Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Apa Itu Skrining BPJS Fungsi dan Cara Cek 2022

Apa Itu Skrining BPJS
Advertisements

Apa Itu Skrining BPJS – Demi memberikan pelayanan terbaik terhadap semua peserta BPJS Kesehatan pihaknya selalu memberikan layanan terbaik mulai dari pembayaran iuran setiap bulannya, call center dan bahkan terdapat aplikasi yang mana jelas lebih memudahkan nantinya. Nampaknya tidak berhenti sampai disitu saja karena setiap peserta bisa melakukan skrining riyawat kesehatan dimana nantinya banyak keuntungan bisa didapatkan, oleh karena itu wajib melakukan hal tersebut.

Dari sekian banyak orang memang belum begitu tahu apa itu Skrining BPJS oleh karena itu pada pertemuan sangat baik ini kami akan menjelaskan secara detail mulai dari apa saja fungsi dan apa saja keuntungan didapatkan nantinya, mak dari itu simak terus sampai selesai. Adapun cara skrining memang bisa dilakukan dengan mudah, hanya saja tidak semua orang bisa melakukan karena hanya pihak atau faskes maupun klink yang sudah bekerja sama dengan BPJS.

Seperti sudah dijelaskan dari awal pembahasan bahwa skiring BPJS memang membantu bagi pihak faskes ketika terdapat peserta melakukan pengobatan, melalui layanan tersebut akan lebih mudah atau mengetahui riwayat penyakit ataupun riwayat pemeriksaan yang sebelumnya sudah dilakukan. Oleh karena itu lah kenapa layanan ini sangat membantu sekali, selain itu ada banyak keuntungan lain bisa didapatkan dan itu tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Advertisements

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kami akan menjelaskan kepada kalian semua mengenai pengertian dari apa itu skrining BPJS, fungsi serta bagaimana cara melakukan pengecekan. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua maka pada kesempatan baik ini Pakaibpjs.com hendak menjelaskan apa itu Skrining BPJS Kesehatan yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Apa Itu Skrining BPJS

Untuk mengawali pertemuan kali ini terlebih dahulu sampaikan pengertian dari apa itu Skrining BPJS sesuai dengan judul diatas, karena banyak nakes (tenaga kesehatan) belum mengetahui secara pasti serta menggunakan seperti apa. Jadi disini akan dijelaskan, sangat disarankan agar simak sampai selesai agar paham.

Baca  Tabel Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan 2022 : Syarat & Jenis Kredit

Skrining kesehatan adalah proses pemeriksaan untuk menentukan apakah peserta BPJS memiliki resiko tinggi terhadap penyakit tertentu. Secara langsung cara skrining riwayat kesehatan BPJS akan membantu mengetahui kondisi maupun diagnosa awal sebuah penyakit atau mengetahui penyakit apa sedang di derita dari peserta.

Selain itu cara skrining riwayat kesehatan BPJS dapat dilakukan secara online oleh siapa saja melalui website maupun aplikasi Mobile JKN tinggal kalian sesuaikan saja dengan keinginan. Dengan menggunakan fasilitas skrining riwayat kesehatan BPJS kalian juga bisa membuat surat rujukan di faskes 9 fasilitas kesehatan )tingkat pertama.

Fungsi Skrining BPJS

Fungsi utama dari skrining kesehatan BPJS ialah untuk mengetahui resiko dari beberapa jenis penyakit seperti Jantung Koroner, Hipertensi, Ginjal Kronik dan juga Diabetes Melitus serta lainnya. Dengan pemeriksaan tersebut tentu akan mengetahui apakah ada kemungkinan terkena penyakit serta deteksi untuk pencegahan dini sehingga terhindar dari beberapa penyakit yang ada.

Bagi setiap peserta BPJS Kesehatan memang di himbau untuk melakukan skrining dalam jangka waktu 1 tahun sekali dan itu berlaku bagi semua peserta. Dengan rutin melakukan pemeriksaan sejak dini maka mampu menghindari terkena resiko penyakit kronis sejak dini, terlebih lagi caranya terbilang mudah karena bisa dilakukan secara online.

Dengan begitu setiap peserta bisa mengetahui apakah terdapat penyakit yang diderita karena sebelumnya sudah melakukan skrining, selain itu dapat mencegah terkena sebuah penyakit. Sekiranya itu saja mengenai fungsi atau manfaat dengan adanya layanan yang diberikan pihak dari BPJS.

Cara Cek Apa Itu Skrining BPJS

Sesuai dengan janji kami seperti diatas kami akan informasikan kepada kalian semua bagaimana cara melakukan pengecekan, karena masih banyak di luar sana peserta BPJS belum begitu paham akan caranya seperti apa. Oleh karena itu kami akan informasikan, baiklah untuk lebih jelasnya simak langsung sebagai berikut.

  1. Langkah pertama harus dilakukan adalah buka halaman bpjs-kesehatan.go.id/bpjs kemudian tekan simbol < sampai muncul menu disamping lalu lanjutkan dengan memilih Skrining kesehatan
  2. Kemudian masukkan nomor kartu BPJS serta tanggal lahir kalian, lalu tekan Cari Peserta jika sudah ketemu maka lanjut ke tahap berikutnya.
  3. Apabila belum pernah melakukan skrining muncul pemberitahuan, maka tekan Setuju
  4. Silahkan masukkan informasi data diri seperti berat badan, tinggi badan, pendidikan terakhir, nomor handphone, nama anggota keluarga, alamat rumah, nomor HP dan email.
  5. Sebelum itu, pastikan datanya sudah benar karena sistem akan membaca setiap data yang dimasukkan dan langkah berikutnya tekan Selanjutnya
  6. Lanjut isi formulir riwayat kesehatan dengan memilih salah satu jawaban, usahakan untuk mengisi sesuai apa adanya supaya hasilnya akurat.
  7. Jika proses pengisian selesai maka tinggal tekan Simpan, kemudian tinggal tunggu saja beberapa saat.
  8. Nantinya akan muncul hasil skrining kalian, untuk mencetak tekan tombol Cetak Hasil
Baca  √ 10 Contoh Surat Paklaring 2022 : Beserta Manfaat & Kegunaannya

Kesimpulan

Apabila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa skrining BPJS Kesehatan merupakan salah satu layanan paling penting dan harus dilakukan, terlebih lagi untuk cek riwayat cuma 1 tahun sekali kok. Namun sangat disarankan sekali agar ketahui fungsinya sebenarnya untuk apa, sehingga kalian paham akan semuanya.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu Skrining BPJS Kesehatan disertai dengan fungsi dan cara cek riwayat kesehatan seperti apa dapat Pakaibpjs.com sampaikan kepada kalian semua. Semoga saja dengan adanya pembahasan tersebut bisa membantu semua peserta BPJS Kesehatan sedang membutuhkannya.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.