Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri

2 min read

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri – BPJS Kesehatan adalah salah satu jaminan kesehatan yang sudah tak asing lagi bagi kita. Setiap warga negara yang baik pastinya memiliki kartu BPJS Kesehatan.

Karena, pemerinah telah mengeluarkan anjuran kepada rakyatnya untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat dan menginginkan agar rakyat memiliki kualitas kesehatan yang baik.

Setiap warga yang sudah bergabung dan menjadi peserta BPJS Kesehatan, pastinya diharuskan untuk membayar iuran wajib setiap bulannya. Tagihan iuran yang harus dibayarkan yaitu sesuai dengan apa yang ada pada kelas terpilih.

Advertisements

Selain untuk membayarkan sesuai kelas yang dipilih peserta, pembayaran juga diwajibkan untuk dilakukan pada sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Jika melebihi batas waktu pembayaran, maka yang akan diberikan kepada peserta adalah sebuah sanksi atau denda.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri

Sanksi yang kami maksud adalah potongan sebesar 2 persen dari pelayanan fasilitas kesehatan yang diberikan dari pihak BPJS Kesehatan. Seperti halnya pada saat peserta membutuhkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, maka yang akan dibayarkan pemerintah atau pihak BPJS Kesehatan hanya sebesar 2 persen saja.

Kemudain, sisa pembayaran pelayanan kesehatan akan dibayarkan oleh peserta yang memiliki keterlambatan dalam membayarkan iuran wajib setiap bulannya. Padahal pemerintah sudah mengeluarkan berbagai cara untuk mengurangi peserta yang mengalami keterlambatan pembayaran iuran wajib setiap bulannya.

Seperti jenis pembayaran yang dapat dilakukan melalui ATM, dan pihak BPJS Kesehatan kini sudah bekerja sama dengan berbagai jenis perbankan, salah satunya adalah bank Mandiri. Nah, jika kalian ingin menggunakan ATM Mandiri untuk membayarkan iuran wajib BPJS Kesehatan, maka kalian diharuskan untuk melengkapi persyaratan seperti berikut ini.

Kemudian, kalian bisa simak cara pembayaran dengan ATM Mandiri, setelah kalian membaca syarat dan ketentuan menggunakan kartu debit atau ATM Mandiri.

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Adapun syarat dan ketentuan pada saat kalian ingin menggunakan cara ini. Karena, kebanyakan transaksi yang dilakukan di ATM menggunakan fitur non-tunai, walaupun ada yang menggunakan fitur tunai. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan sebelum kalian menggunakan kartu ATM Mandiri.

Kartu ATM Mandiri

Syarat pertama yang harus kalian miliki adalah sebuah kartu debit, kalian bisa mendapatkan kartu tersebut di kantor Bank Mandiri terdekat. Buatlah kartu ATM Mandiri untuk memudahkan kalian dalam bertransaksi pembayaran maupun penerimaan uang dalam bentuk saldo. Di-era sekarang saat ini, pembayaran ataupun penerimaan uang dengan mesin ATM pastinya akan sangat memudahkan bagi penggunanya.

Mesin ATM Mandiri

Selain kalian membutuhkan kartu ATM, transaksi juga membutuhkan mesin ATM. Sehingga, jika kalian ingin menggunakan kartu ATM, maka kalian harus mecari terlebih dahulu mesin ATM yang sesuai dengan jenis ATM kalian. Karena, setiap jenis perbankan memiliki mesin ATMnya sendiri-sendiri.

Itulah beberapa syarat dan ketentuan, sebelum kalian memutuskan untuk bertransaksi menggunakan kartu ATM. Selanjutnya, kalian bisa simak baik-baik ulasan mengenai langkah-langkah pembayaran iuran BPJS Kesehatan, yang dilakukan lewat ATM Mandiri seperti di bawah ini.

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri

Jika kalian sudah mendapatkan kelengkapan syarat dan ketentuan yang diperlukan. Maka, kalian langsung saja simak cara pembayaran dengan langkah-langkah seperti berikut ini.

Langkah-Langkah

  1. Pertama-tama kalian bisa langsung cari mesin ATM Mandiri terdekat.
  2. Setelah itu, masuk kedalam ruang ATM dan masukan kartu ATM ke dalam mesin.
  3. Pilih bahasa “Indonesia”.
  4. Silahkan “masukan PIN ATM Mandiri” kalian dengan benar. (jangan sampai salah).
  5. Kalian dapat langsung masuk ke menu pembayaran BPJS. Carilah “Bayar/Beli” lalu pilih menu “Lainnya”.
  6. Kalian bisa memilih menu “Individu”.
  7. Setelah itu, kalian bisa langsung memasukan kode 89888 dan digabungkan dengan 11 digit nomor Virtual Account yang ada pada kartu BPJS Kesehatan kalian, lalu pilih “Benar”.
  8. Masukan jumlah tagihan BPJS kalian, lalu pilih “Benar”.
  9. Setelah itu, nantinya akan ada pemberitahuan pada layar mesin ATM yang menerangkan bahwa transaksi pembayaran sudah berhasil.
  10. Pastikan mesin ATM mengeluarkan sturk pembayaran, dan simpanlah sebagai tanda bukti transaksi sudah berhasil.
  11. Jangan lupa untuk mengambil kembali kartu debit kalian dari mesin ATM, setelah kalian selesai melakukan transaksi pembayaran.

Itulah beberapa langkah-langkah untuk memudahkan kalian dalam membayar iuran wajib BPJS Kesehatan melalui ATM Mandiri. Dengan melakukan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan menggunakan ATM Mandiri pastinya akan sangat memudahkan kalian bukan? ATM Mandiri adalah salah satu fitur perbankan yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan ataupun Ketenagakerjaan.

FAQ

Apakah Setelah Pembayaran BPJS Kesehatan Status Kepesertaan Langsung Diaktifkan?

Jadi setelah kalian bayar, maka akan secara otomatis status kepesertaan BPJS Kesehatan kalian akan diaktifkan kembali.

Apa Manfaat Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri?

Peserta yang memiki ATM Mandiri pastinya akan merasa lebih mudah untuk membayarkan tagihan BPJS Kesehatan setiap bulannya. Karena, peserta tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor BPJS dan menunggu pelayanan atau harus antre untuk mendapatan pelayanan dari petugas di kantor BPJS Kesehatan.

JIka Uang di Mesin ATM Habis, Apakah Mesin Masih Bisa Digunakan Bertransaksi?

Masih, namun dengan catatan untuk segala transaksi-transaksi non tunai.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM Mandiri. Lengkap dengan menyebutkan syarat dan ketentuan sebelum kalian menggunakan kartu debit atau ATM Mandiri, untuk melakukan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *