diperhatikan untuk memasukkan semua informasi secara lengkap dan jelas untuk mempermudah prosesnya. Selain itu berikan informasi penyakit kemudian pilih poli yang diinginkan supaya lebih jelas.

1. Buka Mobile JKN kemudian masuk ke menu Pendaftaran Pelayanan.

cara ambil nomor antrian bpjs kesehatan online

2. Silahkan pilih ANTREAN FKTP untuk mendapatkan layanan kesehatan atau ANTREAN FKRTL untuk rujukan. Jika ingin cara daftar berobat online BPJS maka pilih FKTP kemudian lanjurkan dengan memilih alamat fasilitas kesehatan bisa rumah sakit, Puskesmas ataupun poliklinik terdekat.

3. Akan tampil informasi alamat dan juga nomor telepon. Lanjutkan dengan memili Poli kesehatan kemudikan mengetikkan keluhan penyakit kalian. Ketika sudah selesai tekan Daftar Pelayanan.

antrian fkrtl bpjs
Advertisements

4. Selamat antrian berhasil dibuat, kalian dapat memantau sisa antriannya pada aplikasi. Tekan Refresh untuk menyegarkan antrian maka update akan dijalankan secara realtime.

antrian mobile jkn

5. Setelah nomor antrian hampir mendekati maka datang ke faskes agar tidak terlambat.

cara daftar berobat online bpjs

6. Setelah sampai beberapa saat nomor akan dipanggil dan kalian harus menunjukkan nomor di smartphone.

cara cetak rujukan bpjs online

7. Berikutnya kalian akan diarahkan ke poli dan dokter akan melayani keluhan kesehatan kalian.

cara mendaftar rujukan online bpjs

Keuntungan Menggunakan Mobile JKN

Keuntungan Menggunakan Mobile JKN

Secara langsung Mobile JKN mampu menggantikan kartu BPJS ataupun KIS karena cukup menunjukkan tampilanmm aplikasinya maka dapat digunakan untuk verifikasi. Selain itu fitur didalam Mobile JKN juga cukup banyak dan sangat berguna untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat.

Kalian dapat memanfaatkan Mobile JKN untuk perubahan data, cek tagihan BPJS, informasi semua anggota keluarga maupun pendaftaran layanan faskes. Kalian juga dapat menemukan faskse terdekat secara cepat kemudian memilihnya untuk berobat atau mendapatkan surat rujukan.

FAQ

Apa itu antrian FKTRL BPJS?

Adalah antrian untuk mendapatkan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan

Bagaimana cara daftar berobat online BPJS?

Silahkan gunakan layanan Mobile JKN untuk melakukan pendaftaran

Bagaimana cara cetak rujukan BPJS online?

Persiapkan dokumen kemudian akses menu pendaftaran FKTRL diaplikasi Mobile JKN

Sampai saat ini Mobile JKN memang terus berkembang untuk melayani kebutuhan masyarakat secara lebih cepat dabn mudah. Fungsi dari Mobile JKN memang sangat lengkap untuk digunakan kapanpun dan dimanapun secara online. Selain itu semua peserta BPJS juga dapat menikmati kemudahan akses pendaftaran online tanpa perlu pergi ke lokasi faskes.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *