Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BNI

2 min read

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BNI
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BNI – BPJS Kesehatan adalah salah satu program jaminan kesehatan yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia. Asuransi kesehatan ini berguna untuk memberikan perlindungan kesehatan dan menyediakan pelayanan kesehatan yang dapat dijangkau oleh seluruh rakyat.

Terdapat pelayanan kelas kepesertaan yang dapat dibagi menjadi 3 yaitu layanan kelas I, II, III. Setiap kelas memiliki peayanan atau fasilitas kesehatan yang sudah di atur oleh pihak BPJS Kesehatan.

Begitupun dengan tagihan atau iuran wajib bagi seluruh peserta, pastinya akan berbeda-beda tergantung dari kelas yang peserta pilih waktu pendaftaran dilakukan. Setiap peserta diwajibkan untuk membayar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih.

Advertisements

Pembayaran iuran diwajibkan untuk dilakukan setiap bulan yaitu pada hari sebelum tanggal 10. Jika peserta melakukan pembayaran melewati batas waktu yang sudah ditentukan, maka peserta akan mendapatkan sanksi ataupun denda.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BNI

Denda ataupun sanksi yang harus dibayarkan oleh peserta ini adalah sekitar 2 persen dari pelayanan fasilitas kesehatan ketika peserta mengalami sakit dan masih menggunakan pelayanan BPJS. Pastinya akan memakan banyak sekali biaya, ketika kalian berobat dan tidak menggunakan kartu jaminan kesehatan atau BPJS Kesehatan tersebut.

Kalian bisa membayarkan iuran wajib BPJS Kesehatan setiap bulannya, dan dapat dilakukan degan mudah yaitu melalui pelayanan pembayaran non tunai. Seperti halnya dengan melakukan transaksi di mesin ATM ataupun fitur perbankan.

Pembayaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui ATM yaitu Automatic Taller Machine yang tersebar luas di lingkungan rumah kita. Bahkan, mesin ATM dapat melayani aktivitas masyarakat selama 24 jam. Sehingga, mejadikan hal tersebut sebagai langkah mudah untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan.

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BNI 1

Cara pembayaran ini juga bisa dibilang baru dan tidak banyak orang mengetahui langkah-langkah untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Sehingga, bagi peserta yang bagu menggunakan fasilitas ini akan merasa kesulitasn ketika akan melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui ATM BNI.

Cara Bayar via ATM BNI

Cara Bayar via ATM BNI

Nah, bagi kalian para peserta BPJS Kesehatan yang memiliki rekening BNI, berikut ini akan kami jelaskan bagimana cara menggunakan ATM untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Silahan kalian bisa ikuti langkah-langkah seperi beikut ini.

  1. Sebelum klaian melakukan pembayaran pastikan terlebih dahulu bahwa rekening kalian memiliki saldo yang cukup. Guna untuk membayarkan tagihan BPJS Kesehatan.
  2. Masukan kartu ATM ke mesin ATM BNI dan kalian bisa pilih bahasa Indonesia.
  3. Masukan PIN ATM kalian, “jangan sampai salah“.
  4. Kemudian, Kalian bisa pilih menu “JKN atau BPJS Kesehatan“.
  5. Masukan kode di bagian depan “88888 (delapan lima kali) yang merupakan kode Bank BNI untuk melakukan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan. Lanjutkan dengan 11 digit nomor virtual accout yang ada pada kartu BPJS kalian. “Pastikan kembali nomor diketik dengan benar“.
  6. Masukan pula jumlah bulan yang akan kalian bayarkan.
  7. Pada tampilan selanjutkan akan ada jenis rekening yang akan kalian gunakan untuk melakukan pembayaran. Silahkan pilih salah satu diantaranya rekening Bank yang kalian miliki.
  8. Setelah kalian memilih jenis rekening, maka akan ada pemberitahuan pada layar mesin ATM, bahwa proses pembayaran telah berhasil.

Itulah tahapan cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BNI, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu peserta dalam melakukan kewajiban bayar iuran setiap bulanya. Pemerintah mengharapkan dengan adanya fasilitas tersebut dapat memudahkan peserta dalam melakukan transaksi seperti melakukan pembayaran pelayanan program kesehatan tersebut.

FAQ

Apakah Lebih Mudah Bayar BPJS Lewat ATM BNI?

Fasilitas yang diberikan pemerintah pastinya mengharapkan agar penggunanya merasa puas dan merasa terbantu. Pastinya proses pembayaran akan berjalan dengan cepat, mudah, dan aman.

Apa Itu Kartu Debit BNI?

Kartu Debit BNI merupakan kartu yang sudah banyak digunakan sebagai fasilitas untuk memudahkan transaksi tunat ataupun non tunai bagi pemilik rekening. Kartu tersebut dapat digunakan di seluruh jaringan mesin EDC dan mesin ATM manapun di seluruh bagian Indonesia.

Apa Yang Dimaksud Dengan USER ID?

USER ID atau sering disebut User Name merupakan tanda pengenal untuk masuk atau mengakses internet. Apaila kita sudah mendaftarkan diri ke pihak ISP, maka secara otomatis kita akan diberikan User ID dan password yang nantinya dapat digunakan pada saat atau akan mengakses Internet.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BNI. Lengkap dengan prosedur atau tahapan pembayaran melalui mesin ATM BNI. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *