Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Perbedaan Jampersal dan BPJS Kesehatan

3 min read

Perbedaan Jampersal dan BPJS Kesehatan
Advertisements

Perbedaan Jampersal dan BPJS Kesehatan – Banyak sekali program kesehatan yang telah hadir di Indonesia. Seperti halnya Jampersal atau jaminan persalinan, serta BPJS Kesehatan.

Sebenarnya kedua program ini sama-sama bergerak di bidang kesehatan, namun diperuntukan dalam kategori yang berbeda. Jampersal ini sangat berguna sekali untuk ibu mengandung yang tidak memiliki biaya bersalin dan tidak memiliki kartu fasilitas kesehatan.

Sedangkan, BPJS Kesehatan ini adalah lembaga yang bertugas untuk memberikan jaminan perlindungan kesehatan mendasar bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, bidang kesehatan ini menjadi salah satu perhatian khusus bagi pemerintahan.

Advertisements

Masyarakatlah yang diberikan fasilitas khusus untuk memudahkan urusan dalam program kesehatan saat ini. Kalian bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk konsultasi kesehatan dan jika ada ibu-ibu yang akan bersalin maka bisa menggunakan Jampersal.

Perbedaan Jampersal dan BPJS Kesehatan

Keduanya memang memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin memudahkan masyarakat dalam pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia. Jadi, kami harap kalian bisa menggunakan program tersebut dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan prosedur yang tepat dan benar. Namun, diantara keduanya juga terdapat beberapa perbedaan, seperti yang akan kami jelaskan pada ulasan berikut ini.

Jampersal atau Jaminan Persalinan

Perbedaan Jampersal dan BPJS Kesehatan

Jampersal atau singkatan dari jaminan persalinan ini adalah program yang ditujukan pada ibu hamil, pemeriksaan kehamilan, pelayanan ibu bersalin, nifas, program KB pasca persalian, dan juga pelayanan bayi baru lahir. Pelayanan tersebut dilakukan sepenuhnya oleh pihak Jampersal seperti tenaga kesehatan maupun fasilitas kesehatan.

Manfaat Jampersal Bagi Masyarakat

Manfaat Jampersal Bagi Masyarakat

Beberapa manfaat masyarakat yang menggunakan program Jampersal diantaranya adalah :

  1. Lebih menghemat biaya persalinan.
  2. Tersedia Ruang Tunggu Keluarga, untuk menunggu persalinan.
  3. Pelayanan yang diberikan tenaga kesehatan sangat kompeten.
  4. Membatu sekali terhadap ibu-ibu yang belum memiliki jaminan kesehatan.
  5. Dapat mengurangi AKI atau Angka Kematian Ibu dan AKB atau Angka Kematian Bayi.
  6. Menjadikan negara Indonesia lebih maju dalam bidang kesehatan.
  7. Kesehatan masyarakat menjadi lebih terjamin.

Itulah beberapa manfaat program Jampersal untuk masyarakat yang menggunakannya. Selain itu, kalian juga bisa simak seperti apa manfaat yang diperoleh jika kalian menggunakan BPJS Kesehatan seperti berikut ini.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan
Advertisements

Pemerintahan Indonesia kini telah membentuk program yang memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Program jaminan kesehatan ini berupa BPJS Kesehatan yang merupakan bentuk transformasi dari layanan sebelumnya, guna untuk menjadikan pelayanannya lebih baik dari program sebelumnya.

Program ini memiliki tugas seperti memberikan jaminan kesehatan sepenuhnya untuk rakyat Indonesia. Kemudian, untuk kepemilikan kartu BPJS ini memang sangat diwajibkan untuk warga negara Indonesia. Karena, hal tersebut memang sudah menjadi perintahan negara kita.

Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat

Manfaat BPJS Kesehatan bagi Masyarakat

Masyarakat yang menggunakan layanan kesehatan seperti program BPJS Kesehatan ini pastinya akan lebih mudah untuk mendapatkan layanan fasilitas kesehatan. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan beberapa manfaat lainnya seperti berikut ini :

1. Semua Penyakit Ditanggung BPJS Kesehatan.

Manfaat BPJS Kesehatan yang bertama adalah semua pelayanan pengobatan terhadap peserta atau yang memiliki BPJS, maka akan ditanggung kesehatannya oleh BPJS Kesehatan. Pada intinya penyakit yang masuk dalam indikasi medis sama persis dengan prosedur dari JKN (jaminan kesehatan nasional).

2. BPJS Kesehatan Menjamin Penyakit yang Dikecualikan.

Manfaat BPJS Kesehatan selanjutnya adalah akan menjamin penyakit yang dikecualikan. Karena, program tersebut adalah rancangan baru yang berbeda jika dibandingkan dengan jaminan kesehatan lainnya. Sehingga, mungkin masih banyak peraturan yang membingungkan bagi peserta atau anggotanya.

Meskipun begitu, pada umumnya program ini merupakan premi termurah yang pastinya akan menanggung penyakit yang dikecualikan banyak asuransi. Seperti penyakit gangguan jiwa, hormonal, kongenital, kangker, dan juga penyakit hemodialisis.

3. Dapat Menanggung Tanpa Melihat Kondisi Peserta Sebelumnya.

Sistem gotong royonglah yang ditetapkan sebagai sistem pada program BPJS Kesehatan, seperti yang sehat membantu yang lemah. Manfaat selanjutnya yakni jaminan kesehatan yang akan membantu peserta BPJS Kesehatan yang sakit, tanpa melihat kondisi sebbelumnya dan tanpa batasan jenis penyakit yang dialami.

Program ini juga membantu peserta yang mengalami penyakit besar atau yang merasakan sakit seumur hidup, bahkan jenis penyakit yang tidak memiliki asuransi lainnya.

4. Premi Tergolong Murah

Manfaat yang diterima peserta selanjutnya adalah biaya premi yang tergolong lebih murah, jika dibandingkan dengan jenis asuransi kesehatan lainnya. Meskipun murah, tetapi pelayanan yang diberikan ini justru menjadi keuntungan tersendiri bagi peserta yang mendapatkan pelayanan kesehatan dari pihak BPJS Kesehatan.

5. Jaminan Kesehatan Seumur Hidup

Manfaat menggunakan BPJS Kesehatan ini adalah dengan kalian membayarkan iuran atau premi yang tidak terlalu besar, namun kesehatannya akan dijamin selama seumur hidup pesertanya.

Semua keuntungan yang diberikan pihak BPJS Kesehatan tentunya akan menjadi hal setiap peserta. Namun, hanya untuk peserta yang mengikuti aturan dan tatacara berobat yang benar sesuai aturan BPJS Kesehatan.

7. Pembayaran Bisa Dilakukan Dengan Mudah

BPJS Kesehatan ini telah bekerja sama dengan beberapa garis haluan pembayaran yang dapat digunakan para peserta untuk membayarkan iuran premi setiap bulannya. Kalian bisa dengan mudah melakukan transaksi pembayaran iuran kepada pihak BPJS Kesehatan.

Dengan hal tersebut maka peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan dengan baik dan benar. Namun, kalian juga harus membayarkan uang premi pada saat waktu yang sudah ditentukan, dengan catatan pembayaran dilakukan tepat waktu setiap bulannya.

FAQ

Apa Itu Jampersal dan BPJS Kesehatan?

Program Kesehatan untuk Seluruh Masyarakat Indonesia.

Bagaimana Cara Urus Jampersal?

Beberapa Syarat yang Harus Kalian Siapkan untuk Memperoleh Jampersal Tersebut yaitu :
1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk atau KTP.
2. Fotocopy Kartu Keluarga atau KK.
3. SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa, Ditandatangani Oleh Kelurahan atau Camat seempat dan Dibawa ke Dinsos.
4. Surat Keterangan Tidak Memiliki Jaminan Kesehatan diberi Materai 6000.
5. Siapkan pula Buku KIA.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa perbedaan Jampersal dan BPJS Kesehatan, lengkap beserta manfaat dari kedua program kesehatan tersebut. Semoga informasi yang telah pakaibpjs.com diatas sajikan bisa bermantaat bagi kalian semua. Terimakasih

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *