Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Download KIS Digital

2 min read

Cara Download KIS Digital
Advertisements

Cara Download KIS Digital – BPJS Kesehatan telah mengingatkan kepada setiap peserta JKN-KIS akan pentingnya membawa kartu KIS. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu peserta memerlukan pelayanan kesehatan.

Namun, kalian sebagai peserta tidak perlu khawatir lagi, karena pemerintah sudah mengembangkan fitur yang lebih canggih. Kecanggihan fitur dari aplikasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan adalah dengan mendatangkan KIS Digital.

Karena, kebanyakan peserta mengalami kartu tertinggal, kartu rusak, ataupun hilang. Nah, dengan adanya KIS Digital ini diharapkan dapat menghidari kejadian serupa.

Advertisements

Serta, pihak BPJS Kesehatan berharap dengan adanya KIS Digital ini dapat mempermudah akses pelayanan kesehatan setiap peserta. Lalu, apakah kalian sudah memiliki KIS Digital?

Cara Download KIS Digital

Ketika diantara kalian ada yang belum memiliki KIS Digital, ataupun belum mengerti apa itu KIS Digital, maka kalian bisa simak pembahasan selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Download dan Cetak KIS Digital

Download dan Cetak KIS Digital

Nah, jika diantara kalian masih ada yang bingung atau kesulitan dalam mendownload KIS Digital, bahkan untuk mencetaknnya. Langsung saja kalian bisa simak langkah-langkahnya seperti berikut ini.

Langkah Langkah

Untuk memperoleh KIS Digital, cara yang harus kalian lakukan diantaranya adalah :

  1. Kalian pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah unduh aplikasi Mobile JKN di HP kalian.
  2. Hubungkan koneksi internet.
  3. Silahkan kalian masuk ke aplikasi Mobile JKN dan klik “Login”.
  4. Masukkan username atau e-mail dan Password kalian. (sebelumnya sudah terdaftar)
  5. Setelah itu masukkan kode captha dengan benar. Lalu klik “Login”.
  6. Nah, jika sudah masuk di halaman pertama, klik “Kartu Peserta”.
  7. Nantinya akan muncul gambar kartu KIS kalian di layar HP.
  8. Untuk mendownload dan cetak kartu, silahkan klik bagian pojok kiri paling bawah.
  9. Pemberitahuan akan muncul bertuliskan ” apakah anda ingin mengirimkan kartu E-ID ke email anda?”. klik “Ya”.
  10. Kemudian akan ada pemberitahuan kembali bertuliskan “Kartu E-ID berhasil dikirim ke alamat email”. Klik “Oke”.
  11. Silahkan cek email dan keluar dari aplikasi Mobile JKN.
  12. Selanjutnya, kalian bisa mendownload file Kartu E-ID dan nantinya akan tersimpan di galeri HP kalian.
  13. Kalian dapat mencetak Kartu E-ID tersebut dengan menggunakan mesin print.
  14. Sehingga, nantinya kalian dapat menunjukkan nomor VA yang ada di kartu tersebut untuk melakukan pelayanan kesehatan di faskes tingkat pertama atau tingkat rujukan terdaftar BPJS Kesehatan.

Itulah beberapa langkah-langkah cara download dan cetak kartu KIS Digital, untuk menggantikan kartu fisik pada saat kalian mengalami kerusakan kartu, kehilangan, ataupun lupa tidak membawa pada saat kalian membutuhkan pelayanan kesehatan secara mendadak.

Fungsi KIS Digital

Fungsi
Advertisements

Setelah mengetahui cara download dan cetak KIS Digital, pastinya kalian harus mengetahui apa fungsi dari fitur tersebut. Pastinya fungsinya masih sama dengan kartu fisik, yaitu agar peserta mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menunjukan kartu KIS tersebut.

KIS Digital berguna sebagai identitas peserta terdaftar. Jadi, peserta kini tidak perlu khawatir kehilangan kartu KIS karena di manapun dan kapanpun kartu KIS Digital yang terdapat di aplikasi Mobile JKN dapat di akses melalui smartphone.

FAQ

Kartu KIS Digital Dapat Digunakan Di Faskes Mana?

Penggunaan KIS Digital pada saat peserta terdaftar saat membutuhkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesheatan BPJS Kesehatan manapun akan didapatkan dengan mudah, hanya dengan menunjukan kartu KIS Digital melalui aplikasi Mobile JKN.

Jika Kartu KIS Rusak, Apa Yang Harus Dilakukan?

Apabila peserta mengalami kerusakan pada kartu KIS, kehilangan, ataupun teringgal dirumah, kini tidak perlu repot membuat atau mengambil kembali. Hanya saja dengan menggunakan KIS Digital yang dapat diakses dengan mudah pada aplikasi Mobile JKN, maka peserta akan mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang akan dituju.

Berapa Tarif Membuat KIS Digital?

Pembuatan KIS Digital dapat dilakukan tanpa dikenakan biaya alias gratis di HP android peserta. Asalkan peserta tersebut sudah terdaftar sebagai pengguna Mobile JKN atau aplikasi yang diluncurkan oleh pihak BPJS Kesehatan untuk mempermudah akses peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara download KIS Digital, melalui aplikasi Mobile JKN. Lengkap dengan menjelaskan fungsi dari kartu KIS Digital bagi peserta terdaftar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *