Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SMS Banking Mandiri

2 min read

Cara Bayar BPJS Lewat SMS Banking Mandiri
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SMS Banking Mandiri – BPJS merupakan salah satu asuransi kesehatan yang diwajibkan untuk dimiliki setiap warga negara Indonesia. Pemerintah telah menawarkan tiga macam pelayanan kesehatan, yang menjawab semua yang dibutuhkan kesehatan kita.

Layanan terbagi menjadi tiga dan sering disebut sebagai kelas, memiliki perbedaan tarif pula disetiap kelasnya. Setiap bulan peserta diwajibkan untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan, sesuai kelas yang dipilih waktu pendaftara.

Biasanya pembayaran tagihan akan dilakukan setiap peserta pada hari sebelum tanggal 10. Jika kalian membayarkan tagihan dan melebihi tanggal yang ditentukan maka akan mendapatkan sanksi.

Advertisements

Sanksi yang diberikan ini adalah berupa potongan biaya pelayanan fakses sekitar 2 persen setiap kelas yang dipilih. Untuk menghindari terjadinya penunggakan, maka pemerintah meningkatkan layanan pembayaran.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SMS Banking Mandiri

Layanan pembayaran atau transaksi untuk memenuhi iuran rutin peserta BPJS ini, pemerintah telah melakukan banyak kerjasama dengan beberapa perbankan. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan transaksi pembayaran iuran wajib peserta BPJS Kesehatan.

Salah satu bank yang sudah menyediakan layanan pembayaran BPJS Kesehatan adalah Bank Mandiri. Terdapat cara pembayaran yaitu melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking, dan juga Internet Banking. Kali ini kalian akan mendapatkan informasi mengenai cara bayar iuran melalui SMS Banking Mandiri. Kalian bisa simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Cara Bayar BPJS Lewat SMS Banking Mandiri

Cara Bayar BPJS Lewat SMS Banking Mandiri.jpg

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu, sebelum menggunakan layanan SMS Banking Mandiri. Kalian bisa cek terlebih dahulu apakah nomor HP yang kalian gunakan sudah terdaftar ke dalam layanan fitur SMS Banking Mandiri.

Setelah kartu kalian sudah aktif dan terdaftar di layanan tersebut, maa kalian sudah dapat menggunakan layanan SMS Banking untuk membayar tagihan BPJS. Cara menggunakan layanan ini juga termasuk salah satu sarana yang paling mudah untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.

Alat Untuk SMS Banking Mandiri

Alat Untuk SMS Banking Mandiri.jpg
  • Nomor Handphone yang telah terdaftar SMS Banking Mandiri, sesuai rekening yang digunakan.
  • Gunakan handphone yang bisa dipakai untuk melakukan SMS.

Siapkan Data Untuk Membayar Bpjs Lewat SMS Banking Mandiri

Sms Banking Mandiri
Advertisements
  • Nomor virtual account Bank Mandiri untuk membayarkan tagihan BPJS Kesehatan.
  • Sedikit informasi, Kode asuransi BPJS Kesehatn adalah 13 pada sms banking mandiri.

Prosedur Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan Lewat SMS Banking Mandiri

kode SMS Mandiri Banking.jpg
  1. Ketik tombol *141*6# pada handphone kalian.
  2. Pilih 4, untuk membayar.
  3. pilih 7, untuk asuransi.
  4. pilih 99 untuk melihat semua daftar kode selanjutnya.
  5. MVA = Kalian bisa memasukan nomor rekening Mandiri virtual account BPJS Kesehatan.
  6. Lihatlah pada layar tampilan, apakah ada nama dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh peserta. (Tagihan langsung dikalikan dengan jumlah anggota keluarga)
  7. Tekan 1 untuk menjawab “IYA”.
  8. Kalian bisa memasukan kode PIN rahasia SMS Banking Mandiri.
  9. Jika sudah, biarkan hingga petugas layanan menjawab SMS kita.
  10. Setelah itu, Kalian akan mendapatklan SMS notifikasi apabila transaksi telah berhasil.

Catatan :

Beberapa kendala jika muncul pesan error ketika kalian menggunakan SMS Banking, beberapa diantaranya adalah :

  1. Pembayaran Iuran BPJS tidak muncul atau error karena ada kemungkinan tagihan BPJS Kesehatan sudah dibayarkan.
  2. SMS Banking Mandiri error, ada kemungkinan PIN yang dimasukan ke dalam pesan SMS salah.
  3. Jika kalian mengalami kesalahan memasukan PIN selama 3 kali, maka Bank akan secara otomatis akan Non-aktifkan SMS Banking kalian, dan harus kembali mengaktifkan dengan mendatangi Bank Mandiri tersebut.

FAQ

Bisakah Daftar SMS Booking Lewat HP?

Daftarkan nomor Hp yang masih aktif kalian, dan gunakan untuk keperluan SMS Banking Mandiri Terdekat. Dengan masuk pada menu utama lalu kalian pilih menu transaksi lain, kemudian pilihkah menu registrasi dan masuk ke SMS Banking dengan menyertakan nomor HP aktif yang kalian gunakan.

Bagaimana Cara Cek Saldo Mandiri Lewat SMS?

Cara agar kalian mengetahui Saldo pada rekening mandiri itu sangat mudah dan cepat. Silahkan kalian mengetik SAL (Spasi) Indeks Rekening (Spasi) 4 digit Nomor Rekening terakhir ke Nomor 3355. Dan PIN yyang digunakan di sini adalah sama dengan di pakai saat bertransaksi melalui ATM.

Kode OTP Untuk Apa?

Kode OTP merupakan kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang terdiri dari 6 digit angka. Biasanya, OTP akan dikirimkan melalui SMS atau E-mail dan hanya berlaku untuk waktu yang sangat pendek, biasanya hanya sekitar 2 menit saja.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat SMS Banking Mandiri. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu peserta BPJS Kesehatan dalam membayarkan tagihas perbulannya. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *