Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI

3 min read

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan salah satu program jaminan kesehatan di Indonesia. Program tersebut dulunya memiliki nama asuransi kesehatan atau Askes.

Jika kalian sudah bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan, pastinya akan diwajibkan melakukan pembayaran iuran setiap bulannya. Jumlah pembayaran nantinya akan disesuaikan dengan kelas kepesertaan yang dipilih sewaktu melakukan pembayaran.

Kemudian, cara pembayaran juga sangat banyak sekali atau bervariasi. Mulai dari lewat Perbankan, ATM, Aplikasi, M-banking, Kantor BPJS Kesehatan, dan masih banyak lainnya.\

Advertisements

Cara pembayaran BPJS Kesehatan yang akan kami bahas kali ini adalah melalui ATM BRI. Dengan metode pembayaran tersebut, pastinya akan memudahkan transaksi pembayaran peserta.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI

Seperti yang sudah kami singgung di atas mengenai pembayaran iuran wajib peserta BPJS Kesehatan. Setiap peserta akan membayarkan sesuai dengan pelayanan kesehatan setiap kelasnya. Kelas kepesertaan BPJS Kesehatan yang kami maksud adalah seperti di bawah ini.

Berapa Iuran BPJS Kesehatan Setiap Kelas Kepesertaan

Besar Iuran BPJS Kesehatan Sesuai Kelas Kepesertaannya

Kelas kepesertaan BPJS Kesehatan ini memiliki tanggungan tagihan yang berbeda-beda. Karena, setiap kelas akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang sudah ditentukan oleh pihak BPJS Kesehatan. Semakin tinggi tagihan iuran, maka akan semakin baik pula pelayanan yang akan didapatkan para peserta BPJS Kesehatan tersebut.

Tagihan Peserta Kelas III

Iuran bulanan yang wajib dibayarkan peserta kelas III ini sebesar Rp 42.000. Namun, peserta kelas III hanya diwajibkan membayar Rp 25.000 perbulannya, sisa pembayaran yaitu Rp 16.500 akan dibayar oleh pihak pemerintah.

Tagihan Peserta Kelas II

Iuran pembayaran wajib peserta BPJSKesehatan kelas II yaitu sebesar Rp 100.000.

Tagihan Peserta Kelas I

Iuran bulanan yang wajib dibayarkan peserta BPJS Kesehatan yang memilih kelas III ini sebesar Rp 150.000.

Itulah daftar iuran yang wajib dibayarkan peserta BPJS Kesehatan di setiap kelasnya masing-masing. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan paling lambat dilakukan tanggal 10 setiap bulannya.

Jika pembayaran dilakukan melebihi tanggal 10, maka akan dikenakan sanksi denda sebeser 2 peserta dari total iuran dan juga kartu BPJS Kesehatan kalian akan dinonaktifkan, sehingga kalian tidka bisa menggunakannya.

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI

Prosedur Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI

Pembayaran iuran wajib BPJS Kesehatan ini dapat kalian lakukan melalui ATM. Salah satu Perbankan di Indonesia, yaitu ATM Bank Rakyat Indonesia BRI. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pembayaran di ATM BRI :

  1. Apabila kalian belum memiliki kartu ATM, maka buatlah kartu Autodebit terlebih dahulu di Bank BRI.
  2. Pembuatan kartu ATM BRI nantinya akan dilayani langsung oleh petugas Bank BRI.
  3. Jika sudah berhasil, kalian sudah bisa menggunakan kartu ATM tersebut.
  4. Caranya dengan mendatangi ATM BRI terdekat.
  5. Masukan ATM ke ATM BRI.
  6. Pilih bahasa “Indonesia”.
  7. Masukan PIN ATM, jangan sampai terlihat orang lain untuk menjaga keamanan.
  8. Pilih “Menu Lainnya”.
  9. Pilih “Pembayaran atau Pembelian”.
  10. Pilih “Pembayaran atau Pembelian Lain”.
  11. Pilih “Asuransi”.
  12. Pilih “BPJS Kesehatan”.
  13. Pilih “Keluarga”.
  14. Masukan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan kalian.
  15. Nomor pembayaran BPJS Kesehatan adalah seperti dibawah ini :
    • 88888 ditambah 11 digit nomor kartu BPJS Kesehatan untuk peserta yang tidak terlambat melakukan pembayaran.
    • 88881 ditambah 11 digit nomor kartu BPJS Kesehatan untuk peserta yang terlambat dalam melakukan pembayaran.
    • Cara memasukan nomor pembayarannya adalah buang 2 angka pertama yang terdapat di BPJS Kesehatan kalian, sehingga angka yang kalian masukan hanya 11 angka saja. Diawali dengan kode 88888 (delapan lima kali). contohnya : nomor BPJS Kesehatan peserta adalah 00023245001243, maka yang akan dimasukan ke kolom nomor pembayaran adalah 88888023245001243.
    • Seperti itulah cara pembayaran BPJS Kesehatan yang dapat kalian lakukan di ATM BRI. Semoga sukses.
  16. Cek nama dan kesesuaian data peserta.
  17. Masukan jumlah nominal yang akan dibayarkan, sesuai dengan kelas yang dipilih sewaktu pendaftaran peserta BPJS Kesehatan.
  18. Transaksi pembayaran telah selesai. Silahkan simpan bukti pembayaran berupa struk ATM BRI.

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat ATM BRI. Selanjutnya kalian bisa baca informasi mengenai manfaat penggunaan fitur autodebit BRI, untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan.

Manfaat Menggunakan Fitur Autodebit BRI untuk Bayar BPJS Kesehatan

Ternyata dengan melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui ATM BRI memiliki banyak sekali manfaat untuk penggunanya. Manfaat yang kami maksud diantaranya adalah seperti di bawah ini :

  1. Peserta tidak perlu repot untuk melakukan pembayaran di kantor BPJS Kesehatan setempat, tidak mengantre, ataupun menunggu pelayanan.
  2. Lebih mudah dan praktis, karena tidak menggunakan uang asli melainkan hanya menggunakan saldo rekening.
  3. Dapat mempersingkat waktu pembayaran.
  4. Mempermudah peserta untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.
  5. ATM BRI akan dijaga ketat oleh pihak berwenang.

Itulah beberapa manfaat penggunaan ATM BRI, untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Jadi, kalian tidak usah ragu lagi untuk melakukan transaksi di ATM BRI.

FAQ

Kapan Bayar Iuran BPJS Kesehatan?

Sebaiknya dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Karena, jika melebihi tanggal tersebut peserta akan dikenakan sanksi berupa denda 2 persen di setiap pelayanan kesehatan peserta tersebut.

Bisakah Melakukakan Pembayaran BPJS Kesehatan di ATM BRI?

Tentu saja bisa. Karena, pihak BPJS Kesehatan sudah bekerjasama dengan banyak pihak perbankan di Indonesia.

Apa Manfaat Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI?

Dapat memudahkan peserta untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Peserta tidak perlu mengantre atau menunggu pelayanan pihak BPJS Kesehatan. Hanya saja dengan memasukan nomor rekening dan juga melakukan prosedur trasfer uang ke pihak BPJS Kesehatan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BRI. Lengkap dengan manfaat bagi peserta BPJS Kesehatan melakukan pembayaran di fitur autodebit BRI tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam melakukan pembayaran iuran wajib BPJS Kesehatan di ATM BRI. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *