Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

12 Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Cash Semua Metode Terlengkap

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Cash

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Cash – Seperti kita ketahui bahwa ketika kita sudah menjadi peserta BPJS, maka di setiap bulannya kita tentu harus rutin membayar iuran BPJS sesuai dengan kelas yang dipilih pada saat melakukan pendaftaran. Nah pembayaran iuran BPJS ini bisa dilakukan melalui banyak metode, seperti transfer bank, Alfamart, Indomaret, Kantor Pos, maupun aplikasi seperti Mobile Cash.

Nah di pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara bayar BPJS lewat Mobile Cash. Mobile Cash sendiri merupakan rekening bayar iuran BPJS Kesehatan yang dikembangkan oleh PT Finnet Indonesia. Menariknya, baik para pengguna smartphone maupun yang tidak memiliki smartphone, mereka masih tetap bisa membayarkan iuran BPJS melalui layanan satu ini.

Kemudian untuk bisa menggunakan Mobile Cash, kalian juga harus melakukan registrasi terlebih dahulu di Mobile Cash. Mengenai pembahasan cara bayar BPJS lewat Mobile Cash, disini kami akan memberikan tutorial lengkap seperti apa caranya serta syarat apa saja yang diperlukan dalam proses ini.

Mengenai syarat, disini kalian tentunya harus sudah mendaftar Mobile Cash terlebih dahulu. Kemudian pastikan kembali saldo Mobile Cash tersedia. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak tutorial lengkap cara bayar BPJS lewat Mobile Cash berikut ini.

Syarat Bayar BPJS Lewat Mobile Cash

Poin pertama disini kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai syarat apa saja yang diperlukan ketika melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat Mobile Cash. Nah untuk syarat pertama tentunya kalian sudah memiliki Mobile Cash terlebih dahulu. Adapun mengenai cara registrasi dan aktivasinya, kalian bisa simak tutorial berikut ini.

1. Registrasi Mobile Cash

  • Unduh aplikasi Mobile Cash di Play Store melalui HP/Smartphone kalian.
  • Setelah itu, buka mobile cash tersebut, dan pilih menu Daftar.
  • Masukkan/input data pelanggan sesuai data ID pelanggan.
  • Kemudian foto selfie wajah dan ID pelanggan, dan klik Submit.
  • Nantinya kalian akan mendapat validasi, nantinya validasi tersebut akan berlangsung selama kurang lebih 1 x 24 jam.
  • Jika sudah, kalian sudah bisa melakukan login dan menikmati fitur layanan yang di berikan.
Baca  12 Cara Daftar Pegawai BPJS Kesehatan 2022 : Syarat & Besaran Gaji

2. Top Up Mobile Cash

  • Masuk ke Mobile Cash terlebih dahulu.
  • Lalu kemudian pilih saja menu Top Up.
  • Kemudian gunakan kode bayar untuk memberikan sebuah informasinya.
  • Berikutnya masukkan nominal top up.
  • Jika berhasil, akan muncul SMS pemberitahuan informasi mengenai kode bayar.
  • Kalian bisa menggunakan kode bayar tersebut untuk membayarkan di Alfamart, Indomaret, jejaring Apotek Sana Farma, kantor pos dan lain-lainnya.

Jika kalian sudah selesai melakukan registrasi dan juga top up saldo di Mobile Cash tersebut, sekarang kalian sudah bisa menggunakan layanan tersebut untuk bayar BPJS. Jangan lupa juga untuk menyiapkan nomor BPJS kalian. Selain itu kami rasa tidak ada syarat lain yang diperlukan, jadi sekarang kalian sudah bisa melakukan pembayaran segera.

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Cash

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai syarat apa saja yang diperlukan untuk bayar BPJS lewat Mobile Cash, berikutnya kita masuk ke tutorial cara membayar BPJS lewat Mobile Cash. Ada beberapa langkah disini yang bisa kalian ikuti untuk membayar iuran BPJS kalian, lebih jelasnya simak berikut ini.

  • Langkah pertama kalian hanya perlu login ke aplikasi Mobile Cash.
  • Kemudian lanjutkan dengan masukkan nomor HP dan PIN-nya.
  • Lalu pilih menu BPJS di halaman utama.
  • Lanjut dengan mengikuti sebuah petunjuk berikutnya seperti memasukkan nomor keikutsertaan BPJS Kesehatan kalian dan lain-lainnya.
  • Nantinya kalian akan mendapatkan sebuah konfirmasi sukses dalam bertransaksi, jika semua yang dimasukkan benar.
  • Transaksi pembayaran BPJS lewat aplikasi Mobile Cash telah berhasil.

Jika kalian sudah melakukan pembayaran melalui Mobile Cash, disini kalian juga bisa mengecek pembayaran transaksi di histori transaksi. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama masuk dan login ke aplikasi Mobile Cash.
  • Kemudian pilih menu Histori Transaksi.
  • Lanjut pilih tanggal transaksi.
  • Setelah itu akan muncul informasi terkait pembayaran, dan data tersebut bisa di Download.
Baca  Kode Kecamatan BPJS Kesehatan 2022 (PDF & Bisa di Print)

Khusus bagi kalian yang mungkin belum memiliki smartphone, cara bayar BPJS lewat Mobile Cash juga bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja disini proses registrasi dilakukan melalui kode USSD *141999#. Disamping itu, kalian juga bisa melakukan registrasi di beberapa mitra Payment Point Online Banking (PPOB). Setelah terdaftar, kalian bisa melakukan pembayaran melalui akses dial 141999# tersebut. Pastikan juga bahwa saldo di Mobile Cash kalian tersedia dan mencukupi untuk melakukan pembayaran iuran.

Penting diketahui bahwa disini Finnet bersama BPJS Kesehatan memberikan solusi mudah kepada masyarakat yang ingin melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan smartphone dan jaringan internet. Dengan Mobile Cash, semua peserta bisa melakukan pembayaran dengan sangat mudah.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai cara membayar BPJS lewat Mobile Cash. Disini kalian bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi Mobile Cash atau bisa juga melalui layanan dial akses di *141999#. Namun pastikan dulu bahwa saldo di Mobile Cash tersedia dan mencukupi untuk membayar iuran BPJS kalian. Proses pengisian saldo juga bisa dilakukan dengan mudah melalui Alfamart, Indomaret, jejaring Apotek Sana Farma dan juga kantor pos.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai syarat dan cara bayar BPJS lewat Mobile Cash. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat pakaibpjs.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.