Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

13 Cara Pengkinian Data JMO Praktis Jaminan Anti Gagal 2022

Cara Pengkinian Data JMO

Cara Pengkinian Data JMO – Beberapa peserta BPJS Ketenagakerjaan pasti tidak asing dengan aplikasi bernama Jamsostek Mobile. Sekedar informasi, Jamsostek Mobile merupakan perubahan resmi dari BPJSTKU.

Jamsostek Mobile atau lebih dikenal JMO memang cukup ketat dalam mengidentifikasi para pengguna. Salah satunya melalui cara pengkinian data JMO yang notabene merupakan proses verifikasi.

Kendati sudah terdapat beberapa arahan serta penyuluhan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan, nyatanya cara pengkinian data JMO masih terasa sukar dilakukan. Tentunya masalah tersebut akan membatasi akses pengguna.

Mengingat gentingnya masalah di atas, maka pada kesempatan kali ini PakaiBPJS akan menjelaskan cara pengkinian data JMO secara rinci. Pastikan kalian tidak melewatkan satu langkah pun pada pembahasan.

Persyaratan Pengkinian Data JMO

Sebagai bagian dari prosedur, pengkinian data akan membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna. Namun syarat tersebut terbilang cukup mudah serta tidak menyulitkan peserta.

Berikut beberapa syarat pengkinian data pada Jamsostek Mobile.

  • NIK Teraktivasi Didukcapil
  • Kesesuaian Nomor KPJ
  • Nomor Handphone Aktif
  • Alamat Email Aktif
  • Data NPWP Pengguna
  • Nomor Rekening Aktif
  • Memiliki Kontak Darurat

1. NIK Teraktivasi Didukcapil

Syarat pertama pada cara pengkinian data adalah terdaftarnya NIK pengguna di kantor Didukcapil. Apabila ternyata NIK tersebut tidak terdeteksi, maka segera lakukan pengurusan di kantor masing-masing kabupaten.

2. Kesesuaian Nomor KPJ

KPJ merupakan akronim atau singkatan dari Kartu Peserta Jamsostek. Masing-masing peserta biasanya akan memiliki nomor KPJ masing-masing yang nantinya akan digunakan pada cara pengkinian data.

3. Nomor Handphone Aktif

Pada saat cara pengkinian data berlangsung, peserta akan diminta mengisikan nomor handphone aktif. Adanya pencantuman nomor tersebut ditujukan sebagai sarana berbagi informasi dari JMO.

4. Alamat Email Aktif

Sama halnya dengan nomor handphone, pelaku pengkinian data juga diharuskan mengisi alamat email aktif. Tentunya email tersebut nantinya menjadi alternatif media dalam pengiriman informasi JMO.

Baca  Tidak Bisa Pengkinian Data JMO ? Penyebab & Cara Mengatasi

5. Data NPWP Pengguna

Formulir pengkinian data nantinya akan menyediakan sebuah kolom nomor NPWP peserta. Siapkan dokumen penting terkait NPWP dan catat 16 digit angka yang tertera di dalamnya.

6. Nomor Rekening Aktif

Rekening aktif akan dibutuhkan sebagai tempat tujuan dana JHT serta jaminan lainnya apabila dilakukan penarikan. Pastikan rekening tercantum sudah digunakan bertransaksi dalam kurun waktu sesuai kebijakan bank.

7. Memiliki Kontak Darurat

Saat dilakukan cara pengkinian data, kalian harus mengisikan kontak darurat pada formulir yang tersedia. Kontak tersebut bisa diisi menggunakan milik keluarga atau orang terdekat serta terpercaya.

Cara Pengkinian Data JMO Anti Gagal

Setelah beberapa persyaratan di atas terpenuhi, maka sudah saat pengguna mengetahui cara pengkinian data sesuai prosedur. Semua langkah pada cara pengkinian JMO terbilang mudah untuk diikuti.

Berikut langkah-langkah pada cara pengkinian identitas JMO.

  • Proses Login JMO
  • Masuk Menu Pengkinian Data
  • Tahap Cek Data Kepesertaan
  • Tahap Verifikasi Peserta
  • Pengisian Data Kontak
  • Pengisian Data Kependudukan
  • Pengisian Data Tambahan
  • Tahap Konfirmasi Data

1. Proses Login sebagai Cara Pengkinian Data JMO

Langkah pertama pada cara pengkinian data adalah melakukan Login. Masukan email dan sandi terdaftar pada akun JMO yang kalian miliki. Apabila email dan sandi sudah dirasa benar, maka tap Login.

1. Proses Login sebagai Cara Pengkinian Data JMO

2. Masuk Menu Pengkinian Data

Setelah Login pengguna berhasil, kalian akan diarahkan menuju halaman utama JMO. Pada layar atau tampilan akan terlihat kumpulan menu. Silahkan lakukan tap pada menu Pengkinian Data.

2. Masuk Menu Pengkinian Data

3. Tahap Cek Data Kepesertaan

Selanjutnya, JMO akan merespon dengan mengalihkan tampilan pada halaman Data Kepesertaan. Silahkan lakukan cek data pada setiap kolom. Apabila semua data kepesertaan dirasa sudah benar, maka tap Sudah.

3. Tahap Cek Data Kepesertaan

4. Tahap Verifikasi Peserta

Berikutnya, peserta akan diminta melalukan verifikasi dengan menggunakan metode Verifikasi Biometrik atau Scan Wajah. Silahkan tap Kotak Berlogo Kamera pada bagian bawah tulisan Verifikasi Biometrik.

4. Tahap Verifikasi Peserta

Setelah itu silahkan posisikan wajah pada frame tersedia dan lakukan instruksi yang diberikan oleh pihak JMO. Apabila proses scan wajah berhasil dilakukan, maka silahkan tap Selanjutnya pada bagian bawah layar.

5. Pengisian Data Kontak

Langkah selanjutnya pada cara pengkinian data adalah mengisi data kontak peserta. Silahkan isikan Nomor Handphone, Alamat Email, dan Nomor NPWP. Apabila data tadi sudah diisi, maka lakukan Scroll ke bawah.

5. Pengisian Data Kontak

Kalian akan menjumpai kolom untuk diisi dengan Nomor Rekening Aktif yang sudah disiapkan. Silahkan isikan dan langsung saja tap Selanjutnya.

Baca  6 Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan Metode Online & Offline
5. Pengisian Data Kontak 2

6. Pengisian Data Kependudukan

Setelah data kontak terisi dengan benar, maka berikutnya adalah tahap pengisian Data Kependudukan. Silahkan isi terlebih dahulu Wilayah Domisili, Alamat sesuai Wilayah, dan Nama Ibu Kandung.

Apabila kolom sudah terisi data yang dimaksudkan, maka lakukan Scroll ke bawah.

6. Pengisian Data Kependudukan

Kemudian masih berada pada tahapan sama, kalian akan diminta memilih Status Pernikahan. Isikan juga Nama Istri, Tanggal Lahir Istri, Jumlah Anak Kandung secara akurat dan lakukan Scroll ke bawah.

6. Pengisian Data Kependudukan 2

Selanjutnya masukan Nama Anak beserta Tanggal Lahir Anak secara akurat. Setelah kolom terisi data dengan benar, maka langsung saja tap Selanjutnya.

6. Pengisian Data Kependudukan 3

7. Pengisian Data Tambahan

JMO akan mengantarkan kalian pada halaman pengisian Data Tambahan. Silahkan masukan data sesuai instruksi pada kolom dan cantumkan Kontak Darurat orang terdekat (pintakan izin terlebih dahulu).

Apabila semua kolom sudah diisi benar tanpa ada kesalahan penulisan, silahkan tap Selanjutnya.

7. Pengisian Data Tambahan

8. Tahap Konfirmasi Data sebagai Cara Pengkinian Data JMO

Pihak JMO akan kembali mengkonfirmasi kebenaran tentang data tercantum sebelumnya. Apabila informasi dirasa valid serta sesuai, silahkan langsung saja tap Konfirmasi.

8. Tahap Konfirmasi Data sebagai Cara Pengkinian Data JMO

Cara pengkinian data telah berhasil dilakukan secara lancar tanpa hambatan. Kini kalian sudah mendapatkan akses ke berbagai layanan JMO tanpa ada kendala.

Manfaat Pengkinian Data JMO Bagi Peserta

Bagi sebagian orang, melakukan pengkinian data mungkin akan sedikit menguji kesabaran. Namun dibalik proses identifikasi oleh pihak JMO tersebut, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan peserta.

Salah satunya adalah terbukanya akses klaim JHT yang sudah terkumpul dalam kurun waktu tertentu. Jadi kalian tidak perlu khawatir atau mengalami kendala ketika tiba waktunya pengambilan JHT melalui aplikasi JMO.

Call Center Resmi JMO

Apabila dijumpai kendala pada saat proses pengkinian data, maka langsung saja hubungi pihak resmi dari BPJS Ketenagakerjaan. Ceritakan semua masalah pada Customer Service agar bisa diberikan solusi terbaik.

Berikut beberapa layanan Call Center resmi dari JMO atau BPJS Ketenagakerjaan.

  • Call Center Resmi JMO: 175
  • Telepon Resmi JMO: (+6221) 50911333
  • Faximile Resmi JMO: (021) 520-2310
  • Email Resmi JMO: Care BPJSKetenagakerjaan

Akhir Kata

Melakukan berbagai tahap pada cara pengkinian data JMO ternyata cukup mudah bukan. Hanya saja terdapat sedikit tips, seperti pada saat melakukan verifikasi biometrik agar posisi wajah sesuai frame.

Lantas apa yang harus dilakukan apabila ternyata pengkinian data BPJS Ketenagakerjaan gagal terus? Tetap tenang dan sempatkan kunjungi pembahasan kami tentang Tidak Bisa Pengkinian Data.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.