Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Syarat Jampersal

2 min read

Syarat Jampersal
Advertisements

Syarat Jampersal – Jaminan persalinan adalah salah satu program yang disusun oleh pemerintah setempat diseluruh pelosok Indonesia. Tujuan dari program tersebut adalah untuk mendekatkan akses pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak atau KIA.

Program ini bisa masyarakat dapatkan dalam bentuk kartu, yang nantinya bisa ditunjukan pada Dinas Kesehatan pada saat akan menggunakannya. Program ini ditujukan untuk ibu melahirkan yang tergolong rakyat kurang mampu dan tidak memiliki KIS.

Setiap warga negara yang tidak memiliki KIS atau kurang mampu, kini bisa menggunakan program Jampersal pada fasilitas kesehatan terdekat. Kemudian, ibu melahirkan tersebut akan mendapatkan jaminan persalinan atau Jampersal.

Advertisements

Jampersal sendiri digunakan untuk mengurangi ataupun mencegah keterlambatan penanganan ibu hamil, ibu bersalin, nifas, dan juga bayi yang baru dilahirkan. Terutama di daerah yang sulit mendapatkan akases ke fasilitas kesehatan.

Syarat Jampersal

Perlu dicatat, bahwa Dana Jampersal ini tidak boleh digunakan untuk kegiatan lainnya. Karena, pendanaan Jampersal ini hanya boleh digunakan untuk pembiayaan persalinan saja, yang pasti dengan tata cara yang sudah ditentukan oleh pihak Jampersal itu sendiri.

Syarat Layanan Jampersal

Syarat Pelayanan Jampersal

Adapun syarat untuk pengajuan sebagai peserta program Jampersal antara lain seperti :

Berkas yang Diperlukan

  1. Formulir SKTM dari Desa.
  2. Surat Pernyataan diatas materai 6000 (pernyataan miskin).
  3. Fotokopi KIA
  4. Fotokopi KTP Suami Istri
  5. Fotokopi KK
  6. Surat Pernyataan tidak memiliki jaminan kesehatan di aas materai 6000.
  7. Photograf Asli.

Setelah semua berkas sudah dikumpulkan, maka kalian bisa langsung membawanya ke Dinas Sosial setempat untuk mendapatkan Rekomendasi Dinas Sosial.

Baca  Perbedaan Jampersal dan BPJS Kesehatan

Prosedur Pembuatan Jampersal

Prosedur Pembuatan

Ketika kalian belum membuat kartu Jampersal, pastikan terlebih dahhulu kalian mengerti seperti apa prosedur atau aturan pada saat pembuatan kartu Jampersal. Kalian bisa simak langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

Prosedur Pembuatan

  1. Kalian bisa mendatangi kantor pendaftaran terdekat dengan membawa berkas yang sudah disiapkan.
  2. Kemudian, petugas Front Office menerima berkas yang diserahkan dan memeriksa kembali berkas tersebut.
  3. Setelah itu, petugas akan mencetak kartu kepesertaan kalian pada Basis Data Terpadu atau BDT.
  4. Kalian juga harus memembuat Surat Keterangan rekomendasi Jaminan Persalinan (Jampersal) yang harus ditanda tangani Kelapa Dinas untuk selanjutnya pihak terkait akan membawanya ke Dinkes atau RSUD.

Waktu Penyelesaian

Waktu Pembuatan
Advertisements

Waktu yang diperlukan pada saat pembuatan kartu Jampersal ini biasanya hanya mencapai kurang lebih selama 15 menit. Dengan catatan, persyarayan diterima dengan benar dan lengkap secara berkas yang telah ditentukan pihak JAMPERSAL.

Biaya atau Tarif

Biaya atau Tarif Pembuatan Jampersal

Jika kalian akan membuat kartu Jampersal, pasti kalian akan bertanya seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan. Tidak usah khawatir, pembuatan kartu Jampersal ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Namun, jika ada petugas yang meminta dana pembayaran maka kalian bisa laporkan saja pada Dinas Kesehatan setempat. Guna untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari pihak yang berwenang.

Produk Pelayanan Jampersal

Produk Pelayanan Jampersal

Ketika kalian sudah mendaftarkan diri menjadi peserta Jampersal, dengan mengirimkan berkas seperti yang sudah kami jelaskan di atas, maka kalian akan mendapatkan produk pelayanan dari pihak Jampersal yaitu seperti Surat Rekomendasi Jaminan Persalinan (Jampersal).

Jika proses sudah berhasil maka selamat kalian sudah terdaftar menjadi peserta dari program Jampersal. Kalian sudah bisa menggunakannya ketika akan meminta pelayanan kesehatan berupa pertolongan persalinan dan lain sebagainya, maka pihak Jampersal akan menangani dengan segera.

Baca  Biaya Jampersal

Nah itulah beberapa cara pendaftaran Jampersal yang baik dan benar. Dengan begitu, kalian akan menjadi warga negara yang patuh aturan yang berlaku. Setelah itu, kalian juga harus menyiapkan berkas dan syarat pendaftaran agar proses berjalan dengan baik.

Akhir Kata

Demikian yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai syarat Jampersal. Lengkap beserta prosedur pembuatan yang baik dan benar, semoga dengan adanya informasi ini akan menjadi ladang ilmu bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Mengurus Jampersal

Hendri
1 min read

Biaya Jampersal

Hendri
1 min read

Apa Itu Jampersal

Hendri
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *