Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Syarat BPJS Kesehatan Anak

2 min read

Syarat BPJS Kesehatan Anak
Advertisements

Syarat BPJS Kesehatan Anak – Pemerintahan negara Indonesia sudah mewajibkan setiap masyarakat atau warganya untuk bergabung mejadi peserta BPJS Kesehatan. Bahkan saat ini anak-anak juga sudah diwajibkan untuk mendaftar menjadi peserta program jaminan kesehatan tersebut.

Kemudian, bayi yang baru lahir juga sudah diwajibkan untuk didaftarkan langsung menjadi peserta BPJS Kesehatan. Nah, untuk orang tua yang belum mendaftarkan anak-anaknya menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka segeralah daftarkan di kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Karena, jika anak-anak sudah didaftarkan dan sudah tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka akan mendapatkan jaminan kesehatan oleh pihak BPJS Kesehatan. Pelayanan kesehatan akan diberikan dengan baik oleh pihak jaminan kesehatan terkait kepada setiap anggota peserta BPJS Kesehatan.

Advertisements

Secara umum, program BPJS Kesehatan tersebut akan menanggung biaya pengobatan yang dialami setiap pesertanya. Dengan alasan, peserta tersebut masih memiliki status kepesertaan yang masih aktif.

Syarat BPJS Kesehatan Anak

Namun, jika kalian sebagai orang tua dan ingin mendaftarkan anak kalian menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka silahkan kalian siapkan persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan. Kemudian kalian bisa lanjutkan untuk mendaftarkannya. Silahkan kalian simak baik-baik ulasan berikut ini.

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Anak

Syarat dan Cara Daftar

Seperti yang sudah kami singgung diatas mengenai cara mendaftarkan akan kalian untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan memerlukan beberapa syuarat atau berkas dokumen. Untuk menjadi bukti bahwa anak tersebut merupakan warga negara Indonesia yang diharuskan untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Persyaratan Daftar BPJS Kesehatan Anak

Syarat Daftar BPJS Kesehatan Anak

Sebelum para orang tua mendaftarkan anaknya untuk menjadi peserta BPJS, siapkan terlebih dahulu persyaratan sebagai berikut.

  1. Kartu Keluarga atau KK asli.
  2. Kartu JKN-KIS ibu kandung.
  3. Surat keterangan kelahiran dari puskesmas ataupun faskes tempat melahirkan lainnya. (Jika untuk bayi baru lahir).
  4. Siapkan pula akte kelahiran bagi anak-anak.

Itulah beberapa persyaratan yang dapat orang tua siapkan sebelum melakukan pendaftaran anaknya untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Selanjutnya, mari kita simak bagaimana langkah-langkah ataupun tata cara pendaftaran anak-anak untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Langkah Pendaftaran BPJS Kesehatan Anak

Langkah Pendaftaran
Advertisements

Jika semua berkas persyaratan sudah berhasil dikumpulkan, maka silahkan kalian bisa ikuti langkah-langkah atau tata CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN anak lewat kantor cabang terdekat.

  1. Silahkan kalian bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.
  2. Ambil nomor antrian dan isi Formulir Daftar Isian Peserta atau (FDIP).
  3. Tunggu hingga petugas memanggil nomor antrian kalian.
  4. Jika kalian sudah dipanggil, maka silahkan tunjukan berkas persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Beritahukan kepada petugas bahwa kalian ingin mendaftarkan anak kalian untuk bergabbung menjadi peserta BPJS Kesehatan.
  6. Nantinya petugas akan memproses dan mengecek berkas yang kalian bawa.
  7. Kelas kepesertaan anak akan disamakan dengan kelas kepesertaan orang tuanya.
  8. Petugas akan meminta nomor telepon kalian.
  9. Kemudian, jika kartu peserta untuk anak kalian sudah berhasil diproses, maka kalian harus kembali kekantor BPJS Kesehatan tersebut.
  10. Saat kalian mengambil kartu BPJS Kesehatan milik anak kalian, tidak lupa pula kalian harus membayarkan sejumlah iuran yang harus dibayarkan.
  11. Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan untuk anak sudah selesai.

Di atas ini adalah beberapa langkah yang dapat kalian lakukan pada saat atau akan mendaftarkan anak-anak kalian untuk menjadi peserta BPJS Kesetehatan. Jika anak kalian sudah resmi menjadi peserta BPJS Kesehatan, tentunya sudah diwajibkan untuk membayarkan iuran bulanan. Sehingga, pada saat membutuhkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

Keuntungan Peserta BPJS Kesehatan

Keuntungan Pakai BPJS Kesehatan

Berbicara mengenai keuntungan bagi peserta BPJS Kesehatan ini sangat beragam atau banyak sekali manfaat jika kalian sudah bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bahwasanya peserta BPJS Kesehatan yang status kepesertaanya masih aktif dan taat dengan peraturan yang telah dibuat, maka pelayanan kesehatan akan diberikan kepada peserta tersebut dengan maksimal oleh pihak BPJS Kesehatan.

Selain itu, jika kalian merupakan peserta yang memilih fasilitas kesehatan di kelas I dan juga rutin membayarkan iuran bulannan, maka kalian akan difasilitasi pelayanan kesehatan yang terbaik, jika dibandingkan dengan peserta yang memilih kelas II dan III.

Kemudian, biaya pengobatan pastinya akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak BPJS Kesehatan. Sehingga, uang yang seharusnya untuk membayar biaya pengobatan, kini kalian dapat menggunakanya untuk hal lain yang lebih bermanfaat seperti untuk memenuhi kebutuhakan sehari-hari.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai apa saja syarat daftar BPJS Kesehatan anak. Lengkap beserta langkah-langkah pendaftaran peserta BPJS Kesehatan lewat kantor cabang terdekat dan menjelaskan apa saja manfaat atau keuntunga jika kalian bergabung dengan program jaminan kesehatan BPJS Kesehatan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *