Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

11 Cara Cek Kartu KIS Dari Pemerintah 2022 : Syarat & Ketentuan

Cara Cek Kartu KIS Dari Pemerintah
Advertisements

Cara Cek Kartu KIS Dari Pemerintah – Banyak orang yang tidak tahu perbedaan dari KIS dan BPJS karena kebanyakan orang menganggap keduanya sama saja dimana sama sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pada hal antara keduanya memiliki perbedaan loh. Untuk itu kalian semua wajib untuk mengetahui itu semua, sebelumnya juga sudah kami jelaskan kepada kalian semua secara jelas dan detail.

Sedangkan pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semua bagaimana cara cek kartu KIS dari pemerintah, sebab dari sekian banyak peserta belum mengetahui akan caranya seperti apa dan dimana bisa melakukan. Sebetulnya dalam melakukan pengecekan program dari pemerintah tersebut sangat mudah karena bisa dilakukan secara online, secara otomatis semua bisa mencoba kapan saja dan dimana saja.

Mengutip dari situs resminya langsung semua orang bisa cek dengan beberapa cara sudah tersedia diantaranya lewat aplikasi Mobile JKN, untuk menggunakan cara ini terlebih dahulu aktivasi Mobile JKN sesuai ketentuan berlaku. Kemudian cara kedua bisa lewat Chat Assistant JKN atau sering disebut dengan CHIKA, dengan menggunakan cara ini kalian cukup masukkan nomor peserta atau NIK saja maka akan muncul detail dari sistem.

Advertisements

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan beberapa cara cek kartu KIS dari Pemerintah maka pada kesempatan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semua mengenai syarat dan semua cara sudah disediakan oleh pihak BPJS langsung. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua sebaiknya simak artikel ini sampai selesai, bila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan dari Pakaibpjs.com mengenai cara cek kartu KIS dari Pemerintah seperti dibawah ini.

Baca  √ Kartu KIS Hilang 2022 : Syarat, Cara Mengurus Online & Offline

Syarat & Ketentuan Cek Kartu KIS Dari Pemerintah

Agar proses cek KIS dari Pemerintah dapat berjalan dengan lancar maka sangat disarankan agar lengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku, jikapun bingung dengan itu semua. Untuk mengawali pembahasan kali ini kami akan sampaikan semua syarat harus dilengkapi, agar lebih jelasnya simak langsung sebagai berikut.

  • Apabila ingin cek lewat aplikasi Mobile JKN maka pastikan sudah memiliki akun.
  • Lalu persyaratan berikutnya nomor peserta atau nomor NIK.
  • Kemudian yang terakhir pastikan perangkat HP terhubung dengan koneksi internet lancar.

Kami rasa hanya itu saja si mengenai persyaratan harus dilengkapi agar proses dapat berjalan dengan lancar. Jadi saran kami sebelum melakukan pengecekan, pastikan semua sudah dilengkapi.

Cara Cek Kartu KIS Dari Pemerintah

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni cara cek kartu KIS dari Pemerintah, disini kami anggap bahwa kalian semua sudah melengkapi semua syarat dan ketentuan. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

1. Lewat Aplikasi Mobile JKN

Cara pertama dapat dilakukan bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN, dengan aplikasi tersebut semua peserta bisa mendapatkan informasi tentang BPJS termasuk KIS dari Pemerintah. Berikut kami informasikan cara akses lewat aplikasi JKN mobile seperti dibawah ini.

  1. Langkah pertama harus dilakukan adalah buka Aplikasi Mobile JKN, namun sebelum itu pastikan terhubung dengan koneksi internet lancar.
  2. Kemudian tinggal lanjut login dengan menggunakan NIK/nomor kartu dan Password sebelumnya sudah dibuat.
  3. Lalu masukan captcha pada kolom telah disediakan sesuai dengan yang tertera pada Aplikasi.
  4. Setelah itu lanjut Klik Login.
  5. Lalu langkah berikutnya tinggal pilih menu peserta.
  6. Nantinya sistem akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS dan data identitas.
Baca  Cara Menggunakan Kartu KIS Untuk Operasi

2. Lewat CHIKA (Chat Assistant JKN)

Lanjut ke cara kedua yaitu lewat layanan CHIKA (Chat Assistant JKN), adapun terdapat beberapa pilihan seperti Facebook Mesenger, Telegram dan WhatsApp silahkan pilih salah satunya. Sedangkan untuk caranya sendiri dapat ikuti saja langkah langkahnya seperti dibawah ini.

  1. Silahkan langsung saja melalui Facebook Messenger (facebook/BPJSKesehatanRI/), Telegram (@Chika_BPJSKesehatan_bot) dan Whatsapp (08118750400).
  2. Kemudian tinggal pilih menu cek status peserta.
  3. Lalu langkah berikutnya tinggal masukkan nomor peserta/NIK.
  4. Kemudian isi format tersedia sesuai tanggal lahir kalian.
  5. Nantinya sistem akan memunculkan data yang kalian inginkan.

3. Lewat Care Center 165

Kemudian lanjut ke cara terakhir bisa kalian dengan menghubungi care center, bila menggunakan metode ini kalian bisa mendapatkan banyak informasi tidak hanya ini saja. Jika penasaran dengan caranya seperti apa dapat simak langsung sebagai berikut.

  1. Silahkan langsung saja hubungi care Center di nomor 165.
  2. Kemudian tinggal pilih jenis layanan yakni angka 1 (satu).
  3. Lalu memilih layanan status kepesertaan.
  4. Langkah berikutnya tinggal masukkan nomor peserta/NIK
  5. Lanjut ketik tanggal lahir kalian.
  6. VIKA akan menyampaikan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa caranya sendiri memang sangat mudah sekali dan menariknya lagi kalian bisa memilih beberapa cara sudah kami persiapkan seperti diatas. Namun sangat disarankan sekali agar lengkapi terlebih dahulu semua syarat dan ketentuan yang sudah dijelaskan juga seperti diatas, dengan begitu proses akan berjalan dengan mudah.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara cek kartu KIS dari Pemerintah baik itu lewat Mobile JKN, Care Center maupun lewat assistant BPJS atau disebut dengan CHIKA dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu semua peserta sedang membutuhkan informasi seperti tersebut.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.