Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Perbedaan Askes dan BPJS Kesehatan

2 min read

Perbedaan ASKES dan BPJS Kesehatan
Advertisements

Perbedaan Askes dan BPJS Kesehatan – Di Indonesia terdapat program jaminan sosial yang dikhususkan pada jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Jaminan tersebut berupa pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan ketika anggotanya mengalami sakit.

Program jaminan kesehatan tersebut didirikan oleh pemerintah untuk memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Pelayanan kesehatan yang akan didapatkan anggota tentunya meliputi beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh program terkait.

Namun, masih ada seseorang yang mempertimbangkan diantara kedua program jaminan kesehatan, yaitu Askes dan BPJS Kesehatan. Karena, pelayanan kesehatan yang diberikan kedua program memiliki sedikit perbedaan.

Advertisements

Sedangkan, sebagian orang lainnya tidak pernah mempertimbangkan antara kedua program terkait. Dengan alasan, keduanya masih sama-sama bergerak untuk melayani masyarakat dengan pelayanan kesehatan yang akan diberikan melalui fasilitas kesehatan pada setiap anggotanya.

Perbedaan Askes dan BPJS Kesehatan

Jika kalian masih ada yang mempertimbangkan diantara keduanya, pastikan terlebih dahulu kalian untuk mengetahui fungsi ataupun tugas diantara keduanya. Jika terdapat perbedaan yang cukup signifikan, maka itulah yang dapat kalian gunakan untuk menimbang-nimbang diantara kedua program jaminan kesehatan tersebut.

Apa Itu Askes

Askes

Program jaminan kesehatan dan lebih dikenal dengan nama Asuransi Kesehatan (ASKES) yang dikelola oleh PT. Askes Persero. Memiliki tugas yang dikhususkan untuk memberikan jaminan kesehatan untuk para pegawai lembaga pemerintahan.

Kalangan tersebut meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pejabat Negara, Penerima Pensiun PNS, TNI, Polri, Veteran, Perintis Kemerdekaan. Sehingga dapat disimpulkan, hanya pegawai pemerintahan saja yang akan mendapatkan pelayanannya.

Namun, saat ini terdapat dua jenis asuransi kesehatan yaitu asuransi kesehatan kolektif (kelompok), dan juga asuransi kesehatan individu yang akan didapatkan untuk pribadi dan juga keluarga. Asuransi kesehatan kolektif dan sudah diberlakukan di perusahaan serta diperuntukan pada setiap pegawai atau karyawan-karyawati nya.

Kemudian, premi asuransi kesehatan individu yang harus dibayarkan peserta ternyata lebih tinggi, jika dibandingkan asuransi kesehatan kolektif. Oleh karena itu, jumlah individu atau peserta yang ikut lebih besar, sehingga resiko terjadinya klaim dapat diagi rata oleh seluruh anggota di dalam kelompok. Semakin besar jumlah kelompok, maka akan semakin rendah pula biaya premi yang harus dibayarkan.

Apa Itu BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan sosial dalam bidang kesehatan dan merupakan salah satu program di dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Diantaranya adalah Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiunan, dan Jaminan Kematian.

Hal tersebut merupakan sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Kemudian, BPJS Kesehatan juga menjalangkan fungsinya dalam bidang pelayanan umum atau sering disebut dengan (public service) yang sebelumnya sebagian sudah dijalankan oleh badan usaha milik pemerintahan. ‘

Gabungan antara kedua fungsi yang dijalankan program pemerintah itulah, sebagai cerminan yang menunjukan jika BPJS Kesehatanlah yang bergerak dalam menjalankan fungsi pelayanan umum dalam bidang peyelenggara jaminan sosial nasional.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bahwa diantaranya memiliki perbedaan pada saat sebelum PT Askes (Persero) bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan. Dalam bidang pelayanan publik, PT Askes hanya melayanai terkait kesehatan pegawai negeri ataupun pemerintahan. Sedangkan BPJS Kesehatan sendiri difungsikan oleh pemerintah untuk melayani kesehatan masyarakat umum, tidak memandang kelompok tertentu.

Sehingga, pelayanan terbaik dari kedua program jaminan kesehatan diatas adalah BPJS Kesehatan. Dengan alasan, semua masyarakat negara Indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik, serta program tersebut sudah mewajibkan setiap warga negara Indonesia menjadi peserta program tersebut. Menjadikan setiap masyarakat dari berbagai golongan dapat menikmati pelayanan kesehatan secara gratis di fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

FAQ

Mengapa Askes Berubah Menjadi BPJS?

Askes berubah menjadi BPJS Kesehatan dikarenakan adanya keinginan pemerintah Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai jaminan kesehatan yang diberikan.

Kartu Askes Bisa Dipakai Dimana Saja?

Kartu Askes yang berwarna kuning tersebut masing bisa digunakan peserta JKN-KIS untuk digunakan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun lanjutan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Astek?

Asuransi Sosial Tenaga Kerja adalah sistem perlindungan untuk menanggulangi resiko modal yang secara langsung dapat mengakibatkan bekurangnya ataupun hilangnya penghasilan oleh tenaga kerja.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai perbedaan Askes dan BPJS Kesehatan. Lengkap beserta alasan dan fungsi setiap program jaminan kesehatan yang sifatnya membantu masyarakat agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *