Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

12 Cara Cek Bantuan BPJS Kesehatan KIS 2022 : Syarat & Ketentuan

Cara Cek Bantuan BPJS Kesehatan KIS

Cara Cek Bantuan BPJS Kesehatan KIS – Seperti yang diketahui semua orang bahwa setiap masyarakat kurang mampu akan diberikan bantuan sosial melalui Kementrian Sosial (Kemensos), adapun beberapa bantuan tersedia yakni Bansos PBI bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan. Sebagaimana sudah dijelaskan bahwa Bantuan sosial atau Bansos PBI akan diberikan kepada setiap peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan masih aktif, tetapi semua itu dilihat dari peserta yang terbilang tidak mampu.

Karena kabar tersebut sudah terdengar oleh semua orang sangat memungkinkan setiap peserta penasaran apakah mendapatkan bantuan tersebut atau tidak, tak jarang pula beberapa peserta menanyakan bagaimana cara cek bantuan BPJS Kesehatan KIS dan dimana dapat melakukan. Jika penasaran dengan semuanya sebaiknya ketahui dan lengkapi terlebih dahulu syarat dan ketentuan, dengan melengkapi itu semua maka semua dapat berjalan dengan lancar.

Adapun cara cek bantuan BPJS Kesehatan KIS memang terdapat beberapa cara bisa dilakukan bisa dilakukan jadi silahkan tentukan saja sesuai keinginan, apabila memiliki aplikasi mobile JKN maka gunakan saja lalu bisa lewat care center serta beberapa metode lain sudah disediakan. Namun sangat disarankan sekali agar gunakan saja lewat Mobile JKN, bahkan kalian bisa ubah data BPJS Kesehatan di Mobile JKN dan sebelumnya juga sempat kami sampaikan kepada kalian semua mengenai caranya kok.

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan caranya seperti apa pada kesempatan sangat baik ini pastinya kami akan menjelaskan kepada kalian semua mengenai syarat dan ketentuan, terlebih lagi ada beberapa cara bisa dilakukan oleh kalian semua. Apabila penasaran dengan semuanya sebaiknya simak langsung ulasan sudah Pakaibpjs.com sampaikan buat semua peserta mengenai cara cek bantuan BPJS Kesehatan KIS yang telah dipersiapkan seperti dibawah ini,

Baca  √ 10 Perbedaan Jampersal dan BPJS Kesehatan Terlengkap 2022

Syarat & Ketentuan Cek Bantuan BPJS Kesehatan KIS

Sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu informasikan kepada kalian semua mengenai syarat dan ketentuan berlaku, dengan mengetahui itu semua silahkan lengkapi terlebih dahulu. Adapun persyaratan paling utama ialah nomor peserta BPJS Kesehatan KIS dan yang selanjutnya adalah nomor NIK atau nomor KTP.

Dengan melengkapi semua syarat dan ketentuan yang sudah kami sampaikan tersebut maka secara otomatis kalian lebih mudah untuk melakukan pengecekan bantuan BPJS Kesehatan KIS. Ketika semuanya sudah beres maka langkah berikutnya tinggal lakukan beberapa cara yang sudah kami sampaikan seperti dibawah ini.

Cara Cek Bantuan BPJS Kesehatan KIS

Seperti sudah kami jelaskan dari awal pembahasan bahwa setiap peserta bisa melakukan beberapa cara sudah tersedia, bila penasaran dengan semua silahkan simak langsung beberapa cara yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

1. Lewat Mobile JKN

Cara pertama yang akan kami rekomendasikan kepada kalian semua ialah lewat aplikasi Mobile JKN, dengan menggunakan metode seperti tersebut sudah bisa dipastikan lebih mudah dari beberapa cara yang tersedia. Jika penasaran dengan caranya seperti apa silahkan simak langsung ulasan seperti dibawah ini.

  1. Buka Aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu, namun sebelum itu pastikan terhubung dengan koneksi internet lancar.
  2. Lalu langkah berikutnya tinggal lanjut login akun Mobile JKN, silahkan masukkan terlebih dahulu sesuai yang di daftarkan sebelumnya.
  3. Kemudian tinggal klik menu Peserta, setelah itu sistem akan memunculkan informasi kepesertaan kalian.

2. Lewat Care Center

Kemudian ada cara lain yaitu lewat Care Center, lewat metode ini juga sangat dimudahkan dan bahkan kalian bisa mengetahui apakah mendapatkan bantuan atau tidak. Baiklah untuk mempersingkat waktu silahkan simak sebagai berikut.

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan ialah menghubungi care center BPJS Kesehatan di nomor 165, apabila sudah terhubung dengan care center silahkan langsung saja jenis layanan 1 atau pilih nomor satu.

Baca  7 Cara Mengganti Nomor HP JKN Mobile 2022 : Syarat & Ketentuan

Setelah itu tinggal lanjut ke pemilihan berikutnya dimana setiap peserta tinggal pilih layanan atau status kepesertaan, nanti pihaknya akan informasikan tentang kepesertaan ataupun bantuan.

Kemudian dilanjutkan memasukkan nomor peserta atau nomor NIK lalu lanjut tanggal lahir, jika sudah di isi semu maka sistem akan informasikan terkait informasi yang kalian inginkan.

3. Lewat CHIKA (Chat Assistant JKN)

Kemudian lanjut ke cara yang terakhir lewat CHIKA (Chat Assistant JKN), dimana layanan tersebut bisa dilakukan di beberapa akun media sosial seperti Facebook Messenger yakni Facebook BPJSKesehatanRI atau aplikasi lain seperti Telegram maupun WhatsApp, silahkan pilih saja salah satunya. Bila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung sebagai berikut.

Kemudian dilanjutkan memasukkan nomor peserta atau nomor NIK lalu lanjut tanggal lahir, jika sudah di isi semu maka sistem akan informasikan terkait informasi yang kalian inginkan. Dengan begitu kalian bisa mengetahui itu semua dengan mudah.

Namun semua itu kembali lagi ke kalian ingin menggunakan beberapa cara yang sudah dipersiapkan seperti diatas. Adapun semua cara tersedia memang sangat mudah loh, jadi tinggal tentukan saja deh.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa caranya sendiri memang sangat mudah sekali dan menariknya lagi kalian bisa memilih beberapa cara sudah kami persiapkan seperti diatas. Namun sangat disarankan sekali agar lengkapi terlebih dahulu semua syarat dan ketentuan yang sudah dijelaskan juga seperti diatas, dengan begitu proses akan berjalan dengan mudah.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara cek bantuan BPJS Kesehatan KIS baik itu lewat Mobile JKN, Care Center maupun lewat asisstant BPJS atau disebut dengan CHIKA dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu semua peserta sedang membutuhkannya.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.