Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Tambah Anggota Keluarga di Edabu BPJS Kesehatan

3 min read

Cara Tambah Anggota Keluarga di Edabu BPJS Kesehatan
Advertisements

Cara Tambah Anggota Keluarga di Edabu BPJS Kesehatan – Dalam rangka untuk mempermudah badan usaha melayani urusan administrasi JKN-KIS para karyawannya. BPJS Kesehatan meluncurkan sebuah Aplikasi bernama E-dabu Mobile.

Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan supaya badan usaha bisa lebih cepat untuk melakukan pengecekan data peserta. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan perubahan data JKN-KIS milik karyawannya.

Aplikasi E-dabu adalah singkatan dari Elektronik Data Badan Usaha, sarana untuk mempermudah proses pendaftaran peserta. Lengkap dengan fitur menambah atau mengurangi jumlah peserta, dan juga untuk melihat iuran Badan usaha.

Advertisements

Karena sebagian besar masyarakat ini tidak sabar untuk mengantri langsung ke kantor BPJS terdekat. Sehingga, kebijakan pihak BPJS ini patut di apresiasi dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Cara Tambah Anggota Keluarga di Edabu BPJS Kesehatan

E-dabu adalah sebuah aplikasi yang dirilis sejak tahun 2015, dengan nama New E-dabu 1.0. Kemudian, muncul kembali aplikasi E-dabu 3.1 pada tahun 2019. Setelah itu, BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi ketiga kalinya yang bernama E-dabu 4.2 untuk memperbaiki kekurangan dari versi yang sebelumnya. Sehingga, aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dan juga membuat penggunanya lebih merasa nyaman.

Manfaat Menggunakan E-dabu BPJS Kesehatan

Manfaat Edabu

Adapun manfaat yang diberikan oleh aplikasi E-dabu BPJS Kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Memudahkan Pengguna

Manfaat menggunakan apliksi E-dabu ini adalah sangat memudahkan para pengguna untuk melakukan kegiatan terkait BPJS Kesehatan. Jadi, peserta ataupun calon peserta akan mendapatkan pelayanan dengan cepat dan tepat.

Daftar Peserta dengan Cepat

Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi E-dabu. Pastinya sangat menguntungkan para penggunanya, dan prosesnya juga tidak memakan waktu yang cukup lama.

Baca  BPJS Kesehatan Jambi

Mudah Merubah Data Peserta

Perubahan data peserta BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mudah, jika kalian menggunakan aplikasi tersebut. Setidaknya, dengan menggunakan aplikasi tersebut kalian menjadi tidak repot untuk mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Mutasi Jumlah Peserta

Terkadang pengguna BPJS Kesehatan ada yang membutuhkan pelayanan mutasi jumlah anggota keluarga. Baik menambahkan atau mengurai jumlah anggota keluarga yang akan ataupun sudah bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan. Nah, dengan menggunakan aplikasi E-dabu versi 4.2 ini, maka kalian bisa melakukan perubahan jumlah anggota keluarga atau peserta BPJS Kesehatan.

Pindahkan Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting, pada saat kalian sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Karena, dengan menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa memindahkan faskes yang kalian pilih ke faskes yang lebih baik dari faskes sebelumnya.

Non-aktifkan Peserta

Adapula fitur pada aplikasi E-dabu yang dapat mengaktifkan dan non-aktifkan peserta BPJS Kesehatan. Kalian bisa melakukan hal tersebut dengan mudah dan sangat praktis.

Dengan adanya fitur pada aplikasi E-dabu terbaru ini membuat HRD atau pemilik badan usaha tidak terlalu repot ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Cukup dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Mutasi Peserta BPJS Kesehatan Melalui Edabu

Cara Tambah Anggota Keluarga

Jika tanggungan BPJS Kesehatan perusahaan kalian belum menyertakan anggota keluarga seperti istri, anak, adik, kakak, ayah dan bunda, maka kalian dapat mengikut sertakan mereka ke dalam tanggungan BPJS Kesehatan perusahaan kalian.

Mutasi peserta BPJS Kesehatan saat ini sudah dipermudahkan dengan adanya fitur canggih yang ada pada aplikasi E-dabu. Jika kalian belum mengetahui caranya, maka kalian bisa simak baik-baik sebuah ulasan di bawah ini.

Tambah Anggota Keluarga

  1. Langkah pertama yang dapat kalian ambil adalh mencari tahu terlebih dahulu, apakah perusahaan kalian sudah terdaftar ke BPJS Kesehatan atau belum.
  2. Jika belum, maka kalian bisa mendaftarkan terlebih dahulu ke kantor perwakilan terdekat.
  3. Jika sudah terdaftar, kalian bisa mengunduh dan membuka aplikasi bernama E-dabu.
  4. Masuk dan cari fitur “tambah anggota keluarga” dengan klik “data peserta” dan pilih “mutasi peserta“. Maka akan muncul di halaman pencarian peserta.
  5. Silahkan kalian masukan nomor kartu BPJS anggota keluarga yang akan kalian tambahkan, dan klik “cari”.
  6. Setelah keluar nama peserta, klik “tambah keluarg” dan akan muncul formulir yang harus di isi identitas diri anggota keluarga tersebut.
  7. Masukan data peserta sesuai dengan KTP atau Kartu Tanda Penduduk, akan ada opsi lain tanpa ada input manual yaitu hanya dengan memilih “tambah keluarga by inquery KK“.
  8. Setelah kalian memperoleh datanya, silahkan cocokan data tersebut dengan para peserta, jika sudah sama klik “simpan”.
  9. Buka menu Approval dan sentuh “Approval tambah keluarga“.
  10. Pada Formulir data diri peserta yang terdapat di “Approval Tambah Keluarga” silahkan kalian pilih perusahaan. Pilihlah jenis mutasi seperti “tambah anggota keluarga”, setelah itu kalian bisa klik “lihat data”.
  11. Jika data anggota keluarga sudah ditampilkan, silahkan kalian beri centang dan klik Approval.
  12. Proses penambahan anggota keluarga peserta BPJS Kesehatan sudah berhasil.
Baca  BPJS Kesehatan Brebes

Itulah beberapa langkah untuk menambahkan anggota keluarga peserta BPJS Kesehatan yang dilakukan pada sebuah aplikasi bernama E-dabu. Semoga dengan adanya informasi ini akan menjadi ladang ilmu bermanfaat bagi kalian semua.

FAQ

Apa Keunggulan Aplikasi E-dabu?

Proses yang akan dilakukan peserta menjadi lebih mudah. Karena, pelayanan sepenuhnya dapat dilakukan secara online, dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Apa Kekurangan Aplikasi E-dabu?

Ternyata masih banyak badan perusahaan yang belum menggunakan aplikasi tersebut. Untuk mengatasi hal ini, pihak BPJS Kesehatan rutin menggelar sosialisasi mengenai aplikasi E-dabu BPJS Kesehatan kepada setiap perwakilan badan perusahaan. Hal tersebut bertujuan untuk pemahaman mengenai aplikasi E-dabu, agar dapat digunakan dengan baik dan semaksimal mungkin.

Akhir Kata

Demikian yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai cara menambahkan anggota keluarga di aplikasi Edabu BPJS Kesehatan. Dengan adanya aplikasi ini juga dapat memudahkan admin HRD perusahaan untuk mengontrol management karyawannya. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *