Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Cek Saldo BPJS Kesehatan

2 min read

Cara Cek Saldo BPJS Kesehatan
Advertisements

Cara Cek Saldo BPJS Kesehatan – Pasti hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal BPJS Kesehatan sebagai program untuk menjamin kesehatan layaknya asuransi. Keanggotaan BPJS Kesehatan memang dapat diperoleh dari pendaftaran mandiri, sensus maupun dari perusahaan. Mengecek status keanggotaan dan saldo BPJS adalah yang yang penting karena berpengaruh kepada kelangsungan penggunaan layanannya.

Pengguna bisa mencoba cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak untuk memastikan kepesertaan secara online. Untuk BPJS yang ditangguh oleh pemerintah pastinya wajib mengetahui besaran bantuan. Memang TARIF BPJS KESEHATAN sudah dibedakan berdasarkan kelas demikian pula iuran perbulannya. Secara otomatis iuran pada beberapa kepesertaan BPJS dibayarkan sepenuhnya dan sebagian oleh pemerintah.

Agar lebih jelas sebagian orang memilih cara mengecek tagihan BPJS di HP dibandingkan harus pergi ke kantor terdekat. Misalnya pada cara cek saldo BPJS Kesehatan penerima upah akan sangat membantu mendapatkan informasi sisa tagihannya. Dengan kata lain cek saldo bisa juga dimanfaatkan untuk bukti pembayaran anggota BPJS setiap bulannnya.

Advertisements

Iuran tiap kelas BPJS berbeda beda sehingga kadang membuat orang bingung dan tidak mengetahui aliran uangnya. Dengan cara mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar atau belum kita akan lebih mudah mengatur keuangan. Selain itu ketika bantuan sudah cair maka kita dapat mengetahui saldo yang didapatkan pada bulan itu.

Cara Cek Saldo BPJS Kesehatan Terbaru

Penerima bantuan seperti BPJS PBI akan mendapatkan bantuan saldo bulanan yang akan langsung dibayarkan sebagai iuran. Namun ada pula jenis bantuan lain misalnya kepada penerima upah ataupun golongan pekerja dimana mendapatkan keringanan untuk pembayaran BPJS. Agar kamu tidak bingung simak cara cek saldo yang dirangkum pakaibpjs.com berikut.

1. Cek Melalui Website BPJS Kesehatan

Cara pertama kalian dapat langsung mengakses website resmi BPJS Kesehatan kemudian mendapatkan informasi langsung mengenai saldo yang didapatkan. Pastinya kamu harus memiliki akun yang terdaftar sebelumnya kemudian dapat login secara online.

  • Buka halaman bpjs-kesehatan.go.id/bpjs
  • Masuk ke menu Cek Iuran Kesehatan.
  • Masukkan nomor kartu BPJS dan tanggal lahir.
  • Masukkan captcha
  • Tekan Cek
  • Secara otomatis muncul semua pembayaran, didalamnya terdapat saldo bantuan ketika kamu terdaftar sebagai penerima
Cek Melalui Website BPJS Kesehatan

2. Cara Cek Saldo BPJS Lewat SMS

Cara berikutnya adalah melalui SMS dimana kalian wajib memiliki pulsa untuk dapat mengiriman pesan. Kamu bisa mengetikkan format SMS dengan memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan kemudian mengirimkannya, lebih jelasnya simak berikut.

  • Buka pesan SMS.
  • Ketikkaan TAGIHAN_NOMOR KARTU BPJS misalnya TAGIHAN 0001220465709
  • Kirimkan SMS ke nomor 087775500400
  • Kamu akan mendapatkan balas berupa informasi saldo dan tagihannya.

3. Cara Cek Saldo Lewat ATM

Khusus untuk pemilik BPJS yang memiliki rekening terdaftar di BRI, BNI serta Mandiri maka sudah didukung fasilitas cek saldo lewat ATM. Kalian cukup datang saja ke mesin ATM kemudian mengakses menu BPJS dan cek saldo secara langsung, selain itu ada pula fitur untuk menarik saldonya.

4. Cek Saldo via Aplikasi Mobile JKN

Cara berikutnya adalah mengecek melalui aplikasi Mobile JKN dimana kamu wajib sudah terdaftar dan melakukan registrasi. Kamu tinggal login kemudian mengakses menu Tagihan maka akan secara otomatis muncul informasi saldo dan juga pembayaran secara lengkap.

Cek Saldo via Aplikasi Mobile JKN

5. Hubungi BPJS Kesehatan Care Center

Cara cek saldo BPJS Kesehatan juga dapat dilakukan melalui call center namun kamu harus menyiapkan pulsa secukupnya. Perlu diketahui ketika telepon diberlakukan tarif lokal dimana akan berbeda untuk tiap provider seluler yang kalian gunakan.

6. Kunjungi Kantor BPJS Terdekat

Ketika ingin mendapatkan informasi lebih rinci kamu bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan dengan membawa KTP dan juga kartu BPJS. Secara langsung petugas akan membantu melakukan cara cek saldo BPJS Kesehatan kalian dan memberikan bantuan.

Akhir Kata

Kamu juga bisa mencoba CARA ANTRIAN ONLINE MOBILE JKN untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dari BPJS secara mudah dan cepat. Bisa diambil kesimpulan bahwa cara cek saldo BPJS Kesehatan memang lebih diperuntukkan bagi penerima bantuan dari pemerintah yang meringankan iuran bulanan.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *