Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

12 Cara Bayar BPJS Lewat BRILink : Mobile dan Agen

Cara Bayar BPJS Lewat BRILink

Cara Bayar BPJS Lewat BRILink – Saat ini pembayaran iuran BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan memang bisa dilakukan dengan mudah. Ada banyak metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan, seperti via transfer ATM, M Banking, Internet Banking, dompet digital maupun agen seperti BRILink. Nah pada pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi terkait cara bayar BPJS lewat BRILink, baik agen maupun BRILink Mobile. Pembayaran iuran BPJS melalui agen BRILink saat ini bisa dilakukan bagi kalian yang mungkin bertempat tinggal jauh dari kota.

Mengingat BRILink sendiri memang kerap hadir di pelosok-pelosok daerah guna memberikan kemudahan bagi masyarakat setempat yang jauh dari perkotaan. Nah, untuk bayar iuran BPJS lewat BRILink, mungkin ada sebagian dari kalian yang sudah mengetahuinya caranya, dan ada pula yang tidak mengetahui seperti apa caranya. Bagi kalian yang belum mengetahui caranya, kalian tidak perlu khawatir karena disini kami akan memberikan penjelasan lengkap mulai dari syarat apa saja yang diperlukan sampai tutorial bayar BPJS lewat BRILink, baik melalui Mobile BRILink ataupun agen BRILink.

Seperti diketahui bahwasanya agen BRILink memang kerap digunakan oleh sebagian besar masyarakat pedesaan untuk menabung, membayar cicilan, pembelian pulsa, token listrik dan lain sebagainya seperti BPJS. Keperluan membayar iuran BPJS memang sudah wajib dilakukan oleh mereka yang sudah terdaftar menjadi peserta program BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan. Besaran iuran yang dibayarkannya pun berbeda-beda tergantung kelasnya. Untuk memudahkan masyarakat pedesaan, BPJS juga menghadirkan metode pembayaran BPJS lewat agen BRILink dan BRILink Mobile.

Lalu untuk perihal persyaratan, disini kalian tidak memerlukan syarat apapun. Kalian hanya perlu mencatat nomor peserta BPJS yang akan dibayarkan dan juga uang tunai yang cukup sesuai dengan besaran iuran per bulannya. Dan jika kalian memilih menggunakan aplikasi BRILink Mobile, pastikan juga koneksi internet yang digunakan stabil dan juga pastikan kembali saldo BRILink Mobile tersedia. Baiklah daripada penasaran seperti apa cara bayar BPJS lewat BRILink, berikut ini bisa langsung kalian simak pembahasan lengkapnya.

Cara Bayar BPJS Lewat BRILink

Syarat Bayar BPJS Lewat BRILink

Pada pembahasan awal, disini kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai syarat apa saja yang diperlukan ketika akan membayar iuran BPJS di BRILink, baik agen maupun aplikasi. Syarat memang terkadang menjadi informasi yang paling banyak dicari oleh mereka yang baru pernah melakukan pembayaran via BRILink. Seperti sudah kami sebutkan diatas juga bahwa untuk bayar BPJS lewat agen BRILink, kalian hanya perlu menyiapkan uang tunai dan juga nomor peserta BPJS yang akan dibayarkan.

Baca  10 Cara Cicil Tunggakan BPJS Kesehatan Lewat Mobile JKN & Daftar

Selain kedua syarat tersebut, kami rasa tidak ada syarat lain lagi yang diperlukan. Sedangkan jika kalian memilih membayar menggunakan layanan aplikasi BRILink Mobile, kalian hanya perlu memastikan bahwa saldo BRILink Mobile tersedia dan juga koneksi internet yang digunakan juga stabil, mengingat aplikasi saat ini hanya bisa digunakan ketika terkoneksi dengan jaringan internet.

Cara Bayar BPJS Lewat BRILink

Untuk cara bayar BPJS lewat BRILink ini bisa dilakukan melalui 2 metode, pertama yakni agen dan kedua aplikasi Mobile BRILink. Adapun langkah-langkah pembayaran iuran BPJS lewat BRILink adalah sebagai berikut.

1. Agen BRILink

  • Pada mesin EDC kalian bisa pilih MINI ATM
  • Kemudian pilih menu MULTIPAYMENT
  • Lalu pilih PEMBAYARAN
  • Berikutnya masukkan kode pembayaran BPJS. Kode pembayaran BPJS kesehatan adalah:
    • 88888 + 11 digit nomor kartu BPJS untuk iuran yang tidak terlambat
    • 88881 + 11 digit nomor kartu BPJS untuk bayar denda keterlambatan pembayaran.
    • Untuk cara memasukkan nomor pembayaran: kalian buang 2 angka pertama nomor BPJS yang tertera di kartu BPJS, sehingga yang dimasukkan hanya 11 angka saja dan diawali dengan kode 88888. Contoh nomor peserta BPJS di kartu BPJS adalah 0002424001234, maka yang dimasukkan ke kolom nomor pembayaran adalah 8888802424001234.
  • Berikutnya tekan ENTER dan masukkan PIN kartu ATM
  • KONFIRMASI informasi yang tertera di layar jika sudah sesuai
  • Terakhir tekan OK dan struk keluar dan bisa kalian simpan

2. BRILink Mobile

  • Pertama kalian bisa login ke aplikasi BRILink Mobile
  • Kemudian di halaman utama pilih menu BPJS Kesehatan
  • Berikutnya masukkan kode pembayaran BPJS, Kode pembayaran BPJS kesehatan adalah:
    • 88888 + 11 digit nomor kartu BPJS untuk iuran yang tidak terlambat
    • 88881 + 11 digit nomor kartu BPJS untuk keterlambatan pembayaran.
    • Untuk cara memasukkan nomor pembayaran: kalian buang 2 angka pertama nomor BPJS yang tertera di kartu BPJS, sehingga yang dimasukkan hanya 11 angka saja dan diawali dengan kode 88888. Contoh nomor peserta BPJS di kartu BPJS adalah 0002424001234, maka yang dimasukkan ke kolom nomor pembayaran adalah 8888802424001234
  • Terakhir masukkan password BRILink Mobile
  • Lalu cetak struk pembayaran dan berikan kepada nasabah
Baca  9 Cara Daftar Autodebet BPJS BRI Online: Syarat & Keuntungan

Biaya Admin

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai syarat dan cara bayar BPJS lewat BRILink, berikutnya kita akan menginformasikan kepada kalian semua terkait biaya admin yang dibebankan. Untuk pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan di BRILink, kalian hanya akan dikenai biaya admin yang cukup ringan, yakni hanya Rp 2.500 saja. Biaya tersebut juga tidak berbeda dengan pembayaran tagihan lainnya.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan yang kami sampaikan diatas, disini bisa disimpulkan bahwa cara bayar BPJS lewat BRILink ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dimana kalian bisa memilih metode melalui agen atau BRILink Mobile. Keduanya mudah dilakukan dan prosesnya pun cukup cepat. Hanya saja disini kalian akan dikenai biaya admin sebesar Rp 2.500.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai syarat dan cara bayar BPJS lewat BRILink. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa pakaibpjs.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian yang membutuhkan informasi terkait tutorial pembayaran iuran BPJS di BRILink.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.