Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

12 Cara Dapatkan Kacamata Gratis Dari BPJS Kesehatan & Persyaratan

Cara Dapatkan Kacamata Gratis Dari BPJS Kesehatan
Advertisements

Cara Dapatkan Kacamata Gratis Dari BPJS Kesehatan – Seperti diketahui oleh semua orang bahwa setiap peserta dari BPJS Kesehatan memang berhak atau bisa melakukan klaim Kacamata secara gratis, akan tetapi semua itu tentu terdapat syarat dan ketentuan berlaku. Sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cara klaim pada umumnya setiap peserta harus melakoni beberapa tahap tahap sesuai dengan ketentuan sudah ditetapkan oleh pihaknya sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Dikarenakan banyak orang tidak tahu bagaimana cara dapatkan kacamata gratis dari BPJS Kesehatan membuat beberapa peserta menunda dan bahkan tidak sedikit orang lebih memilih untuk membeli sendiri, dikarenakan tidak tahu menahu cara klaim seperti apa. Oleh karena itu pada pertemuan sangat baik ini kami hendak informasikan kepada kalian semua bagaimana cara untuk mendapatkan Kacamata gratis, jadi sangat disarankan agar simak terus artikel ini sampai selesai.

Asuransi jaminan kesehatan dari Pemerintah yang diberikan kepada semua masyarakat Indonesia yakni BPJS Kesehatan maka diwajibkan untuk melakukan daftar BPJS Kesehatan dimana bisa dilakukan secara online maupun juga offlline, dengan begitu ketika ingin mendapat fasilitas kesehatan sudah terdapat jaminan. Namun kalian semua wajib mengetahui penyakit ditanggung BPJS Kesehatan apa saja, sehingga nantinya kalian sudah paham apakah bisa menggunakan asuransi tersebut atau tidak.

Advertisements

Karena banyak peserta penasaran dengan cara klaim kacamata secara gratis seperti apa maka pada pertemuan sangat baik ini kami hendak informasikan itu semua, jadi sangat disarankan agar simak dengan baik karena ada banyak poin poin penting yang akan dibahas. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua maka pada kesempatan sangat baik ini Pakaibpjs.com hendak informasikan mengenai cara dapatkan Kacamata gratis dari BPJS Kesehatan sudah dipersiapkan buat semua peserta sedang membutuhkannya seperti dibawah ini.

Baca  Time Out Biller BPJS Artinya ? Begini Penjelasannya

Apa Itu BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan sosial dalam bidang kesehatan dan merupakan salah satu program di dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Diantaranya adalah Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiunan, dan Jaminan Kematian.

Hal tersebut merupakan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Kemudian, BPJS Kesehatan juga menjalankan fungsinya dalam bidang pelayanan umum atau sering disebut dengan (public service) yang sebelumnya sebagian sudah dijalankan oleh badan usaha milik pemerintahan. ‘

Gabungan antara kedua fungsi dijalankan program pemerintah itulah, sebagai cerminan yang menunjukan jika BPJS Kesehatan lah yang bergerak dalam menjalankan fungsi pelayanan umum dalam bidang penyelenggara jaminan sosial nasional.

Syarat Dapatkan Kacamata Gratis Dari BPJS Kesehatan

Dari awal penjelasan memang sempat kami sampaikan kepada kalian semua untuk dapatkan kacamata gratis dari BPJS Kesehatan memang terdapat syarat dan ketentuan harus dilengkapi agar proses dapat berjalan dengan lancar. Apabila penasaran dengan semuanya, disini kami sudah mempersiapkan semua persyaratan dan lebih jelasnya simak langsung sebagai berikut.

  • Pertama hal yang harus kalian perhatikan ialah harga kacamata yang akan kalian klaim, karena subsidi diberikan akan menyesuaikan kelas yang kalian daftarkan dimana untuk kelas 1 memiliki subsidi sebesar Rp 300.000, Kelas 2 subsidi sebesar Rp 200.000 dan kelas 3 sebesar Rp 150.000.
  • Kemudian lanjut ke persyaratan kedua ialah ketahui ukuran lensa kacamata sesuai dengan prosedur yang diberlakukan, jadi sebelum itu kalian wajib ketahui terlebih dahulu jadi tidak terjadi kesalahan klaim.
  • Terakhir, untuk melakukan klaim kacamata tidak bisa dilakukan setiap saat karena dalam kurun waktu 2 tahun hanya dapat melakukan klaim 1 kali saja.

Cara Dapatkan Kacamata Gratis Dari BPJS Kesehatan

Ketika sudah mengetahui persyaratan dapatkan kacamata secara gratis tentu lebih memudahkan setiap peserta untuk dapatkan, silahkan lengkapi terlebih dahulu setelah itu baru lakukan klaim. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan yang sudah kami persiapkan seperti dibawah ini.

  1. Langkah pertama harus kalian lakukan ialah kunjungi puskesmas ataupun klinik dokter sesuai dengan faskes (fasilitas kesehatan) atau di tunjuk oleh pihak BPJS Kesehatan atau merupakan faskes (fasilitas kesehatan) pertama.
  2. Lalu langkah berikutnya tinggal lakukan prosedur pemeriksaan mata untuk mengetahui kondisi mata kalian.
  3. Berikutnya tinggal meminta rujukan dari poli mata kepada setiap petugas dari poli sudah ditentukan.
  4. Selanjutnya tinggal ikuti prosedur rawat jalan tingkat lanjutan (RJTL) sesuai berlaku dari peserta JKN-KIS dimana terdiri dari prosedur dari poli mata.
  5. Nantinya setiap peserta BPJS Kesehatan akan memberikan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) dimana terdapat resep pembelian kacamata sesuai dengan ketentuan berlaku.
  6. Langkah berikutnya tinggal lakukan lagalisir resep kacamata yang sudah diberikan pada loket RS.
  7. Lanjut langkah terakhir tinggal kunjungi langsung optik menjadi rekanan dari BPJS Kesehatan dan pastikan pada optik tersebut menyediakan kacamata sesuai ketentuan berlaku.
  8. Adapun prosedurnya wajib menyertakan KTP dan kartu BPJS Kesehatan, sampai disini kalian sudah berhasil lakukan klaim dapatkan kacamata gratis dari BPJS Kesehatan.
Baca  5 Cara Menggunakan Kartu BPJS untuk Melahirkan 2022 : Syarat & Biaya

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan seperti tersebut maka dapat menarik kesimpulan bahwa cara dapatkan kacamata gratis bisa dikatakan mudah, jadi setiap peserta cukup ikuti saja tahap tahap sesuai ketentuan berlaku. Dengan begitu setiap peserta lebih mudah dapatkan kacamata gratis dan selain itu juga mendapat informasi mengenai tips dan menjadi kesehatan mata serta masih banyak informasi penting lainnya.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara dapatkan kacamata gratis dari BPJS Kesehatan disertai dengan syarat dan ketentuan dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan seperti tersebut bisa membantu setiap peserta sedang membutuhkan informasi informasi mengenai layanan dari BPJS Kesehatan termasuk klaim Kacamata gratis.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.